dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
01 Jan 2009 Fisiologi Haid

haid2Apa sih Haid ?

payday loans in des moines iowa

Haid tentunya suatu yang diharapkan oleh perempuan sehat, yang menandakan fungsi reproduksinya normal. Sehingga kalau terjadi sesuatu dengan siklus haid, seringkali membuat bingung. Apa yang sebenarnya terjadi ?
Tentunya pengen tau kan fisiologi haid itu apa ? maksudnya haid yang normal itu seperti apa?

Haid adalah Darah yang keluar dari uterus perempuan sehat

  • Lamanya 3-6 hari
  • Ganti pembalut 2-5 pembalut perhari
  • Satu siklus normal 21-35 hari
  • Terjadi viagra uses akibat penurunan kadar progesteron, siklus haid yang berovulasi

haid
Haid Dipengaruhi berbagai hormon
GnRH (Gonadotropin Releasing Hormon) yang dikeluarkan oleh hipothalamus dan memicu hipofisis anterior mengeluarkan hormon FSH
FSH (Folikel Stimulating Hormon) memicu pematangan folikel diovarium, sehingga
Terjadi sintesis estrogen dalam jumlah besar
Estrogen akan mengakibatkan  proliferasi sel endometrium (penebalan dari endometrium)

Estrogen yang tinggi memberi tanda kepada hipofisis untuk mengeluarkan hormon LH (Luteinizing hormon)
LH  akan mengakibatkan ovulasi dan memicu korpus luteum untuk mensintesis progesteron
Progesteron sendiri menyebabkan perubahan sekretorik pada endometrium  sehingga terjadi Fase sekresi / fase luteal
Fase sekresi selalu tetap 14 hari, meskipun siklus haid bervariasi, yang berbeda adalah fase proliferasinya, sehingga harus berhati2 untuk menentukan masa subur

Gangguan haid dan siklusnya, bisa berupa

  • Ritme (irama haid)
  • Banyaknya darah haid yang keluar
  • Lamanya darah haid yang keluar
  • Perdarahan tidak teratur , dimana interval datangnya haid tidak tentu
  • Perdarahan bercak (spotting) prahaid, pertengahan siklus dan pasca haid

Ritme haid abnormal

  • Polimenore : haid terlalu sering, < 21 hari
  • Oligomenore, haid terlalu jarang, > 35 hari
  • Tidak terjadi haid : Amenore
  • Metroragia : Perdarahan tidak teratur diluar siklus haid

Kelaianan Haid berdasarkan Banyaknya darah haid abnormal

  • Hipermenore : darah haid banyak, ganti pembalut > 6x perhari
  • Hipomenore : darah haid terlalu sedikit, ganti pembalut < 2x perhari
  • Perdarahan bercak (spotting)

Kelainan Haid berdasarkan Lamanya darah haid yang keluar

  • Menoragia : Darah haid keluar > 6 hari
  • Brakimenore : Darah haid yang keluar < 2 hari

Perdarahan uterus disfungsional (PUD) adalah Perdarahan uterus abnormal, dimana terjadi gangguan fungsional mekanisme kerja hipotalamus-hipofisis-ovarium-endometrium
Yang bukan disebabkan kelainan organik alat reproduksi seperti mioma uteri atau kista pada ovarium.
Dapat ditemukan pada usia perimenars, usia reproduksi, usia perimenopause

PUD usia perimenars

  • Usia menars : usia mulai terjadinya haid (rata2 11 tahun) hingga memasuki usia reproduksi
  • 3-5 tahun
  • Siklus haid tidak teratur baik lama maupun jumlah
  • PUD terjadi krn siklus anovulatorik (95-98%)
  • D/ anovulasi & analisis hormonal (-)

PUD usia reproduksi

  • Siklus yang berovulasi (65%) dan siklus yang tidak berovulasi
  • Analisis hormonal biasanya normal
  • Diduga akibat gangguan di sentral (disregulasi) akibat adanya gangguan psikis
  • Pastikan dulu adanya ovulasi dengan suhu basal badan, sitologi vagina atau analisis hormonal
  • Usia > 35 tahun  sebaiknya dilakukan kuret untuk menyingkirkan adanya keganasan pada endometrium

PUD usia perimenopause

  • Usia antara pramenopause dan pasca menopause
  • Sekitar usia 40-50 tahun
  • 95% siklus tidak berovulasi
  • Analisis hormonal : FSH, LH, estradiol, prolaktin
  • Kadar FSH > 35mIU/ml
Email This Post Email This Post Print This Post Print This Post
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
113 Responses
  1. lia says:

    Salam dok..

    saya wanita berumur 21 thn suntik kb 1 bln pada tgl 6 july 2009 dan di suruh kembali pd tgl 3 bln agustus 2009. dan setelah tglnya saya tdk kembali karena memang tidak ingin suntik lg..
    dari tgl 13 agustus haid saya selalu muncul flek2, tp setelah tgl 14 september haid saya jadi banyak sekali samapi skrng, saya sudah cek ke klinik tp kata dokter itu karena pengaruh hormonal.. kira² itu kenapa ya dok dan saran dokter bagaimana.. :(

    sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih..

  2. peby says:

    Apakah penderita hipomenore dan brakimenore mengalami ovulasi dan bisa hamil? apakah kesuburan terganggu? apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? saya sudah menikah selma 4 bulan, kata dokter dirahim saya ada myom sebesar 1,6 cm. waktu pertama kali mendapatkan mens, volumenya banyak dan berlangsung selam seminggu, namun sudah 8 tahun terakhir ini volumenya hanya 2 hari saja dan sedikit.
    tolong diberikan penjelesan. Terima kasih

  3. elle says:

    Dokterku . . . . :D
    Saya nikah 3,5 bln dan blm hamil. Saya karyawati. Mens tidak t`atur kadang maju, tp lbh sering mundur disertai nyeri. Bln kmrin telat 9 hr.
    * Saya telah melakukan pap smear dan hasilnya Radang Non Spesfik. Maksudnya bagaimana ya Dok ? Apakah saya hrs melakukan pengobatan ? Apakah ada hubungannya dgn keadaan saat ini yg blm hamil?
    * Apakah baik saat masa subur setiap hari b`hubungan agar cpt hamil ? ato malah hrs ada masa libur ? :oops:
    Makasi

    • bote says:

      Dear Elle……
      Waduh penganten baru …. maunya tiap hari ya ? :)
      Tidak apa2 Elle jika ingin berhubungan tiap hari. Karena tidak perlu ada intervensi jika pernikahan masih dibawah 1 thn. Artinya santai aja, gak usah buru-buru. Kalau ingin cepat hamil memang sebaiknya ada liburnya sehari dua hari. Tapi saya tidak ingin membuat Elle dan suami langsung bikin jadwal hub. :)
      karena akan bikin stress.
      Insya Allah, pada pasangan yang subur akan terjadi kehamilan sekitar 93 % pada tahun pertama pernikahan. Sehingga yang diobati atau dilakukan intervensi adalah yang 7% saja.
      Artinya mungkin kehamilan terjadi di bulan ke-5, ke-6 , ke-8 atau ke-12…..

      Jadi santai dulu aja yaaa….
      oh iya, hasil papsmearnya normal.

  4. Nony says:

    dok,saya udah menikah dan punya anak usia 4bulan. Dok,saya mau tanya bulan ini knpa haid saya udah hampir 2minggu ga berhnti2?sebelumnya saya tidak pernah mengalami haid selama ini dok apa ini normal atau bermasalah?saya minum kb diane35.trims

    • ADI says:

      Dok,
      saya bingung, anak saya umur 5 th mengalami pendarahan persis menstruasi. Sudah saya bawa ke dokter anak, dirujuk ke dokter kandungan, tapi dokter tersebut cuex aja, katanya mungkin digigit binatang pacet/lintah dan binatang tersebut sdh keluar. (padahal anak saya tidak kesakitan) Anak saya di kasih obat antibiotik dan obat untuk menghentikan pendarahan. tapi tetep keluar darah terus, menurut istri saya itu darah mens karena ada beberapa gumpalan darah juga. WAJARKAH ANAK UMUR 5 TH MENSTRUASI? ATO ADA KELAINAN FUNGSI ORGAN?
      Terima kasih

  5. erlin says:

    Dear, Dokter Bote,,
    saya wanita baru menikah usia 23 tahun,,selama ini kami sepakat untuk menunda kehamilan dgn melakukan senggama terputus, skrg sy sudah telat 7hari, namun stlh diperiksa dgn alat tes kehamilan sebanyak 3x hasilnya negatif. sebelumnya siklus haid sy lancar berlangsung sekitar 26 hari. pertanyaan sy, berapa usia kehamilan yg bs dideteksi dgn menggunakan alat tes? thanx much dokter..

    • bote says:

      Dear Erlin,
      Jika ingin tau secara pasti adanya kehamilan, sebaiknya langsung saja di USG. Sehingga terlihat adakah kantong kehamilan atau tidak ada kehamilan. Lebih akurat.
      mungkin saja siklus haid saat itu tidak berovulasi sehingga tidak subur.
      Salam :)

  6. sri says:

    salam dok..

    saya wanita berumur 20 tahun dan belum menikah..

    saya mengalami mens pada tgl 3 dan berakhir tgl 7 … setelah itu tgl 12 nya sampai tgl 15 ada bercak bercak darah sedikit yang kluar.. bisa dibilang bercak nya dikit..

    apa itu berbahaya dok?

    • bote says:

      Dear Sri,
      Karena anda belum menikah dan belum ada kontak seksual, mungkin saja hanya gangguan hormonal.
      Ini disebut intermenstrual spotting. Tidak berbahaya. dan hanya sesekali siklus saja.
      Kecuali berulang terus, dikonsultasikan ya ke dr kandungan Sri. Ok ?
      Salam :)

      • sri says:

        dok..
        saya mengalami instrumenstrual spotting pasca haid..
        jadi saya haid tgl 1 setelah itu ada bercak tgl 13 sampai 4 hari..
        nah bulan ini tgl 1 saya napa belom haid dok?

        ada masalah ngk dok?

        saya belum menikah dok…

  7. ricca says:

    salam dok..

    saya wanita berumur 27 thn.. dulu saya mengalami nyeri haid berat, tp skrg berkurang krn minum teh hijau tp skrg saya sering merasakan nyeri pada tangan dan bahu sehari seblm haid… apa ini berbahaya dok??

    terima kasih

    • bote says:

      Dear Ricca,
      Nyeri pada tangan dan bahu sebelum haid, rasanya saya juga baru dengar ya ?
      Kalau dilihat kerja hormonal sih, kelihatannya kurang berhubungan ya Ricca.
      Karena suatu organ harus punya reseptor hormon reproduksi tertentu, baru terlihat hubungannya dengan siklus menstruasi.

      Coba deh, Ricca ke fisio terapi, mudah2an nyeri nya bisa berkurang.
      InsyaAllah tidak berbahaya ya…

      Salam :)

  8. nuryami says:

    SY WANITa 19 thun sudah menikah dan melakukjan suntik kb yang 3 bulan selama 1 tahun.setelah sy berhenti dan sya tidak pernah melakukn hub. intim awal lepas sya telat haid jdi sya mengkomsumsi em kapsul dan kiranti dan setelah dpt haid.haid sya tidak mw berhenti selama 5 bulan.bulan 1-2 agak sedikit dan hitam.bulan 3-4 darahx banyak dan merah…apa ini penyakit?penyakit apa?dan bgmn cara mengobatinya

  9. icha says:

    Siang Dok,

    saya icha 36th dan belum menikah. Awal saya mens hingga kuliah volume darah menstruasi saya 3 – 4 hari masih banyak tapi sejak bekerja jadi makin sedikit (1-2 hari saja dan sisanya hanya bercak-bercak saja), apakah ini pertanda saya mau mendekati manopouse ? mengingat jumlahnya tidak banyak? dengan melihat kondisi menstruasi saya, berapa kira-kira umur saya saat manopouse nanti ?

    Jujur saya khawatir jika itu benar karena saya takut tidak memiliki keturunan saat menikah nanti ? Apakah benar kesimpulan saya bahwa darah haid yg banyak = subur dan sebaliknya darah haid yg sedikit berarti tidak subur. saya takut jika ternyata saya tidak subur. Bagaimana cara menyuburkannya ?

    Saya sangat menunggu jawaban dari dokter, terima kasih Dok

  10. puput says:

    aslmkum,,,
    dok,minta bantuannya,, saya masih brumur 17th,saya mengalami haid selama 15 hr,
    7hr keluar darah haid seperti biasa dan 8harinya keluar flek-flek..berbahaya apa tidak dok??
    tapi siklusnya masih nrmal 29 hari..

  11. irma says:

    Dear bu Dokter… :)

    Niatnya mau berkunjung ke blog ini mau baca-baca cerita baru… Eh, malah nemu informasi bagus ini.. hehehe.. Jadi sekalian deh mau tanya donk.. ;)

    Umur aku 24, badan aku cukup subur (gemuk mungkin iya) hehehe… :P
    Tapi kenapa sirkulasi haid aku suka bermasalah ya??
    Kadang dalam 1 bulan aku bisa dapat haid sampai 2 kali, dan sekalinya dapat haid cuma 3 hari dengan volume yang lumayan banyak dok… Itu masalah ngga ya dok??

    Waktu umur 19 aku pernah ngga dapat haid sampai 6 bulan, sempet cek juga sampe USG. Tapi menurut Dokternya ngga ada masalah apa2, mungkin hanya gangguan hormon saja. Akhirnya aku di kasih obat untuk mengontrol hormon dari mengontrol gula darah.

    Sebenarnya cara menghitung siklus haid yang benar itu bagaimana ya dok??

    Ngomong2, izin copas informasi ini ya dok.. buat di blog aku.. http://widy21.wordpress.com/

    Terima kasih
    Wasalam ^^

  12. noer says:

    Dokter Bote yang baik, mohon pencerahan dok… di bulan Januari’10 haid saya agak aneh dok, ketika 2 hari pertama sy mendapatkan haid dengan darah yg sangat deras dan banyak. karena saya khawatir sy ke dr dan dikasih transamin, selepas itu darahnya tidak terlalu banyak. hanya saja hingga hari ke 13 masih saja ada bercak-bercak darah (flek) yang tidak terlalu banyak. akhirnya saya konsultasikan dengan dsog dan di kasih lutenyl. selepas itu memang berhenti sekarang sudah hari ke 5 berhenti (sy minum lutenyl hny 1x). sy berusia 27 tahun, belum menikah dan memang gemuk. apakah ada pengaruhnya dok, hny yang saya bingungkan baru bulan ini saja, saya sempat kahwatir jangan2 menstruasi dgn darah banyak juga akan berulang dibulan2 kedepan. terima kasih dok untuk pencerahannya, semoga dokter sehat dan sukses selalu…

  13. sri says:

    dok..
    saya mengalami instrumenstrual spotting pasca haid..
    jadi saya haid tgl 1 setelah itu ada bercak tgl 13 sampai 4 hari..
    nah bulan ini tgl 1 saya napa belom haid dok?

    ada masalah ngk dok?

    saya belum menikah dok…

  14. Mirhan Hasan Bumulo says:

    As. Al. Dok, saya terlambat haid selama 20 hari, tapi setelah saya tes dengan menggunakan tes kehamilan ternyata negatif, akhirnya saya mnm obat pelancar haid, n ternyata saya haid tapi kok darahnya tidak pernah berhenti. Sudah 9 hari masih ada darah yang menggumpal dan berwarna kecoklatan disertai pinggang yang sakitnya luar biasa,… apa ada kelainan dengan darah saya? mhn infonya

  15. noera says:

    dokter…. saya 26 tahun, merried, sejak saya pakai spiral, haid saya bermasalah (lebih dari 2 minggu) kenapa dan saya musti gimana?

  16. Dina says:

    Selamat Siang dokter..

    Sy seorang ibu 29 th, mau nanya, hampir sebulan ini haid sy ga teratur dok.. Baru 1-2 hari berhenti haid, eh besoknya udh mulai flek trus haid lagi.. Begitu terus berulang-ulang selama 1 bulan terakhir ini.. Sy hitung2 bulan ini udh sekitar 6-7x sy haid.. Masa haidnya cuma sebentar dok 2-3 hari saja yg keluar drh, tapi sebelum dan sesudahnya selalu ditandai dgn keputihan dan ga lama bercak/flek2 yg membuat sangat tidak nyaman…
    Oγä, ini terjadi sejak saya udh ga rutin lg minum pil KB dokter (hanya mengkonsumsi pil KB ketika hbs berhub sm suami aja)..
    Ini kenapa ya dokter?..mohon informasinya yaa dokter…
    Makasih banyak sebelumnya…
    ‎​☺☺‎​☺☺

  17. Dina says:

    Oiya dokter, ada lg dok…

    Sebulan terakhir ini jg, ketika habis ber hub. dgn suami, sy slalu mrsa ksakitan (sperti ada yg lecet) π’ pernah beberapa kali keluar darah (sedikit, sperti lecet)..padahal selagi berhub tidak ada rasa sakit sama skali dokter.. Baru setelahnya, ketika mencuci mrs V terasa perih π’ bngkak.. Trus keputihan, flek2 dan kemudian kluar drh haid…bgitu terus berulang2…
    Saya kenapa ya dokter? Π’ langkah apa yg hrs sy lakukan dok? Makasih banyak ya sebelumnya dokter….
    Maaf banyak sekali yg sy tanyakan…
    Trimakasih dokter….

  18. liyung says:

    dok saya mau tanya…..
    apakah wajar anak usia 6 tahun sudah datang haid Dok?
    dan apakah anak yang badannya gemuk itu datang haidnya lebih cepat?
    mohon penjelasannya dikirim via email ..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  19. tiur says:

    Saya berusia 32 tahun, sudah menikah 3 tahun tetapi belum dikaruniai anak. TB/BB: 152/65. Tidak pernah menggunakan kontrasepsi. Mens pertama usia 12-13 tahun. Sejak mens pertama, mens saya sering tidak teratur, rata-rata berjarak > 35 hari. Tetapi sejak usia 28-29 tahun saya tidak mens hingga sekarang. Saya sudah berobat dan diberi cycloprogynova. Saya sudah minum 6 siklus, tetapi bila saya hentikan minum obat mensnya masih berhenti (tidak datang). Saya sudah di USG vaginal di saat saya diduga sedang masa subur, hasilnya: rahim, saluran telur normal, tetapi ukuran telurnya kurang dari normal (jumlah telur saya kurang tahu karena tidak dijelaskan). Saya sudah cek LH/FSH hasilnya dalam batas normal.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah dokter dapat membantu saya menjelaskan tentang keadaan saya, karena 2 dokter yang saya datangi tidak dapat menjelaskan penyakit saya. Apakah saya sudah menaupose?
    2. Apakah ada cara (obat/pemeriksaan) yang dapat saya lakukan sehingga mens saya normal dan saya dapat hamil?
    3. Saya baca di internet tentang clomid. Apakah saya dapat meminum obat tsb untuk dapat hamil? Bila dapat, apakah ada pemeriksaan pendahuluan yang harus dilakukan atau obat lain yang harus saya minum untuk memaksimalkan efeknya?

    Terima kasih. Saya tunggu pendapat dokter.

  20. nda says:

    dok, usia saya 22th, & saya belum menikah..saya mempunyai masalah dalam siklus haid,,ni baru pertama kali’a dok saya haid hanya flek saja..apakah tu bahaya dok..?dan bagaimana cara mengatasi’a??

    • kiki says:

      Dok, saya baru mengalami post abortus di usia kandungan saya 5 minggu, saya tidak di kuret krn janin keluar utuh, setelah di usg masih tersisa darah sedikit dan diberi obat untuk mengelurkan darah tsb (obatnya cytotec), beberapa hari kemudian saya kontrol lagi di usg lagi hasilnya sudah bersih, setelah di periksa lbh lanjut sya ada infeksi sedikit di sblh kiri rahim (diberi antibiotik), yang saya mau tanyakan apakah siklus haid akan berjalan dengan normal secara alamiah?

      terima kasih dok..

  21. inur says:

    :-P tq….

  22. dewi_ira says:

    dok,
    saya sudah hampir 6 bulan menggunakan spiral..saya ingin menunda haid..obat apa yg cocok untuk saya, yg tidak ada efek atau reaksi terkait spiral yg saya pakai?

    Trims dok..

    • bote says:

      Dear Dewi,
      Kapan rencana penundaan haid ?
      Prinsipnya, setelah haid selesai langsung minum lutenyl 1x sehari sampai selesai waktu untuk penundaan haidnya. Tapi harus tidak boleh ada kelainan di hati ataupun darah tinggi, atau riwayat perdarahan pervaginam yang tidak diketahui asalnya.

      salam :)

  23. is_is says:

    dok, saya ibu dari 1 anak dan sekarang pake kb implan ato susuk. setelah pake kb implan masa haid saya bertambah panjang hampir 1 bulan lebih tapi kadang 2 bulan tidak mens apakah itu normal?trims

  24. tika says:

    Salam…

    Dok, klo post kuret dinyatakan bersih…seminggu kemudian pendarahan lagi disebut haid atau apa? Mohon penjelasannya.Terimakasih

  25. avi says:

    Dokter yang baik,
    Saya ibu satu anak, berusia 45 tahun
    Selama ini haid saya tidak terlalu banyak dan lamanya sekitar 5-7 hari sampai bersih
    Bulan Mei saya tidak haid, namun sejak bulan Juni haidnya sangat banyak dan bergumpal
    serta lebih dari 10 hari (15 hari jika digabung dengan fleknya)
    Apakah hal ini berbahaya (pertanda suatu penyakit)?

    Mohon penjelasan dokter. Terima kasih.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-? :) :( :!: 8-O 8)