dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
04 Jan 2009 Amankah mengkonsumsi obat saat hamil ?
 |  Category: Masalah seputar kehamilan

ektopik71Pertanyaan diatas selalu membayangi wanita hamil, pada saat mengalami sakit saat hamil, atau ada juga yang sedang dalam terapi/pengobatan tertentu kemudian hamil.
Obat2an apa saja yang aman untuk wanita hamil ? Bukankah sangat banyak keluhan dan gejala yang tidak nyaman pada saat hamil seperti mual, pusing, lemas, muntah2. Apakah harus diatasi dengan obat atau bisa tanpa obat ? kalaupun harus diatasi dengan mengkonsumsi obat2an, amankah untuk kehamilan saya ? untuk janin saya ?

Pertama yang harus dipahami adalah obat-obatan termasuk salah satu dari beberapa agent/zat yang dapat menimbulkan efek teratogenik yaitu yang bekerja pada saat masa embryogenesis atau perkembangan janin yang akan menghasilkan perubahan permanent baik bentuk maupun fungsi dari organ2 janin (kecacatan pada janin). Penyebab teratogenik lainnya diantaranya adalah virus, lingkungan, kimiawi.

Eksposure ini terjadi selama periode kehamilan yang kritis yang terbagi atas 3 periode :
1. periode preimplantasi sampai mgg ke-2 kehamilan
2. Periode embrionik : dari minggu ke-2 – mgg ke8 kehamilan
3. Periode fetal : dari minggu ke-9 sampai bayi cukup bulan

Pengaruh obat terhadap janin tergantung kepada tingkat perkembangan janin dan dosis serta kekuatan obat.

Pada periode preimplantasi :

Obat tertentu yang diminum pada awal kehamilan (masa preimplantasi : sejak terjadinya  pembuahan sampai menjelang implantasi), bisa menyebabkan kematian janin atau tidak mempengaruhi janin sama sekali. Pada saat ini janin sangat kebal terhadap cacat bawaan.

Pada periode embrionik :

mgg ke-2 sampai mgg ke-8 setelah pembuahan (dimana organ tubuh mulai terbentuk), janin sangat rentan terhadap terjadinya cacat bawaan.
Obat yang sampai ke janin bisa menyebabkan keguguran, cacat bawaan yang terlihat jelas atau cacat yang baru tampak di kemudian hari.

Pada periode fetal :

Obat yang diminum setelah organ tubuh janin terbentuk sempurna, memiliki peluang yang kecil untuk menyebabkan cacat bawaan yang nyata, tetapi bisa menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan dan fungsi organ dan jaringan yang telah terbentuk secara normal.

Periode embrionik yang sangat krusial karena menyebabkan malformasi struktur dari organ janin, karena berhubungan dengan saat organogenesis ( pembentukan organ2 janin). Obat berpindah dari ibu ke janin terutama melalui plasenta (ari-ari), yaitu melalui jalan yang sama yang dilalui oleh zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Di dalam plasenta, obat dan zat gizi di dalam darah ibu melewati selaput tipis yang memisahkan darah ibu dengan darah janin. Namun yang harus diingat, adalah belum tentu suatu obat menyebabkan kelainan organ janin tertentu. Kita lebih mudah membuktikan bahwa suatu obat merupakan penyebab langsung kelainan, jika obat tersebut sangat jarang digunakan dan mengakibatkan kelainan yang jarang namun relative berat kelainan organ yang terjadi. Contohnya adalah isotretinoin, yang biasa digunakan dalam obat jerawat, yang akan menyebabkan agenesis telinga (telinga tidak terbentuk dengan sempurna ). Karena tidak semua orang menggunakan obat jerawat dalam kehamilannya, sehingga mudah dideteksi bahwa obat isotretinoin-lah sebagai kausa utama. Beda dengan bibir sumbing yang dapat disebabkan oleh > 300 kelainan genetic.

Obat yang diminum oleh wanita hamil bisa mempengaruhi janin melalui beberapa cara: Secara langsung bekerja pada janin, menyebabkan kerusakan, kelainan perkembangan atau kematian
Mempengaruhi fungsi plasenta, biasanya dengan cara mengkerutkan pembuluh darah dan mengurangi pertukaran oksigen dan zat gizi diantara janin dan ibu

Jika ibu hamil sedang dalam pengobatan tertentu kemudian hamil, kita harus mempertimbangkan manfaat yang terbesar untuk ibu maupun janinnya. Misalnya obat-obatan kanker. Makanya, bagi penderita kanker yang hamil diberikan dua pilihan, meneruskan kehamilan dengan risiko bayi cacat atau menghentikan kehamilan.  pemberian obat2an kanker ini harus dihindari selama trimester pertama kehamilan (sampai kehamilan 12 minggu) karena dapat menyebabkan diantaranya sumbing, single arteri koroner, anus imperforate dan pertumbuhan janin terhambat disertai mikrosefali (obat siklophosphamid). Obat kanker lain yang juga dapat menimbulkan cacat janin misalnya : Methotrexat dapat dipertimbangkan untuk diberikan, namun harus diingat bahwa dalam masa menunda itu ibu cukup aman, tidak akan terjadi perkembangan kanker.

OBAT ANTI-KANKER

Jaringan janin tumbuh dengan kecepatan tinggi, karena itu sel-selnya yang membelah dengan cepat sangat rentan terhadap obat anti-kanker.
Banyak obat anti-kanker yang bersifat teratogen, yaitu dapat menyebabkan cacat bawaan seperti:
– IUGR (intra uterine growth retardation, hambatan pertumbuhan di dalam rahim)
– Rahang bawah yang kurang berkembang
– Celah langi-langit mulut
– Kelainan tulang tengkorak
– Kelainan tulang belakang
– Kelainan telinga
– Clubfoot (kelainan bentuk kaki)
– Keterbelakangan mental.

TALIDOMID

Obat ini sudah tidak diberikan lagi kepada wanita hamil karena bisa menyebabkan cacat bawaan.
Talidomid pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 di Eropa sebagai obat influenza dan obat penenang.
Pada tahun 1962, talidomid yang diminum oleh wanita hamil pada saat organ tubuh janinnya sedang terbentuk, ternyata menyebabkan cacat bawaan berupa lengan dan tungkai yang terbentuk secara tidak sempurna, kelainan usus, jantung dan pembuluh darah.

PENGOBATAN KULIT

Isotretinoin yang digunakan untuk mengobati jerawat yang berat, psoriasis dan kelainan kulit lainnya bisa menyebabkan cacat bawaan.
Yang paling sering terjadi adalah kelainan jantung, telinga yang kecil dan hidrosefalus (kepala yang besar). Resiko terjadinya cacat bawaan adalah sebesar 25%.

Etretinat juga bisa menyebabkan cacat bawaan.
Obat ini disimpan di dalam lemak dibawah kulit dan dilepaskan secara perlahan, sehingga efeknya masih bertahan sampai 6 bulan atau lebih setelah pemakaian obat dihentikan. Karena itu seorang wanita yang memakai obat ini dan merencanakan untuk hamil, sebaiknya menunggu paling tidak selama 1 tahun setelah pemakaian obat dihentikan.

HORMON SEKSUAL

Hormon androgenik yang digunakan untuk mengobati berbagai kelainan darah dan progestin sintetis yang diminum pada 12 minggu pertama setelah pembuahan, bisa menyebabkan terjadinya maskulinisasi pada kelamin janin perempuan.
Klitoris bisa membesar dan labia minora menutup.
Efek tersebut tidak ditemukan pada pemakaian pil KB karena kandungan progestinnya hanya sedikit.

Dietilstilbestrol (DES, suatu estrogen sintetis) bisa menyebabkan kanker pada anak perempuan yang ibunya memakai obat ini selama hamil.
Anak perempuan ini di kemudian hari akan:
– memiliki kelainan dalam rongga rahim
– mengalami gangguan menstruasi
– memiliki serviks (leher rahim) yang lemah sehingga bisa mengalami keguguran
– memiliki resiko menderita kehamilan ektopik
– memiliki bayi yang meninggal sesaat sebelum atau sesaat sesudah dilahirkan.

Jika ibu hamil yang memakai DES melahirkan anak laki-laki, maka kelak dia akan memiliki kelainan pada penisnya.

MECLIZIN

Meclizin yang sering digunakan untuk mengatasi mabok perjalanan, mual dan muntah, bisa menyebabkan cacat bawaan pada hewan percobaan. Tetapi efek seperti ini belum ditemukan pada manusia.

OBAT ANTI-KEJANG

Beberapa obat anti-kejang yang diminum oleh penderita epilepsi yang sedang hamil, bisa menyebabkan terjadinya celah langit-langit mulut, kelainan jantung, wajah, tengkorak, tangan dan organ perut pada bayinya. Bayi yang dilahirkan juga bisa mengalami keterbelakangan mental.

2 obat anti-kejang yang bisa menyebabkan cacat bawaan adalah trimetadion (resiko sebesar 70%) dan asam valproat (resiko sebesar 1%).
Carbamazepine diduga menyebabkan sejumlah cacat bawaan yang sifatnya ringan.

Bayi baru lahir yang selam dalam kandungan terpapar oleh phenitoin dan phenobarbital, bisa mudah mengalami perdarahan karena obat ini menyebabkan kekurangan vitamin K yang diperlukan dalam proses pembekuan darah.
Efek ini bisa dicegah bila selama 1 bulan sebelum persalinan, setiap hari ibunya mengkonsumsi vitamin K atau jika segera setelah lahir diberikan suntikan vitamin K kepada bayinya.
Selama hamil, kepada penderita epilepsi diberikan obat anti-kejang dengan dosis yang paling kecil tetapi efektif dan dipantau secara ketat.

Wanita yang menderita epilepsi, meskipun tidak memakai obat anti-kejang selam hamil, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan cacat bawaan. Resikonya semakin tinggi jika selama hamil sering terjadi kejang yang berat atau jika terjadi komplikasi kehamilan atau jka berasal dari golongan sosial-ekonomi yang rendah (karena perawatan kesehatannya tidak memadai).

VAKSIN

Vaksin yang terbuat dari virus yang hidup tidak diberikan kepada wanita hamil, kecuali jika sangat mendesak.
Vaksin rubella (suatu vaksin dengan virus hidup) bisa menyebabkan infeksi pada plasenta dan janin.

Vaksin virus hidup (misalnya campak, gondongan, polio, cacar air dan demam kuning) dan vaksin lainnya (misalnya kolera, hepatitis A dan B, influensa, plag, rabies, tetanus, difteri dan tifoid) diberikan kepada wanita hamil hanya jika dia memiliki resiko tinggi terinfeksi oleh salah satu mikroorganismenya.

OBAT TIROID

Yodium radioaktif yang diberikan kepada wanita hamil untuk mengobati hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif) bisa melewati plasenta dan menghancurkan kelenjar tiroid janin atau menyebabkan hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif) yang berat.

Propiltiourasil dan metimazol, yang juga digunakan untuk mengatasi hipertiroidisme, bisa melewati plasenta dan menyebabkan kelenjar tiroid janin sangat membesar.

OBAT HIPOGLIKEMIK ORAL

Obat hipoglikemik oral digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, tetapi seringkali gagal mengatasi diabetes pada wanita hamil dan bisa menyebabkan bayi yang baru lahir memiliki kadar gula darah yang sangat rendah (hipoglikemia). Karena itu untuk mengobati diabetes pada wanita hamil lebih baik digunakan insulin.

NARKOTIKA & OBAT ANTI PERADANGAN NON-STEROID

Narkotika dan obat anti peradangan non-steroid (misalnya aspirin), jika diminum oleh wanita hamil bisa sampai ke janin dalam jumlah yang cukup signifikan.
Bayi yang lahir dari ibu pecandu narkotika bisa mengalami kecanduan sebelum dilahirkan dan menunjukkan gejala putus obat dalam waktu 6 jam – 8 hari setelah dilahirkan.

Mengkonsumsi aspirin atau obat anti peradangan non-steroid lainnya dalam dosis tinggi selama hamil, bisa memperlambat saat persalinan dan juga bisa menyebabkan tertutupnya hubungan antara aorta dan arteri pulmoner sebelum lahir.
Dalam keadaan normal, hubungan tersebut menutup sesaat setelah bayi lahir. Penutupan yang terjadi sebelum bayi lahir akan mendorong darah ke paru-paru yang belum berkembang sehingga memberikan beban yang berlebihan pada sistem peredaran darah janin.

Jika digunakan pada akhir kehamilan, obat anti peradangan non-steroid bisa menyebabkan berkurangnya jumlah cairan ketuban.
Aspirin dosis tinggi bisa menyebabkan perdarahan pada ibu maupun bayinya.
Aspirin atau asam salisilat lainnya bisa menyebabkan peningkatan kadar bilirubin dalam darah janin sehingga terjadi jaundice (sakit kuning) dan kadang kerusakan otak.

OBAT ANTI-CEMAS & ANTI-DEPRESI

Jika diminum pada trimester pertama, obat anti-cemas bisa menyebabkan cacat bawaan, meskipun efeknya belum terbukti.
Jika digunakan selama hamil, obat anti-depresi kebanyakan relatif aman, tetapi litium bisa menyebabkan cacat bawaan (terutama pada jantung).
Barbiturat (misalnya phenobarbital) yang diminum oleh wanita hamil cenderung menyebabkan berkurangnya jaundice yang biasa ditemukan pada bayi baru lahir.

ANTIBIOTIK

Tetracyclin bisa melewati plasenta dan disimpan di dalam tulang serta gigi janin, bercampur dengan kalsium. Akibatnya pertumbuhan tulang menjadi lambat, gigi bayi berwarna kuning dan emailnya lunak serta menjadi rentan terhadap karies.
Resiko terbesar terjadinya kelainan gigi terjadi jika tetrasiklin diminum pada pertengahan sampai akhir kehamilan.

Streptomycin atau Canamycin bisa menyebabkan kerusakan pada telinga bagian tengah janin dan kemungkinan menyebabkan ketulian.
Chloramphenicol tidak berbahaya bagi janin tetapi bisa menyebabkan penyakit yang serius pada bayi baru lahir, yaitu sindroma bayi abu-abu.

Ciprofloxacin tidak boleh diberikan kepada ibu hamil karena bisa menyebabkan kelainan sendi pada hewan percobaan.
Penicillin aman diberikan kepada wanita hamil.

Kebanyakan antibiotik golongan sulfa yang diminum di akhir kehamilan bisa menyebabkan jaundice pada bayi baru lahir, yang bisa menyebabkan kerusakan otak.

OBAT ANTIKOAGULAN

Janin sangat rentan terhadap antikoagulan (obat anti pembekuan) warfarin. Cacat bawaan terjadi pada 25% bayi yang terpapar oleh obah ini selama trimester pertama. Selain itu, bisa terjadi perdarahan abnormal pada ibu maupun janin.
Jika seorang wanita hamil memiliki resiko membentuk bekuan darah, lebih baik diberikan heparin. Tetapi pemakaian jangka panjang selama kehamilan bisa menyebabkan penurunan jumlah trombosit atau pengeroposan tulang (osteoporosis) pada ibu.

OBAT-OBAT UNTUK PENYAKIT JANTUNG & PEMBULUH DARAH

Beberapa wanita hamil memerlukan obat untuk penyakit jantung dan pembuluh darah yang sifatnya menahun atau yang baru timbul selama kehamilan (misalnya pre-eklamsi dan eklamsi).

Obat untuk menurunkan tekanan darah seringkali diberikan kepada wanita hamil yang menderita pre-eklamsi atau eklamsi. Obat in bisa mempengaruhi fungsi plasenta dan digunakan secara sangat hati-hati untuk mencegah kelainan pada janin.
Biasanya, kelainan timbul karena penurunan tekanan darah ibu berlangsung terlalu cepat dan menyebabkan berkurangnya aliran darah ke plasenta.

ACE inhibitor dan thiazide biasanya tidak digunakan selama kehamilan karena bisa menyebabkan masalah yang serius pada janin.
Digoxin (digunakan untuk mengatasi gagal jantung dan kelainan irama jantung) bisa melewati plasenta tetapi efeknya terhadap bayi sebelum maupun setelah lahir sangat kecil.

Nitrofurantoin, vitamin K, sulfonamid dan Chloramphenicol bisa menyebabkan pemecahan sel darah merah pada wanita hamil dan janin yang menderita kekurangan G6PD. Karena itu, obat-obatan tersebut tidak diberikan kepada wanita yang menderita kekurangan G6PD.

OBAT-OBAT YANG DIGUNAKAN SELAMA PERSALINAN

Obat bius lokal, narkotika dan obat pereda nyeri lainnya biasanya melewati plasenta dan bisa mempengaruhi bayi baru lahir.
Karena itu, jika selama proses persalinan diperlukan obat-obatan, maka diberikan efek terkecil yang masih efektif dan diberikan selambat-lambatnya agar tidak sempat sampai ke janin yang masih berada dalam rahim.

OBAT SOSIALISASI & OBAT TERLARANG

Merokok selama hamil bisa berbahaya.
Berat badan lahir rata-rata dari bayi yang ibunya perokok adalah 170 gram lebih rendah dari bayi yang ibunya tidak merokok.
Keguguran, kelahiran mati, lahir prematur dan sindroma kematian bayi mendadak lebih sering ditemukan pada bayi yang ibunya merokok selama hamil.

Meminum alkohol selama hamil bisa menyebabkan cacat bawaan.
Bayi yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar bisa mengalami sindroma alkohol. Bayi ini kecil, seringkali memiliki kepala yang kecil (mikrosefalus), kelainan wajah dan kelainan mental. Kadang terjadi kelainan sendi dan kelainan jantung. Bayi ini tidak berkembang dan kemungkinan akan meninggal sesaat setelah dilahirkan.

Aspartam adalah pemanis buatan yang tampaknya aman digunakan selama hamil asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

Cocain yang digunakan selama hamil bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran, abrupsio plasenta, cacat bawaan pada otak, ginjal dan alat kelamin serta perilaku yang kurang interaktif pada bayi baru lahir.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemakaian marijuana dosis tinggi selama hamil bisa menyebabkan perilaku yang abnormal pada bayi baru lahir.

Email This Post Email This Post Print This Post Print This Post
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
120 Responses
  1. alhikam says:

    Dear dokter,

    Mudah2an cepet di reply pertanyaan saya ini. Gini dok: Istri sedang hamil memasuki bulan 9 hpl 27 juli 09. tapi sekarang sedang batuk berat, sekarang cenderung kering tanpa dahak hanya gatal saja. sudah minum amoxyllin 3×1 3 hari, silex 3×1 sudah 3 hari juga. Akan tetapi batuk juga tidak sembuh malah bertambah berat dibanding hari sebelumnya.

    Kira2 solusinya gimana dok? ganti antibiotik, ganti obat batuknya atau ganti dua2nya?
    makasih sebelumnya

    • bote says:

      Hai, Alhikam
      Sory baru dijawab.
      Kalau batuknya kering, minum dextrometorphan aja… bisa syrup atau yang tablet.
      Jika memang sudah ada kekebalan dgn Amox, bisa diganti antibiotik lain.
      Oke ?
      Mudah2an lahir sehat dan selamat keduanya ya…

  2. Adisti says:

    Siang Dok… :)

    Saya udah terlambat haid 2 minggu. Hasil test pack-nya psitif…tapi belum ke dokter kandungan. Nah, dua hari ini saya sakit gigi banget..nget… terutama waktu malam kalau mau tidur. Waktu periksa ke dokter gigi katanya gigi saya baik2 saja, bekas tambalan ngga berlubang, ngga ada lubang baru, dan ga linu kalau diketuk-ketuk. Kata dokternya kalau sakit minum parasetamol aja.
    Tapi ko ya ngga mempan Dok… dulu waktu saya sakit gigi pernah minum rheumasyl tablet…tiga jam setelah minum berangsur reda…bahaya ga ya Dok kalau saya minum sekarang?
    Obat ampuh apa yang aman ya Dok? Apa saya mesti minum antibiotik juga?
    terimakasih ya Dok… :wink:

  3. Veronica says:

    Sore Dok,
    Saya sedang hamil memasuki minggu ke-12. Belakangan ini saya sering merasa sakit pada bagian (*maaf) pantat sebelah kiri. Rasanya sakit sekali sampai sulit bergerak. Sementara pinggang saya baik-baik saja. Apakah hal tersebut keluhan yang umum bagi wanita hamil? Dokter saya memberi obat Dolo-Neurobion. Apakah itu obat penahan nyeri? Amankah bagi janin di dalam kandungan saya? Terima kasih.

  4. novi says:

    Salam kenal Dr. Bote, sekarang saya sedang hamil 26 minggu, dan sekitar 3 hari ini menderita sakit gigi lumayan parah, untuk ngilangin sakitnya dokter gigi ngasih saya asam mefenamat + amoxcillin, karena katanya gigi ga bisa ditambal klo sakitnya masih ada. tapi saya ragu dok, apa obat yang dikasih dokter itu ga ada efek sampingnya untuk janin saya, karena saya udah bilang klo lagi hamil dan minta dikasih obat yang aman dan setau saya antibiotik bisa berbahaya bila dikonsumsi ibu hamil. Mohon penjelasannya dok.. terima kasih.

    • bote says:

      Dear Novi,
      Amoxicilin aman buat wanita hamil, asam mefenamat jika hanya sesekali tidak apa, yang lebih aman parasetamol. Jika sudah diatas 26 minggu, jika perlu ditambal tidak apa.
      Salam

  5. zubaedah says:

    doc, teman saya ada yang rencana melakukan tubektomi, trus ada yang bilang kalo dah tubektomi mrs “v” bisa kering dan hubungan suami istri bisa terganggu, tolong penjelasannya, makasih sebelumnya!!!

  6. ani andesta says:

    Dr bote yg baik saya mau tanya lg ni dok,dok kalo saya sakit kepala saya udh coba panadol biru tapi ga ber kurang jg dok sakitnya,makanya saya minum asam mefenamat dok,aman ga dok mengkonsumsi asam mefenamat slama hamil?makasi dok atas jawabannya..

    • bote says:

      Dear Ani,
      Mengingat usia kehamilan Ani yang masih sangat muda, sebaiknya yang aman saja dulu dengan parasetamol atau panadol biru. Jika hanya sekali2 saja asam mefenamat masih boleh, tapi tidak menjadi ketergantungan yaa…

      Salam,
      Bote

  7. eve says:

    Dokter,

    Usia kehamilan saya saat ini 2 minggu.
    Sebelum saya tau bhw saya hamil, minggu lalu saya sempet kena gondongan, dan oleh dokter diberi obat antivirus Isprinol untuk 4 hr @ 3tablet dan voltadex.
    Jika pd saat itu sbnarnya sy sdh hamil 1 minggu, apakah ada pengaruh nya ke janin dok?

    Terima kasih pa dokter.

    • bote says:

      Dear Eve,

      Yg pertama saya bukan pak dokter :)

      Mengenai kehamilan Eve yg baru berjalan 2 mgg, darimana eve tahu usia kehamilan ? Krn 2 mgg itu berarti blm ada keterlambatan haid, mungkin maksud Eve terlambat 2 mgg ?

      Eve tdk usah khawatir, krn skrg dgn USG, kelainan pada janin bisa discreening lebih dini.
      Mengenai isoprinol sendiri insyaAllah
      Tdk terlalu berbahaya buat janin.

      Salam,
      Bote

  8. ani andesta says:

    Dr bote yg baik,saya udh pernh cek mata tp ga ada apa2 kata dr nya,tp kalo cek THT blm dok,insyaAllah saya akan cek ke tht dok,makasi banyak lho dok saranny,mdah2an dr bote dlm keadaan sehat dan sukses selalu,amin..:)

  9. ani andesta says:

    Oh iya dok saya udh minum folavit n pregvomit,apa ada obt lain yg bisa
    Bt bdan n kpala saya tidak berat lg dok, krn terus terang selama ini saya hanya terbaring dtmpat tdur aja dok, tkut jatuh kalo terlalu bnyak bergerak,maaf ya dok pertanyaanny terlalu banyak…

    • bote says:

      Ani sudah pernah periksa ke THT atau mata ? kadang2 gangguan di kedua organ itu bisa menyebabkan juga vertigo dan kepala terasa berat.
      Obatnya sudah bagus, folavit untuk asam folatnya dan pregvomit bantu mengatasi rasa mual. Jika kepala terasa berat sekali minum panadol biru saja coba, mudah2an bisa bantu

  10. ani andesta says:

    Dr bote yg baik saya senang sekali dr balas surat saya,saya minum fluoxetin dan klobazam baru sekitar 3mggu,awalnya saya minum obt itu krn saya sering merasa kepala saya berat dan badan saya jg berat,pernah saya drwat opnam 2x krn keluhan kepala saya,vertigo dan sakit kepala hebat pernah saya alami dok,plg berat sewaktu saya mau brangkat haji bln nop’08 saya benar2 drop dok,kata dr saya mengalami anxiety panic disorder jadilah selama dtanah suci tiap hari saya minum alprazolam, plang dari haji saya ke dr saraf lagi krn kepala dan badan saya tetap trasa berat dx dr saya mengalami depresi terselubung,jadi dok kira2 kehamilan 3mgg saya tespack ternyata + hamil lgsg saya stop obatny,dr bote yg baik jadi kalo diatas 28 mgg kalo saya terusin obt saya tidak ada efek ke janin saya kan dok,krn kalo saya baca di MIMS,fluoxetin itu kategori c dok,sementara klobazam kategori d,kira2 udah aman itu ya dok ke janin? Sblumnya saya ucapin makasi ya dok ats jwbnny,maaf dok isinya terlalu panjang ya dr bote :)

    • bote says:

      Dear Ani,
      Jika Ani sudah bisa menghentikan obat, dan bisa menjalani aktifitas sehari2 dengan biasa lagi, bagaimana kalau obatnya tidak usah diteruskan saja ? karena saya yakin dengan pengalihan pikiran dan aktifitas, Ani bisa menjalani aktifitas sehari2 tanpa obat. Jika belum bisa, pelan2 dilepaskan ya ….
      Karena bagaimanapun tentu ada interaksi obat dengan janin, meskipun berdasarkan penelitian masih termasuk kategori C dan D. Dan tentu saja saya harap obat2an ini bisa lepas selamanya tidak hanya saat hamil. Harus diingat, bahwa segala obat2an sangat berpengaruh pada fungsi hati dan ginjal.
      Oke Ani ? Coba dialihkan saja ke banyak kegiatan2 lain, sehingga tidak lagi mengalami depresi terselubung.

  11. ani andesta says:

    Dear dr bote,saya mau tanya aman ga mengkonsumsi fluoxetin dan klobazam pd saat hamil,skg saya hamil 6 mggu,tp bgt saya tau saya hamil saya hentikan mengkonsumsi obt itu,tp rasany mood saya dan bdan saya trasa sakit semua,kehamilan brp mggu baru saya bleh minum obat itu lg dok?makasi ats jwbanny..

    • bote says:

      Dear Ani,
      kalau saya boleh tahu, sudah berapa lama mengkonsumsi obat2an tsb ? sebaiknya memang ditunda dulu, lebih aman jika sudah trimester III, atau diatas 28 minggu. Kadang2 bisa saja sugesti rasa pegalnya, karena sudah terbiasa minum obat2an itu. Dicoba dengan vitamin2 saja dulu ya…

  12. Nana says:

    oohh iya.. desain blog nya bagusss bnget dok, artistik.. sy sngt suka… Wah, trnyata dr.Bote bkn hnya dokter handal & penulis, tpi juga berjiwa seni tinggi …. :D

  13. Nana says:

    Dear dr.Bote,
    Salam kenal. Dok, trimakasih bnyk atas tulisan2 nya yg sdh di share.. Ilmu2 nya sgguh sangat bermanfaat & mmperkaya wawasan sy pribadi sbg seorg mhsiswa keperawatan (sp Mat UI). Sukses selalu buat dr. Bote…

  14. mickey says:

    scan itu sm dg USG4 dimensi y..Oc deh THX bgt yach

    • bote says:

      Detail scan tidak harus dengan USG 4 dimensi, dengan 2 dimensi saja juga cukup, tapi terkadang untuk meyakinkannya diperlukan 4D.

  15. mickey says:

    alo, aku mw ty dunk..wkt usia hamil 3-4 mgg, aku smpt konsumsi alkohol + ekstasi, krn wkt itu ak ga tw dah hamil…kira” berpengaruh ga yach?thx

    • bote says:

      Hai, Mickey
      Kalau konsumsinya diusia kehamilan 3-4 minggu, di detail scan aja bayinya nanti diusia kehamilan sekitar 22 – 26 minggu, jadi di evaluasi organ2 janinnya, sehingga bisa cepat terdeteksi jika ada kelainan. Aku merekomendasikan ke dr. Bambang Karsono,SpOG di RS YPK, Bunda theresia Menteng, atau dr. Azen Salim,SpOG di RS Pondok Indah. Di RSIA TAmbak ada dr. Irvan adenin, SpOG. Kalau nggak, bisa ke RSCM, klinik Anggrek, USG Fetomaternal RSCM. Oke segera dideteksi ya… mudah2an gak ada apa2. Salam

  16. Lily says:

    Assalamualaikum w.w
    Dokter yang Budiman.. Saat ini saya hamil 7 minggu, selama hamil ini muncul jamur pada jari-jari kaki saya yang sangat gatal dan akhirnya kulit pada jari kaki mengelupas. Saya mencuci sendiri sehingga kaki sering terkena air dan detergen. Apakah Infeksi jamur ini akan berbahaya buat kehamilan saya dok? Oleh SPOG Saya diberikan krim ketoconazole, apakah krim ini aman buat saya?karena saat ini saya hamil trimester pertama dan saya takut jika nanti mengganggu perkembangan janin. Mohon pencerahannya. Trims..

    • bote says:

      InsyaAllah ketokonazol topikal masih aman untuk bayi. Bisa juga dihindari kena air, dengan membungkus kaki dengan plastik saat mencuci. Kalau masih khawatir juga, bayi bisa discreening lebih detail dengan USG pada kehamilan trimester 2. Oke, mudah2an bisa terjawab ya…

  17. Nesha Sudarman says:

    Dearest dr. Bote yang baek,

    saya baru mendapatkan hasil lab tes TORCH saya saiang ni, tapi karena saya gak begitu paham dengan diagnosanya, saya coba cari di mbah Google dan akhirnya syukurlah ktemu dengan website dokter ni.

    kalo Anti-Rubella lgG hasilnya positif, konsentrasi; 65, sementara lgM-nya negatif
    dan Anti-CMV lgG hasilnya positif, konsentrasi;65, lgM nya negatif
    Anti-HSV2 lgG hasilnya negatif tapi lgM nya hasilnya borderline dengan rasio:0:81

    kesimpulannya apa ya dok? takut salah interpretsasi dan takut salah minum obat.

    Makasih sebelumnya y dok.

    with Luv,
    Nesha

    • bote says:

      ANti HSV2 IgM nya bisa diulang 4 minggu lagi, Nesha, untuk memastikan apakah memang infeksi baru terjadi. Untuk Rubella dan CMV nya tidak perlu terlalu khawatir, karena menunjukkan infeksi lampau. Yang ditakutkan infeksi baru terjadi saat sedang di trimester 1. Maaf ya baru dijawab, sempet absen 2 minggu. salam sayang.

  18. Ira Muharam says:

    Dear Dokter, saya hamil 16minggu dan sekarang tenggorokan sakit sekali sehngga susah tidur. Batuk sangat kering tidak berdahak. Oleh dokter saya diminta minum Bisolvon 3×1 sdm dan Kalmethasone 3×1. Apakah kedua obat tersebut aman bagi saya? saya sudah browsing dan mencari khasiat kalmethasone tapi belum memuaskan penjelasannya.
    TErima kasih sebelumnya.

    • bote says:

      Dear, Ira, saya minta maaaaff banget, karena baru jawab, padahal udah lama banget nih, jangan2 batuknya udah sembuh. Kebetulan saya ada kongres yang menyebabkan saya terpaksa absen 2 minggu dari blog.
      Kalau batuknya kering minum dekstrometorphan syrup aja yang aman buat bayi, dan batuk juga menjadi tidak produktif. Pemakaian kalmethasone sebaiknya jangan lama2, dan kalau radangnya tidak terlalu berat, bisa dihentikan dulu aja. Mudah2an saat ini udah sembuh ya ?

  19. esthi says:

    oiya dok, igg rubella sy jg positif…dl sblm menikah titernya sangat tinggi 888, kmudian oleh dokter sy diberi zoter 200 3 kali 1 untk 10 hr, dan Isprinol 400 4 kali 1 stiap sabtu dan minggu slama 4 minggu. Obat ini rutin sy minum hingga titer rubela sy trn mjd 350. Sekarang sy jg msh dianjurkan minum obt tsb bahkan sampai sy hamil jg harus tetap diminum. Apakah obat2 tsb aman y dok?? Apakah obat2 tsb sama seperti antibiotik yg hrs dihabiskan? sy bhenti pada hr kelima sy minum zoter krn sdh mulai eneg shg sy tdk bs menelan obat..ato stlh tertelan sy malah muntah. Hal ini pernah tjd jg sblm nya dan sy pun memberhentikan konsumsi obt namun mlanjutkan nya kembali stlh sy lupa bau obt2 tsb. Maaf y dok…sy bnyk tanya..hehe..tp mdh2an dokter mau menjelaskan dan menjawab ptanyaan sy..
    Terimakasiy dok..

    • bote says:

      Esthi sayang, saya jawab satu2 aja ya biar lebih fokus.
      Rubella adalah virus, yang akan sembuh dengan daya tahan tubuh kita yang baik. IgG tidak dapat dilenyapkan sampai titik 0, karena IgG adalah imunoglobulin kita atau antibodi yang ada ditubuh kita akibat terinfeksi oleh suatu virus atau bakteri atau parasit tertentu. Sehingga tidak usah mati2an diperangi, karena dia akan turun dengan sendirinya. Justru kalau kita sudah memiliki IgG, berarti tubuh sudah mengenali virus ini.
      Yang dikhawatirkan jika, RUbella ini menginfeksi ibu hamil trimester pertama, karena janin sedang mengalami organogenesis, pembentukan organ2 tubuh.
      Kalau sekarang Esthi kena, ya gak papa, setelah diobati, ya sudah. Tidak ada pengaruhnya jika kena pada wanita dewasa yang tidak hamil, namun bisa menularkan pada orang lain disekitarnya. Gitu lho…
      Jadi jangan takut ya…

  20. esthi says:

    sy sedang merencanakan kehamilan. Dan minggu ini adalah masa subur sy. Tp sejak 6 hr yg lalu sy tkena radang tenggorokan.dan sy minum FG TROCHES 4 kali 1 slama 5 hari serta multivitamin surbex z 1 kali 1. Apa kah obat tersebut bpengaruh pada rencana kehamilan?
    Skrg obat sdh hbs, tetapi batuk sy justru smakin menjadi. Sy brusaha tdk menimum obt,tp batuk kdg sampai membuat perut bwh sy sakit apakah ada obat batuk yg aman bg ibu yg mrencanakan khamilan??

    • bote says:

      Hai, Esthi
      sebenarnya obat batuk tidak ada yang khusus untuk merencanakan kehamilan, mungkin jenisnya saja yang harus tepat, batuknya kering atau berdahak, kalau kering bisa diberikan antitusif yang akan menekan batuk, jika berdahak justru diberikan mukolitik untuk mengeluarkan lendir, sehingga batuk menjadi produktif.
      Nah, untuk merencanakan kehamilan ini, apa saja yang sudah Esthi dan suami lakukan ?

      • esthi says:

        makasiiiy ya dok…jadii lega banget bacanya.. :D
        untuk merencanakan kehamilan saya dan suami minum multivitamin surbex z, dan ditambah asamfolat 400mu untuk saya. sebelumnya saya dan suami juga mengkonsumsi lanturol 200. gimana menurut dokter?
        IMUNOS boleh dikonsumsi setiap hari gak dok?karena badan saya ringkih sekali..gampang sakit.
        sekarang saya sudah mulai menjaga makan ..dan membatasi aktifitas…karena saya sempat keguguran 3bulan yang lalu…
        oiya dok, saya mau tanya lagi. setiap masa subur pinggang dan perut saya sakit sekali…saya tau itu masa subur saya karena terjadi setiap pertengahan bulan setelah haid dan disertai banyaknya lendir bening yang keluar. bener ga dok?? apakah itu wajar?
        setelah ovulasi sel telur hidup berapa lama dok?

        heheeh dokteer maaf yaa..lagi2 saya nanyanya banyaaak bgt..!!agak parno soalna.. :P
        mudah2an dokter gak cape yaa jawab pertanyaan saya..

        • bote says:

          Hai, esthi, sempet lama gak buka, maaf ya. Boleh2 aja minum suplemen seperti lanturol atau imunos, tapi jangan lupa banyak minum air putih ya. Betul sekali keluhan dimasa suburnya, memang itu sedang ovulasi. Lamanya hidup sel telur (ovum) 48 jam, sementara sperma hanya 24 jam.
          Oke…selamat berusaha dan berjuang lagi ya…. mudah2an cepet dapat momongan :lol:

  21. novita says:

    “Oh begitu ya..Maaf nih Dok , maksudnya detail scan itu USG 3 dimensi ya ?
    Maaf gak ngerti he he

    Banyak terima kasih

    • bote says:

      Detail scan bisa menggunakan USG 2,3,4 dimensi, tujuannya adalah untuk menilai adanya kelainan kongenital pada janin. Jadi daripada was2, karena gak periksa TORCH, diintip aja ada nggak kelainan kongenital mayor pada janin Novita.
      Yang terbaik sih di trimester 2 untuk kita menilai adanya kelainan pada janin.
      Mudah2an sekarang udah ngerti ya :-)

  22. novita says:

    Dear Dokter Bote,

    Banyak terima kasih atas masukan yg berharga ini, itulah Dok yg membuat saya bingung. Saya sudah ganti 3 dokter kandungan & sdh saya tanya hampir semuanya menjawab tidak perlu periksa Torch karna dah terlanjur hamil. Jadinya skrng saya pasrah aja, tapi ada sedikit kecemasan kalau ada apa2. Oh ya, Saya periksa di daerah Cileduk Andai Dokternya komunikatif seperti okter Bote ini dan andai praktek Dokter ada di daerah saya he he saya mau ganti .
    Jadi Dok seharusnya di usia kehamilan saya yg masuk 5 bulan ini bila saya periksa ke Dokter kandungan, hal2 apa ya Dok yg harus saya ketahui dan saya tanyakan ?
    Mohon maaf kalau pertanyaan saya banyak. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

    Hormat saya
    Novita

    • bote says:

      Hai, Novita
      Kalau Novita msh cemas atau khawatir, Novi bisa detail scan janinnya untuk dilihat satu persatu organ tubuhnya. Bisa minta ke RSCM, klinik Anggrek USG Fetomaternal, atau bisa juga ke salah satu dokter ahli USG, guru saya ini. Dr. Bambang Karsono di RS YPK atau dr. Azen Salim, SpOG di RS POndok Indah.
      salam,
      Bote

      • sally says:

        dr bote yang baik, 1 bulan yang lalu saya pernah ditawari adik saya minum isotretionin dari dokternya karena saya putus asa sekali dengan jerawat saya. saya baru sempat minum 3 hari. tiap hari 1 tablet. saya stop karena menurut teman saya tidak boleh untuk orang yang sedang merencanakan kehamilan.1 minggu kemudian saya testpack ternyata hamil..bagaimana ini dok, karena saya baca, obat itu bisa bertahan di darah sampai satu tahun walaupun sudah berhenti pemakaiannya… mohon petunjuknya dok…

  23. novita says:

    Halo Dokter yang budiman, makasih ya infonya sangat bermanfaat terutama buat kami2 yg sdng hamil.
    Saya pun skrng sdng hamil 18 minggu sdng batuk pilek. Tapi saya masih takut mengkomsumsi obat flu kalau parah paling saya minum obat sakit kepala kayak panadol. dan berhubung sya punya mag saya sering mengkomsumsi enzimplex dan kadang promag. Apakah ini berbahaya Dok ?
    Sebelum dan sesudahnya terima kasih.

    • bote says:

      Dear Novita, maaf ya baru sempet balas
      Wanita hamil memang cenderung daya tahan tubuhnya berkurang sehingga gampang kena virus. Sebaiknya begitu jika bukan infeksi, cukup minum parasetamol aja yang aman buat janin, seperti panadol biru. Enzyplex dan promag sendiri tidak berbahaya buat janin, namun sebaiknya, pola makan novita yang diubah, karena saluran cerna saat hamil mengalami suatu perubahan, bekerja agak lambat, sehingga kalau tidak segera diisi, bisa terasa kembung, begah, dsb, karena teriisi udara. Jadi makan sedikit2 tapi sering, sehingga tidak ada kesempatan lambung menjadi kosong. Diantara waktu makan diisi cemilan aja, seperti biskuit2. Untuk mengurangi gastritisnya (maag) kurangi makanan yang bersifat asam atau pedas.
      Mudah2an bisa dimengerti ya, Nov
      Ohya…untuk TORCH sendiri, sebenarnya, yang berbahaya jika terinfeksi saat hamil trimester pertama, yaitu saat organogenesis, pembentukan organ. Karena biayanya mahal, dan setelah diperiksa, rata2 IgG(+), sering malah menjadikan siibu hamil cemas. Padahal IgG itu adalah faktor kekebalan tubuh kita yang tidak bersifat akut, jadi mungkin saja infeksi lampau. Untuk cek TORCH silahkan saja, tapi interpretasinya agar berhati2, sehingga mungkin kita tidak perlu mengkonsumsi obat yang seharusnya tidak begitu diperlukan.
      Okay, Novita, selamat menikmati masa yang indah ini ya…

      Salam sayang,
      Bote

  24. cucuxlaux says:

    alo mbak, selama awal kehamilan dokter saya menyarankan mengatasi mual muntah yg cukup parah ini dengan dramamine, apakah obat itu benar2 aman untuk janin? siapa tau ada penelitian/literatur terbaru ttg hal ini :)

    • bote says:

      Hallo Cucu (eh bener nggak sih namanya Cucu, asal aja nih gue )
      Dramamine adalah obat yang termasuk golongan antihistamin, yaitu Dimenhydrinate. Sudah banyak penelitian tentang dimenhydrinate, dan tidak didapatkan kelainan yang bermakna pada janin yang ibunya minum obat ini di trimester awal kehamilan atau trimester 1, jadi InsyaAllah aman.

  25. Bunda NaNas says:

    Tks ilmunya, sangat bermanfaat

    • bote says:

      salam kenal bunda NaNas, terima kasih ya. Mudah2an bermanfaat. btw, kok namanya menyegarkan sih…mengingatkan saya pada rujak hehe…..

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>