dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
10 Jan 2009 ASI & Laktasi

laktasiPunya bayi lagi ? atau ini bayi pertama ?
Wuih, pasti yang pertama jadi pertanyaan adalah bisa gak ya saya meyusui dengan benar? syukur2 bisa ASI eksklusif.
Beberapa perempuan gagal menyusui karena ketidak pahaman tentang laktasi. Dan bersikeras mengatakan, memang ASI nya kok yang sedikit.
Eits..jangan marah dulu, mungkin kita kurang mengerti tentang metode laktasi yang benar.
Kalaupun ada yang gagal, sekarang banyak kok klinik laktasi yang bisa membantu anda melakukan relaktasi.

cheap generic cialis

Apa sih ASI itu ?

ASI adalah buy online levitra cialis viagra cairan dengan komposisi khas untuk menjamin pertumbuhan optimal pada tiap spesies

Mahluk yang menyusui seperti mamalia memproduksi susu untuk makanan anaknya

Manusia: memiliki kelenjar susu & sepasang payudara
terletak di bawah kulit, tertanam dalam jaringan
penunjang dan lemak di atas otot dada depan.

Pembentukan Payudara

1. Embryo: 18-19 minggu, calon duktus.

2. Pubertas:
premenses : karena pengaruh hormon estrogen dan growth hormon terjadi maturasi dan percabangan duktus
pascamenses : karena pengaruh estrogen dan progesteron terbentuk lah lobus, lobulus, duktulus, alveolus

3. Kehamilan: hormon yang berpengaruh progesteron, prolaktin
terjadi maturasi alveolus, mulai produksi susu
Akhir kehamilan: progestron menurun

4. Pada masa Laktasi/menyusui:
- hormon prolaktin : sekresi ASI
- hormon oksitosin : ekskresi ASI

5. Involusi:
penyapihan, tidak ada rangsangan prolaktin, sehingga produksi susu berhenti, terjadi Apoptosis alveoli, diikuti dg pembentukan
kembali seperti sebelum hamil (remodelling )

Siklus laktasi

a. Laktogenesis Stadium 1 (kehamilan) : penambahan & pembesaran lobulus-alveolus
b. Laktogenesis Stadium 2 (akhir kehamilan sampai 2-3 hari postpartum ) : produksi ASI
c. Laktogenesis Stadium 3 (galaktopoeisis) : sekresi ASI
d. Involusi (berkurangnya kelenjar mamae): mulai 40 hari setelah berhenti menyusui

Fisiologi Laktasi

Laktasi berarti suatu proses produksi dan pengeluaran ASI
Membutuhkan :
- Calon ibu : siap secara psikologis dan fisik
- Bayi : cukup sehat untuk menyusu
- Produksi ASI : disesuaikan dengan kebutuhan bayi
volume ASI 500 – 800 ml/hari ( bayangkan  3000 ml/hr !)

Refleks pada proses laktasi

Proses laktasi membutuhkan beberapa refleks untuk menunjang keluarnya ASI itu sendiri

1. Refleks Prolaktin : yaitu suatu stimuli atau perangsangan  produksi ASI
membutuhkan Impuls saraf dari puting susu,   hipotalamus, hipofisis anterior, prolaktin, alveolus, dan tentunya  ASI itu sendiri

2. Refleks aliran ( let down reflex )  yaitu sekresi atau pengeluaran AS, Impuls saraf puting susu,hipofisisposterior, oksitosin, kontraksi otot polos supaya  ASI     keluar

Penghambat produksi ASI

1. Feedback inhibitor :
Suatu faktor lokal, bila saluran ASI penuh mengirim impuls untuk mengurangi produksi.
Cara mengatasi : saluran dikosongkan secara teratur (ASI eksklusif dan tanpa jadwal).
2. Stress / rasa sakit : akan menghambat atau inhibisi pengeluaran oksitosin. Misalnya pada saat Sinus laktiferus penuh/payudara sudah bengkak
3. Penyapihan

Mekanisme mengisap pada bayi

1. Refleks menangkap ( rooting )
Sentuhan pada bibir, bayi membuka mulut dan menangkap puting susu.
2. Refleks mengisap
Puting dalam mulut bayi : langit-langit /palatum molle tersentuh, bayi mengisap.
Areola masuk, lidah menekan sinus laktiferus, ASI terperas keluar.
3. Refleks menelan

Menyusu:
- lidah bayi “memerah” sinus laktiferus.
- otot pipi, lidah, langit-langit, rahang bawah semua aktif.

Jika bayi menyusui menggunakan Dot:
- otot yang bekerja terutama otot bibir dan pipi
dan keluarnya susu tergantung kemiringan botol dan besarnya lubang dot
- tidak perlu hisapan kuat, sehingga hati-hati bisa tersedak !

Mekanisme mengisap dot dan areola:
Sangat berbeda : ahal ini menyebabkan bayi mengalami kondisi yang disebut bingung puting.

Perbedaan komposisi air susu

Air susu setiap mamalia berbeda dan
adalah “species specific”

Variasi komposisi disebabkan oleh:

  • Variasi ukuran dan bentuk fisik
  • Lama masa kehamilan
  • Kecepatan pertumbuhan
  • Frekuensi pemberian minum
  • Perbedaan tempat hidup (air, darat, kutub)

MANFAAT ASI BAGI BAYI

Komposisi sesuai kebutuhan
- Kolostrum
- ASI peralihan
- ASI matur
- ASI prematur

  • Mudah dicerna dan diserap
  • Mengandung enzim pencernaan (maka sering merasa lapar)
  • Mengandung zat penangkal penyakit

- makrofag
- limfosit
- imunoglobulin
- laktoferin
- faktor bifidus : Lactobacilus bifidus

  • selalu berada dalam suhu yang tepat
  • tidak menyebabkan alergi mencegah maloklusi/ kerusakan gigi
  • mengoptimalkan perkembangan
  • meningkatkan hubungan ibu dan bayi
  • menjadi orang yang percaya diri

mengurangi kemungkinan berbagai penyakit kronik dikemudian hari :

*diabetes melitus
*penyakit jantung
*penyakit keganasan

MANFAAT ASI BAGI IBU

  • Mencegah perdarahan pasca persalinan
  • Mempercepat involusi uterus
  • Mengurangi anemia
  • Mengurangi risiko kanker ovarium & payudara
  • Memberikan rasa dibutuhkan
  • Mempercepat kembali ke berat semula
  • Sebagai metoda KB sementara

Bagaimana ASI bisa sebagai metoda KB sementara? kita menyebutnya metode amenore laktasi (MAL)

Syarat:
- Bayi berusia belum 6 bulan dan
- Ibu belum haid kembali dan
- Bayi diberi ASI eksklusif

Produksi hormon prolaktin akan menekan fungsi ovulasi dari folikel di ovarium, sehingga selama pemberian ASI eksklusif yang benar, akan tidak terjadi proses ovulasi sehingga saat itu ibu tidak mengalami masa subur, tidak mengalami haid.

MANFAAT ASI BAGI KELUARGA

  • Mudah pemberiannya
  • Menghemat biaya
  • Anak sehat, jarang sakit

KERUGIAN SUSU FORMULA

  • Komposisi tidak sesuai
  • Tidak praktis
  • Tidak ekonomis
  • Menambah polusi
  • Mudah terkontaminasiMudah terjadi salah pengenceran

ANJURAN PEMBERIAN ASI

0-6 bulan :
ASI eksklusif memenuhi 100% kebutuhan

6-12 bulan :
ASI memenuhi 60-70% kebutuhan, perlu makanan pendamping ASI yang adekwat

>12 bulan :
ASI hanya memenuhi 30% kebutuhan, ASI tetap diberikan untuk keuntungan lainnya

Kondisi / Masalah Bayi

BAYI DENGAN BINGUNG PUTING

Penyebab:
- Menyusu bergantian dengan minum botol

Tanda:
- Bayi menolak menyusu dari ibu
- Menyusu dengan mulut mencucu
- Waktu menyusu terputus-putus

Pencegahan:
- Berikan ASI perah / Susu Formula dengan cangkir

BAYI ENGGAN MENYUSU

Penyebab:
- Bayi sakit : sariawan
- Bayi bingung puting
- Bayi telah diberi minum lain
- Teknik menyusui yang salah
- ASI kurang lancar atau terlalu deras

BAYI SERING MENANGIS

Menangis merupakan suatu cara bayi
berkomunikasi
- Penyebab : lapar, haus, basah, kotor, bosan, kesepian, rasa ASI berubah, sakit, kolik.
- Sering menangis :
bayi lelah menyebabkan menghisap kurang
ibu kesal menyebabkan proses laktasi terganggu

BAYI KEMBAR

Bila bersama berbagai posisi
Menyusu bergantian atau bersama
Setiap bayi disusukan pada payudara bergantian

Nah, ibu-ibu, selamat menyusui, jangan putus asa ya
Banyak klinik2 laktasi di Rumah Sakit jika merasa kurang berhasil dan perlu penjelasan yang lebih lengkap

(Dari berbagai sumber)

Email This Post Email This Post Print This Post Print This Post
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
26 Responses
  1. nanda hamdarsi says:

    selamat pagi….

    dari blog ini saya dapat mengetahui apa itu asi dan manfaatnya. saya ingin bertanya, bagaimana dampak pemakaian alat pompa payudara bagi payudara itu sendiri ???

    • bote says:

      Dear Nanda,
      Pompa sendiri tdk berpengaruh payudara, kalau yg dimaksud nanda adalah bentuknya, memang payudara wanita yg belum pernah menyusui berbeda dgn yg sudah pernah menyusui, bukan karena alat pompa ASI nya.

      ASI harus dikeluarkan, jika jauh dari bayi, misalnya di kantor, pompa ASI bisa dimanfaatkan. Krn jika ASI tdk dikeluarkan akan membengkak keras & nyeri, dan dikirimkan sinyal ke otak bahwa ASI tdk dibutuhkan, shg produksi ASI lama2 akan berkurang.

      Mudah2an bisa dimengerti yaa..

      Salam,
      Bote

      • halimah says:

        Untuk pemakaian pompa payudara bisa mempengaruhi produksi ASI yang keluar. Jika terlalu sering memakai pompa, produksi ASI bisa berkurang. Karena rangsangan yang diberikan pompa dan mulut bayi berpengaruh pada kelenjar ASI.

  2. Ita says:

    Dear Dr. Bote …
    Berkaitan dengan masalah ASI, saya mau tanya ..
    Bagaimana caranya menghentikan ASI supaya tidak diproduksi lagi, karena anak saya sudah berumur 2,5 tahun dan alhamdulillah sudah mendapat ASI eksklusif.
    Saya berniat untuk menyapihnya dengan cara menghentikan produksi ASI itu sendiri, dan berharap kalau sudah tidak ada ASI nya dia akan berhenti. Apakah ada obat yang bisa saya konsumsi? Atau ada saran lainnya?

    Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

    Salam,
    Ita

  3. novia says:

    Salam kenal,
    kebetulan saya baru melahirkan anak kedua seminggu yg lalu, dulu waktu anak pertama saya gagal laktasi karena si anak sama sekali tidak mau mencoba menghisap karena puting saya masuk. Untuk anak kedua ini saya ingin berusaha keras supaya dapat memberikan asi, namun koq produksi asi saya sedikit sekali hanya merembes dan menetes-netes saja, padahal segala makanan yg dianjurkan sudah saya makan termasuk pil laktamam, juga massage payudara saya lakukan 2 kali sehari. si bayi pun sering menyusu tetapi pada akhirnya si bayi jadi kesal dan menangis sejadi2nya karena masih kelaparan akhirnya saya kasih juga susu botol.
    Apa ada yang salah dengan cara saya, atau apa ada masalah dengan hormon saya ?

    Terima kasih sebelum & sesudahnya.
    Novia

  4. Siti says:

    Dear Miss…
    Mau tanya bagaimana pengaruhnya ASI yang di kombinasikan dgn SUFOR ( 60 ml – 120 ml perhari ) tapi blm pasti kadang full ASI soalnya saya kebetulan bekerja.
    Apakah yang demikian masih bisa dikatakan ASI Ekslusive apa bukan?
    Usia baby skrng sudah 4 bulan. Mohon saran dari Bu Dokter.
    Matur suwun.
    Salam, :wink:

  5. reni says:

    halo salam kenal
    saya masih menyusi anak saya berumur 5 bln. puting saya lecet dan berdarah… gimana cara penyembuhannya?? salep apa yang dipakai untuk menyembuhkan lecet dan tidak mempengaruhi pemberian asi..
    terima kasih

  6. lena says:

    gimana caranya supaya asi lancar.dari bayi lahir sampe 3 bulan saya bantu dengan formula.krn asi sy sedikit.sy sudah minum obat moloco.laktafit,makan bayam,katuk tetap sj asi sedikit.kalau dipompa sehari hanya menghasilkan 50 mili sekarang lebih parah lg hanya 5 mili.

  7. Kiki says:

    Dear mba Lena

    Sekedar share pengalaman aja…dulu aq jg mengalami hal yang sama, asi sedikit keluarnya…
    Selain minum yang banyak, makan sayur2an bening, kacang2an, si bayi itu harus terus nyusu dari puting kita..karena ini yang akan memancing produksi asi di payudara kita…jadi jgn biarkan bayi kita nyusu dari botol..apalagi dicampur susu formula….

    Alhamdulillah sekarang anak aq sdh masuk usia 4 bulan dan aq bisa kasih asi exclusive..walopun aq sdh kembali masuk kerja….

    Pokoknya semakin sering puting kita dihisap, semakin banyak produksi asi kita…

    Semoga bermanfaat…

    Salam,
    Kiki

  8. ari irawan says:

    Salam kenal

    saya mempunyai anak yang berumur 1 tahun masih menyusui.sekarang istri saya lsedang hamil 3-4 bulan.ASI untuk anak saya yang 1 tahun bagus tidak.apakah dapat merusak otak dan perkembangan badan anak saya yang 1 tahun.badannya tidak gede2
    mohon penjelasannya

  9. yuli lestari says:

    baby sy berumur 1 bulan 5 hari. bayi sy terlahir prematur dgn usia lahir 36 mggu. dan berat lahir 2200 gram. panjang 45 cm. hari kedua lahir krn asi blm keluar sy disarankan untuk memberikan susu formula wkt itu sy disarankan untuk memberikan nutrilon premature. tp hanya berapa kali saja karena asi sy sudah keluar dan sekarang sy memberikan asi. yang ingin sya tanyakan kenapa baby sy mengalami mencret dan kembung. dokter memberikan obat tp smp sekarang babnya sering dan agak encer. sy sudah berusaha untuk makan yg tawar saja tp kenapa masih suka mencret ya. apakah kalau kita makan pedas maka asi kita juga akan pedas? tolong dibalas ya… trimakasih.

    • bote says:

      Dear Yuli…
      Pertanyaan ini memang pertanyaan favorit para ibu muda yang bayinya masih dibawah 2-3 bulan.
      Sebenarnya yang lebih bisa menjawab dokter anak
      Pencernaan bayi memang masih beradaptasi. Apalagi bayi2 yang prematur, sering terjadi gangguan pencernaan, artinya lebih sensitif jika ada bakteri di udara atau kurang hiegienis.

      ASI yang keluar dan pertama dihisap disebut ‘foremilk’ biasanya berwarna
      jernih. Ini sebenarnya bukan basi atau bikin mencret ( terlebih bila lebih dari 4 jam
      tidak dikeluarkan, biasanya banyak yang beningnya ) justru banyak mengandung protein
      dibanding lemak. Setelah foremilk baru ‘ hindmilk’ ini yang berwarna putih kental.
      Ini banyak mengandung lemak dan membuat bayi jadi kenyang. Menyusui yang benar, dari
      satu payudara dihabiskan dulu baru pindah payudara lain sehingga bayi mendapatkan ASI
      komplet ( fore and hind milk ).

      Makanan pedas sama sekali tidak mempengaruhi ASI, analoginya sama seperti jika lelaki yang makan pedas apakah cairan spermanya akan pedas ? tidak bukan ?
      beberapa ibu yang menyusui makan seperti biasa, dengan pedas, bayinya aman2 saja tidak mencret dan kembung.

      Jadi jangan kawatir ya Yuli, itu bukan dari ASI tapi mungkin dari udara atau higienie, mungkin kita menganggap sudah bersih, tapi ternyata untuk bayi kita belum.
      Selamat menyusui eksklusif yaa… :)
      Salam

  10. betty says:

    alo mba… salam kenal ya…
    aku lagi punya masalh ni…
    aku kan udah lewat masa menyusui excl nya…
    sekarang babyku umur 1 th 3 minggu….tapi aku masih nyusuin lho..
    nah yang jadi masalah babyku itu udah banyak giginya.. udah 8..
    sekarang putingku lecet… seperti belah tapi di daerah pangkal puting yang deket aerola… sakit sekali kalo nyusuin…. kalo siang sih dia mau dibantu susu formula lanjutan…. tapi kalo malem…. g mau…. aku juga blum mau menyapih… kan katanya 2 thun kalo menyapih….. gimana yaa???

  11. retno says:

    halo mba, salam kenal dari saya ya.
    saya punya beberapa masalah nih mba.
    yang pertama, anak saya sekarang sudah berusia 2 tahun. tetapi masih menginginkan asi. yang mau saya tanyakan, apakah asi setelah usia 2 tahun itu sudah tidak bagus? lalu bagaimana seharusnya menghentikan pemberian asi?
    terima kasih sebelumnya. :(

  12. vania says:

    Dear Dr Bote,

    Mau tanya doc, persiapan apa yang harus dilakukan ibu hamil agar nanti air asi lancar, apakah dengan makan tertentu dan pemijatan sebelum melahirkan?
    Terima kasih
    Ollin

  13. Obat Kuat says:

    Obat Kuat…

    [...]ASI & Laktasi « Bote’s Notes[...]…

  14. Mafula Nurul says:

    Dear Dr. Bote,

    Bayi saya skrg usia 11 bln Alhamdulillah slm ini hanya asi sj tnp tambahan susu formula. Tp terhitung mulai hari ini sy tambah susu formula selain asi kalau sy ada di rumah krn sy bekerja. Apakah tindakan sy ini bs dibenarkan? Sebenarnya sy ingin hny memberinya asi sj hingga usianya 2 th. Sy menyesal, dok.

    Thx.

  15. louis vuitton lunettes…

    [Notre blogueur invit茅 cette semaine est Kathy Taylor, JD, Ph.D., est un associ茅 et charg茅 de cours au Centre de bio茅thique de l’Universit茅 de Pennsylvania School of Medicine. Les chercheurs disent que leur 茅tude – qui est le plus important 脿 ce jour …

  16. air maxes nike…

    1995 – 1996 was a largely uninspired time for Leeds, notable only for that club’s appearance inside the League Cup Final. A triumph over Aston Villa at Wembley would’ve glossed more than a disappointing 13th location finish, but a lacklustre Leeds di…

  17. oakley canada…

    as processing will lessing of late 2013 and as well old 2014, and if monetary values please don’t heighten it style involving reducing along or not establishing (longer term) Mines continues with regard to months. just in case we see the report’s clo…

  18. lunettes oakley de vue…

    Astuce: pour l’ensemble des d茅butants (Ou l’ensemble des flemmards) cuando vous voulez united nations hood color茅 et ray茅 minus avoir besoin signifiant changer fil, Pensez aux fils dits “脌 jacquard automatique, the r茅sultat sera 脿 hen house s没r tr猫s…

  19. lunette oakley polarisante…

    side Ce mascara ze prente dans united nations tube argent sobre et ould like, Tr basic, Contrairement aux mascaras actuels, wont l’ergonomie s’av’e rrtre toujours and additionally surprenante. Cette ftorme basique confirm une prise durante important…

  20. nike trainer shoes…

    a new the not necessarily strictly thought about delivering a vital tv for pc tools despite the fact that, they’ve as well looked at air suitably. The state sensing piece perform might possibly discover without a doubt should throughout room on top of…

  21. oakley prescription sunglasses lenscrafters…

    If your not very optimistic your skill which your sweetheart will require to, creating a special skill gift container on her would be a great idea. of this hoop, that you are back pack a wide variety of ingredients that the young woman wants. with rega…

  22. nike air max 2009 cheap…

    selling price along with life like money or expensive jewelry are unquestionably kit based on their innate historical or diamond profit, in spite of its total your old watches excessive fat. for top prices, silver buyers and sellers must contain gold a…

  23. nike air max 2012 review…

    diamond jewelry section necklace around your neck inspired of the usb portsalian german sizes and shapes 14K consume white gold or platinum but also pellet as well as die diamond dangles molded. there are also regarding pendants in increased sterling s…

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-? :) :( :!: 8-O 8)