dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
17 Jul 2010 Alhamdulillah, Buku sudah terbit…
 |  Category: Gado-gado

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan sempat menjadikan ruang ini kosong seperti ditinggalkan penghuninya, karena asyik dengan proyek editing buku dan proyek masa depan di Endokrin, akhirnya buku kumpulan cerpen “Sepiring Spagheti untuk hati Gayatri” telah terbit, dan siap beredar di toko buku terkemuka.

Tentunya semua ini tidak terlepas dari kebaikan dari pengunjung blog ini yang selalu memberi semangat saya untuk terus menulis dan menulis, meskipun di tahun 2010 ini saya akui tidak seproduktif tahun 2009, yang masih diliputi suasana euforia.

Teman2 di Penerbit Pustaka Intermasa juga sangat membantu dengan diterbitkannya buku kumpulan cerpen pertama saya ini. Rasanya tidak terbayangkan saya mempunyai buku yang isinya diluar keilmuan saya, namun tetap saya harapkan dapat memberi manfaatdan inspirasi. Mungkin ini juga merupakan buku kumpulan cerpen pertama yang diterbitkan oleh Pustaka intermasa yang biasanya menerbitkan buku2 islami dan biografi orang2 terkenal, jadi rasanya…seperti menikahkan seorang perawan dan perjaka….

Buku kumpulan cerpen “Sepiring Spagheti untuk hati Gayht” merupakan kumpulan 10 cerpen yang sebagian besar berada di Blog ini, namun dengan beberapa penyempurnaan, dan penambahan cerita. Juga kumpulan syair2 atau puisi2 saya yang pernah saya buat selama ini. Semuanya tetap berusaha menjadi cerita2 dan puisi2 yang dapat menginspirasi kita dalam kehidupan sehari2 untuk menjadikan kita lebih dicintai-NYA.

Dibuka dengan si Amazing Story “Perempuan yang dicintai suamiku” dan diakhiri dengan cerpen ke sepuluh yang berjudul “10.10.10″, merupakan cerpen baru yang tidak pernah dipublish di blog ini. Cerpen ke-9 “Sepiring Spagheti untuk hati Gayatri” pun banyak mengalami perubahan dan penambahan cerita, tidak seperti aslinya, karena terus terang waktu membuat di blog waktunya sangat singkat dan saya pengen cepat2 jadi.

Saya ingin sedikit memberi resensi untuk tulisan saya sendiri.

Perempuan yang dicintai suamiku mengisahkan tentang bagaimana suatu kondisi yang tidak nyaman, disikapi dengan ketenangan, dari masing2 tokohnya. Rima yang berusaha keras menjadi istri yang lebih baik ketika mengetahui suaminya mencintai perempuan lain, Mario yang tetap berkomitmen pada pernikahannya meskipun mencintai perempuan lain dan terus berusaha mencintai Rima, Meisha yang tidak mengambil kesempatan mengganggu rumah tangga orang lain, bahkan memberi semangat Mario untuk terus belajar mencintai Rima. Alangkah indahnya jika kehidupan ini diwarnai dengan orang2 seperti mereka. Dan inti cerita disini adalah belajar mensyukuri apa yang sudah kita memiliki, Jika kita tidak dapat memiliki apa yang kita cintai maka cintailah apa yang kita miliki.

Cerita kedua tentang si Jomblowati Karina, dalam “Jodoh untuk Karina”. Jodoh tidak dapat dipaksakan, hanya demi status dan omongan orang. Saya suka dengan kata2 Karina pada mamanya diakhir cerita, “Ketika kami berbicara, aku harus menemukan suatu jawaban yang membuatku tidak ingin berhenti bercakap2 dengannya. Aku ingin ketika dia tersenyum saat pulang kerja, meskipun lelah, senyumnya adalah senyum yg terpancar dari matanya, bukan sekedar  pulang kerumah atau malah terpaksa harus pulang kerumah karena mempunyai ‘keluarga dan anak2′….”  Bukankah itu yang sering terjadi ? sehingga rumah tangga menjadi begitu rapuh, karena kurangnya komunikasi dan sekedar punya keluarga ?

Cerita ketiga “Aku bukan sebutir pasir”…. yang akhirnya selesai juga endingnya setelah satu tahun… hehe… buat pembaca blog yang penasaran dengan akhir dari kisah Denita dan Bram, silahkan baca bukunya.  Denita yang rendah diri akhirnya bisa menemukan jati dirinya, dan tidak lagi menjadi sebutir pasir…. Lagi2 diakhiri dengan Sad ending, sekedar mengingatkan ketampanan, kekayaan, kesehatan ada masa kadaluarsanya, dan lagi2 mengingatkan bagaimana harus mensyukuri apa yang sudah dimiliki.

Cerita keempat “Langitpun menangis untukmu” adalah salah satu dari 3 cerpen favorit saya yang ada di buku ini, 2 lainnya adalah “Perempuan yang dicintai suamiku” dan ” Jangan pernah berhenti mencintai-NYA, Alea”. Mengisahkan tentang 4 sahabat dengan karakternya masing2, yang 3 sangat hebat dimata manusia, yang satu sangat hebat diMata-NYA, sehingga langitpun menangis dengan kepergiannya… Waktu menulis cerita ini, mata saya sampai bengkak akibat terus menerus bercucuran airmata, dan sampai sekarangpun jika membaca ulang, masih saja menangis.  Jika saya mulai merasa dunia saya lebih berat ketimbang akhirat saya, saya mengingatkan diri saya sendiri dengan mengutip kalimat Andita, “berapa menit untukNYA ? dan berapa belas jam untuk dunia ?” Alangkah tidak adilnya diri saya padaNYA yang selalu mencintai dan menjaga saya.

Cerpen kelima ” Maaf, aku mencintai laki2 lain” mengisahkan tentang Attaya yang terbelah hatinya, antara tunangannya yang baik dan tampan dengan seorang laki2 dari negeri antah berantah yang tidak dikenalnya secara fisik, namun terlibat secara emosional hanya dalam tempo 2 bulan dikenalnya didunia maya. Artinya ? tidak ada yang pernah bisa mengalahkan suatu cinta yang terjadi akibat keterlibatan emosional yang dalam, komunikasi yang intens, canda tawa….  sehingga kecantikan maupun ketampanan fisik menjadi tidak berarti lagi. Seseorang yang jatuh cinta tidak pernah lagi perduli apakah seseorang yang dia cintai buta, pincang, gemuk, pendek, tua… whatever… Jadi jangan pernah bertanya, kok bisa sih dia meninggalkan istrinya yang cantik untuk seorang perempuan yang sangat biasa ? jawabannya ada di cerita ini.

Cerita keenam “7 kado untuk Rania’ Mengisahkan tentang kasih tak sampai antara 2 sahabat. Memendam rasa selama 7 tahun, karena takut mengganggu persahabatan dan memilih menyimpan 7 kadonya, akhirnya hanya menemui suatu jawaban bahwa waktu telah berlalu, dan kita tidak bisa mengulangnya kembali dengan cerita yang berbeda yang kita impikan. Jadi raih mimpimu hari ini, jangan menundanya.

Cerpen ketujuh “Diet ala Lexy” sekedar mengendurkan otot2 ketegangan dan kesedihan akibat membaca cerita2 sebelumnya.  Berusaha menampilkan cerita yang berbeda dan humoris, namun  tetap dengan pesan yang tersirat. Bahwa yang penting itu adalah kecantikan hati dan emosi yang langsing….. sehingga kehidupan bisa menjadi lebih indah.

Cerpen kedelapan “Jangan pernah berhenti mencintai-NYA, Alea”   merupakan konflik batin Alea ketika harus dihadapkan pada kondisi yang sulit diterimanya. Dia protes pada Allah, dan menganggap Allah tidak adil padanya. Dia berhenti mencintai Allah, dan hidupnya menjadi kosong, bagaikan manekin berjalan, hampa dan tidak lagi berjiwa. Tidak mau memaafkan suaminya, tidak mau mengurus keluarga, dan tidak  mau lagi menulis tentang bagaimana menciptakan keluarga yang harmonis dan penuh cinta, bukan sekedar keluarga.

Cerpen kesembilan “Sepiring spagheti untuk hati Gayatri” . Kenapa Spagheti ? bukan serabi atau gado2 kata teman2 saya. Hahaha… saya juga bingung kenapa spagheti ? barangkali karena spagheti adalah makanan favorit dikeluarga saya. Selain indeks glikemiknya rendah, bikinnya juga gampang. Dan saya cuma ingin menekankan begitu sangat berbeda dan berartinya sepiring spagheti, dibandingkan hanya sekedar kata maaf atau klarifikasi masalah. Jika saya mengalami ketidak nyamanan dengan orang lain, saya pasti akan lebih terenyuh jika orang tersebut menyediakan sesuatu kesukaan saya dengan hasil karyanya sendiri dibandingkan hanya menelepon atau sekedar ucapan maaf. Bagaimana menurut anda ?

Cerpen kesepuluh agak berbau misteri “10.10.10″…. bukan misteri horor tapi suatu rahasia hati seorang wanita paruh baya, yang tidak pernah dia ungkapkan pada keluarganya. Setiap orang mempunyai misteri dalam kehidupannya, jadi biarkan saja selama tidak mengganggu kehidupan keluarga dan orang2 disekitarnya.

Penasaran ???

Silahkan berburu ke toko2 buku favorit anda…..

Salam,

Botefilia

Email This Post Email This Post Print This Post Print This Post
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
21 Responses
  1. Ayu says:

    Selamat ya dokter atas BUKU I nya…salut sama dokter :) saya juga suka cerpen22nya sampai saya share di FB saya dengan tetap mencantumkan karya dokter dan link sumber cerpen ini :)

    Tetap berkarya ya dok….

  2. Adya says:

    cerita2 di blog sdh saya babat habis..ternyata masih ada tersisa di buku..
    Selamat ya dok..penasaran pengen baca bukunya..

  3. Reny says:

    Assalamualaikum dr Bote, selamat ya atas telah terbitnya buku I semoga ini pertanda akan muncul buku selanjutnya …. (sebagian Reny dah baca di blognya dok, ceritanya menarik dan bikin terhanyut deh bacanya …) wah harus tambah koleksi buku lagi nih ….

  4. Machmudah Jamzuri says:

    Subhanallah, ibu dokter yang hebat.
    Penasaran dengan bukunya, meski beberapa ceritanya sudah pernah baca di blog dokter. Ceritanya nendang di hati.., :)
    muncul satu buku, maka insya allah akan tumbuh se-juta buku lainnya. Selamat dok !!

    • bote says:

      Alhamdulillah…. semoga bisa terus bermanfaat dan nendang dihati :)
      akhir minggu ini buku sudah bisa didapatkan di toko buku Gunung Agung Jakarta, awal agustus InsyaAllah ada di Gramedia dan Kharisma. Kalau Umi-nya Aulya ada di Jakarta, tgl 7 agustus ada launching di Gramedia Matraman jam 15.30
      Salam :)

  5. jack pradono says:

    Dear Bote,
    Kemarin beli bukunya via adikku Nonny saat launching kemarin di Gramedia – maaf baru baca bab 1. Terus share dengan istriku. Isinya membuat aku dan istri amat tersentuh. Kena banget mengenai fardhu ainnya kita bersyukur atas apa yang kita punya. Salut !! Semoga lebih banyak lagi karya keluar dari lubuk hati Bote. JACK

    • bote says:

      Haiii Jack !
      Waaah…surprise banget nih, dapat pujian dari Jack.
      Alhamdulillah, semoga cerita2 lain juga bermanfaat ya dan menginspirasi..
      salam buat istri ya Jack :)

  6. Lina Indriawati says:

    Barokallah….ya dok, semoga lewat tangan dokter selalu ada tulisan yg bisa menginspirasi kita untuk selalu bersyukur dan berusaha….dan juga lewat tangan dokter mudah2an selalu tertangani pasien2 dengan baik karena dibumbui dengan cinta dan kasih plus profesional….mau ah insyaAllah cari bukunya….

    • bote says:

      Dear Lina,
      Apa kabar ?
      Alhamdulillah, doakan saja semoga saya dapat terus membuat tulisan yg bermanfaat jika masih diberi kesehatan dan waktu dan kesempatan :)

  7. Assalamualaikum, Mama Ghozi. Karena tau dari FB kalo Mbak Bote baru terbit bukunya, jadi iseng nge-google nama Mbak Bote, dan ketemu blog ini. Wah..cerpen-cerpennya te-o-pe banget. Ntar kalo aku udah beli kumpulan cerpennya, minta tanda tangannya yaa… :wink: Wassalam

  8. rizapn says:

    Salam kenal,
    saya rizapn yang bikin aplikasi myQuran, semoga Mbak Bote tahu/inget :)
    Waktu kemaren saya dikasih email sama mas Kemal, saya tertarik, wah punya domain sendiri. Ternyata, Mbak suka menulis dan malah udah bikin buku. Selamat … Insya Allah, habis ini saya akan baca-baca cerpen Mbak, karena kebetulan, salah satu hobby saya adalah baca cerpen.
    Mari terus berkarya dengan kemampuan yang dianugerahkan Allah swt kepada kita … sehingga bisa menjadi manusia yang “Rahmatan lil-alamin” …
    Semoga …

  9. ike kartika says:

    Assalamualaikum Dok..

    Saya Ike, salah satu pasien dokter di RSIA Tambak.. Wah subhanallah ternyata dokter jago bikin puisi juga.. tersentuh saya membacanya. Saya juga suka bikin Puisi tp ga sedalem & sebagus dokter.
    Alhamdulillah saya sudah lairan bulan Mei. saya lairan di Jawa dan baru balik ke JKT lagi. meski dulu saya sering masuk ke RS tp ternyata alhamdulillah lairan saya normal.

    Smg selepas ini saya bisa kembali menulis spt dokter..

    Wassalam..

    Sukses utk buku barunya ya dok

  10. Good Job, Bu. Aku seneng puisi terutama cerpen2nya. Tetep bekarya ya. Tq

  11. refaa says:

    bukunya kgk ada lg di gramedia…..mau

  12. Elly says:

    Assalamu’alaikum Bu Dokter….

    sya udh baca beberapa ceritanya,tapi ketika baca sinopsis cerita di atas,saya jadi penasaran ingin baca cerita yang lainnya juga…. :) Selamat ya,bukunya sudah terbit….

  13. adrian says:

    salam, saya mau beli buku ini bisa, soalnya saya sudah cari di setiap gramedia atau toko2 buku lainnya. sudah tidak ada stock katanya. dan pas browsing ,ketemu deh sm blog pembuatnya, maka dari itu ,saya ingin sekali membeli buku ini, apa bisa, mohon bantuannya. terima kasih

    • adrian says:

      bila ada,bisa hub: :arrow: 08561848848 :) terima kasih

    • bote says:

      Hai, Adrian, terima kasih atas atensinya,
      Kebetulan memang di Gramedia sudah tidak ada, tapi saya masih punya beberapa di RSIA Tambak, krn masih saja ada pasien2 saya yang mencari buku ini. Jika Adrian mau bisa menghubungi RSIA Tambak 021-2303444, atau bisa langsung mampir ke Jl. Tambak no. 18, Manggarai, menteng, Jak Pus
      Makasih yaa… Salam,
      Bote

  14. alif says:

    kumpulan cerpen yang sangat indah dan mengharukan. membuat saya sadar bahwa kehidupan ini penuh dengan cobaan…

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>