dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
Ask Bote

Di halaman ini aku mau melayani keinginan pembaca atau sahabat yang hendak berkonsultasi denganku mengenai kesehatan khususnya seputaran kehamilan..

Aku akan berusaha menanggapinya sesuai dengan kemampuanku dan waktu yang tersedia.

Silakan posting melalui isian formulir komentar dibawah.  Jika ada pertanyaan lanjutan, jangan membuat komentar baru, tapi lakukan dengan mengklik reply pada kotak komentar/jawaban dari saya. Ini agar memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan2 berikutnya pada topik yang sama.

Salam.

1,384 Responses
  1. Nana says:

    Assalamualaikum Dok,

    Ini saya datang lagi mau tanya2 :) Sekarang sy sudah hamil 10 minggu lebih. dan sejak kehamilan minggu ke 7 sampai sekarang banyak sekali cairan yang keluar dari kemaluan (warnanya kadang bening dan kadang putih tapi tidak berbau). Kadang2 cairan yang keluar banyak, kadang2 tidak. Apakah ini normal? Selain itu skrg ini timbul jerawat (hanya 1) dikemaluan saya. Penyakitkah ini? bagaimana menyembuhkannya? dan akan berdampak apa ke bayi saya?

    terima kasih banyak atas bantuan dokter

  2. Diny says:

    Assalamu’alalikum Dok, apa kabarnya :)

    Saya Diny, pasien Dokter di Tambak. Kemarin baru saja mengunjungi sahabat saya yg melahirkan normal dan sempat berbincang dengan dokter kandungannya, tp saya lupa nama Dokter tersebut. Dikarenakan kelak saya ingin sekali melahirkan normal maka banyak2 tanya kepada beliau. Yang saya tangkap disini adalah seharusnya semua persalinan bisa dilakukan dengan proses normal bagaimanapun keadaannya karna pasti ada teknik2 khusus yg pada akhirnya kesulitan apapun bisa teratasi. Seperti zaman dulu saja katanya, bagaimapun keadaan bayi dalam kandungan toh pada akhirnya bisa dilahirkan secara normal.

    Saya ingin sekali dapat melahirkan secara normal, malah harus bisa melahirkan normal. Tapi banyak sekali teman2 saya yang sudah memiliki anak dan rata2 kelahirannya caesar semua, hampir 90% dan itu membuat saya menjadi sedikit “parno”. Katanya ada saja alasan dr Dokternya yang pada akhirnya mengharuskan mereka melakukan operasi caesar. Saya sangat berharap dokter bisa membantu saya kelak untuk melahirkan secara normal.

    Maaf ya Dok jadi curhat colongan :oops:

  3. Ima says:

    Dokter,
    saya mau tanya, apakah benar minum pil KB Yasmin itu bisa membuat siklus M jadi teratur dan sekaligus membuat hormon jadi seimbang?
    Dan bagaimana cara mengkonsumsi Pil KB yang benar Dok?
    oiya,,saya mau minum PIL KB Yasmin ini untuk mengatur siklus menstruasi agar cepat hamil, soalnya udah setahun belum hamil2
    Thank u so much dok…

  4. Rachma says:

    Dok,sy br dikuret kehamilan ke 2 pd bln juni 09.sampai skrg blm hamil2 lg.sy ingin periksa usg kondisi rahim,sebaiknya pas haid,stlh haid atau kpn ya dok yg plg bgs?usia sy 29thn.trims

  5. ama says:

    dok, saya pernah dikuret 2x(mei 2007 dan maret 2008)saya memulai program kehamilan lagi mulai agustus 2009, tapi hingga kini(oktober) belum ada tanda2 kehamilan, apakah ini termasuk gejala infertilitas sekunder???sya dan suami dalam kondisi normal, TORCH dan ACA negatif.thanx atas perhatiannya

  6. lilian says:

    Siang dok..
    Msh sibuk ya?Pertanyaan kita blm dibls nih.

  7. Laras says:

    Dear dr.Bote,

    Salam kenal, aku Laras 27th..mohon advisenya :)
    Rencananya awal tahun dpn aku akn menikah setelah 8 bln menjalin hubungan. Tapi sebelumnya saya pernah berpacaran selama 3th, dlm 3th tsb beberapa kali saya dipaksa melakukan hub.suami-istri jika krn salalu diancam jadi saya tdk bisa mengelaknya..saya amat menyesal & trauma akn hal tsb..
    Namun hal ini tdk diketahui oleh orangtua n calon suami saya.
    Dok, saya pernah baca dr beberapa web.ttg “operasi selaput dara”, apa saya bisa melakukannya? dan apabila saya telah dioperasi apa akan mengeluarkan darah kembali jika melakukan hub.dgn calon suami saya nanti?
    Saya sangat bingung, krn pasti calon suami & orangtua saya akan amat kecewa jika saya sudah tdk perawan lg..saya juga takut rencana pernikahan batal & seluruh kel.besar malu..
    Dr.Bote yg baik, apakah bisa memberi referensi dmn saya bisa melakukan operasi tsb?

    Terima kasih banyak ats sharingnya dok..
    Mohon advisenya..

  8. Riry says:

    Dear dr. bote,

    Begini Dok, saya pernah melakukan suatu hal yg sangat2 bodoh, dan sekarang saya sangat sesali hal itu. Tapi mohon dokter, bisa menjawab kebingungan dan kegelisahan saya saat ini.
    Tgl 13 April 2008 saya pernah melakukan aborsi dok, secara ilegal, dikarenakan saat itu saya belum ingin memiliki anak.
    Saat saya sudah merasa siap punya anak, saya ke dokter kandungan lagi, dan coba tes transvaginal. Kata dokternya hasilnya bagus dan semoga sehat. Saya belum melakukan pemeriksaan lain lagi dok. Mens saya selalu ada setiap bulan. Tapi kadang siklusnya yg suka beruba-ubah. kadang 25 hari atau bisa juga 29 hari. Oia kadang saat mau haid, perut kanan bawah saya nyeri sekali..Kenapa ya dok?
    Dok, apakah saya masih bisa memiliki anak?
    Apakah ada kemungkinan proses aborsi itu akan merusak ovarium atau saluran ovarium, atau mungkin menyumbat saluran ovarium?
    Jika ya, pemeriksaan apa seharusnya saat ini saya lakukan?
    Dan, di jakarta ini apakah ada dokter yg bagus utk menangani pasien2 dengan riw. aborsi ilegal, siapa nama dokternya dok?
    Mohon jawabannya dok. Terima kasih sebelumnya.

    • bote says:

      Dear Riry,
      Jika pernah hamil, insyaAllah kandungan dan saluran telur baik.
      Beberapa memang ada yang sulit hamil setelah melakukan aborsi ilegal. Agak aneh memang, karena pasien yang dilakukan kuretase karena abortus (perdarahan) malah biasanya langsung hamil lagi.
      Tindakan kuretase tidak merusak sampai ke ovarium dan sal telur.
      Karena hanya mengerok atau menghisap (suction) di endometrium atau lapisan dalam rahim.
      Jadi sabar ya… mungkin belum waktunya.
      Riry bisa ke DSOG siapa saja, namun jika ingin khusus untuk infertilitas, banyak klinik2 infertilitas di RS2 besar Jakarta.
      Ada klinik Yasmin di RSCM, ada di RS Bunda, Hermina. Harapan kita.

      Selamat berikhtiar, dan berdoa ya, Semoga Allah melapangkan jalan Riry untuk segera punya momongan.
      Salam

  9. Untay says:

    Saya senang dengan adanya blog Dr.Bote…..

    • ILMA says:

      aslkm… dok. saya ingin tau tmpat parktek dokter dimana ? stlh bca2 tanya jawabnya saya jadi tertarik ingin konsultasi dengan ibu scr lgsung krna saya sedang merencanakan kehamilan dengan suami.. saya tgl di jakarta timur.. smoga saja dekat ya bu:)

      trims.

      • bote says:

        Dear Ilma,
        Alhamdulillah saya praktek di RS Persahabatan. Jika konsul yg lebih private, ada di Griya Puspa RS Persahabatan hari rabu dan jumat antara jam 12-15. Kalau mau ke poliklinik umum RS Persahabatan juga bisa, tapi biasanya praktek poli di gilir dengan SpOG lain. Silahkan telp aja ke 021-4891708.
        Praktek lain bisa ke RS Tambak, Proklamasi (021-2303444). dan RS Asri Duren tiga (021-7992211)
        Salam, semoga segera dapat momongan :)

        • ILMA says:

          makasih ya dok udah di reply :)
          ibu ada praktek malemnya ngga ? kalau ada dimana dan jam berapa ? kalau yg di RS tambak itu jadwal praktek ibu hari apa dan jam berapa saja ? kl boleh sy minta nomer hpnya ibu spy lbh memudahkan sy utk menghubungi ibu sewaktu2 kalau sy ingin konsultasi…

          skali lg trm ksh byk ya dok.. :)

        • ILMA says:

          gimana dok ? rencananya saya ingin ketemu bu dokter besok.. ibu ada jadwal praktek ga besok ?.. tlg di reply juga pertanyaan sy yg kmaren ya bu

          mksih…:)

          • bote says:

            Waduh Ilma, kelewatan yaa… hehe…
            lagi sibuk banget nih sampe gak sempet buka blog.
            Jadwal praktek malam di ASRI, duren tiga, hanya kamis, jam 18-20
            Tambak rabu 16-18, dan sabtu 10-12

    • bote says:

      Terima kasih Untay… :)

  10. lia says:

    dear dokter bote..saya ingin bertanya…
    saya wanita usia 19 tahun saya masih tunangan, tunangan saya usia 24 tahun, saya pernah melakukan ML sekitar 4-5 hari yang lalu, tetapi tunagan saya mengeluarkannya di luar, sedangkan saya belum punya anak dulu sebelum acara pernikahan dilaksanakan…
    pertanyaanya :
    1. ada ga cara menggagalkan terjadinya kehamilan pada saya?
    2. apa ciri2 nya kalo saya hamil dalam 4-5 hari?
    3. saya harusnya menstruasi pada tanggal 7-10 november ini, tapi saya belum dapet juga..kira2 apakah saya hamil?

    please bantu saya dokter bote…saya berharap dokter dapat membantu saya..trima kasih banyak…

    • bote says:

      Dear Lia,
      Mengeluarkan cairan sperma diluar, sama sekali bukan cara yang tepat untuk tidak hamil.
      karena masih ada kemungkinan sperma yang bagus sempat lari menuju ovum atau sel telur.
      Beruntunglah anda jika hub itu dilakukan 4-5 hari yang lalu, karena jika haid anda sekitar 7-10 nov ini, berarti 4-5 hari lalu bukanlah masa subur anda. Namun jika dalam 2 minggu ini pernah ML. Sebaiknya test kehamilan dulu. Dan tidak ada yang bisa dilakukan jika kehamilan telah terjadi, kecuali aborsi.
      Apakah kesalahan satu akan diikuti kesalahan berikutnya ?

      Bagaimana, jika ML nya ditunda dulu sampai Akad berlangsung ?
      Apakah Lia yakin dia jodoh Lia ?
      Tidak ada yang tau pasti siapa jodoh kita yang sebenarnya sampai akad berlangsung.
      Jangan sia siakan masa muda Lia ya…
      Salam.

  11. Ita says:

    Dear Dr. Bote …
    Berkaitan dengan masalah ASI, saya mau tanya ..
    Bagaimana caranya menghentikan ASI supaya tidak diproduksi lagi, karena anak saya sudah berumur 2,5 tahun dan alhamdulillah sudah mendapat ASI eksklusif.
    Saya berniat untuk menyapihnya dengan cara menghentikan produksi ASI itu sendiri, dan berharap kalau sudah tidak ada ASI nya dia akan berhenti. Apakah ada obat yang bisa saya konsumsi? Atau ada saran lainnya?

    Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

    Salam,
    Ita

    • bote says:

      Dear Ita,
      Banyak cara dan obat yang bisa diberikan untuk menghentikan produksi ASI. Salah satunya dengan pil KB kombinasi seperti Microgynon, Diane, Yasmin. Ada juga dengan obat Bromokriptin, salah satu patennya :Parlodel.
      Silahkan dicoba ya…
      Selamat ya sudah berhasil menyusui eksklusif.

  12. nina_eliya says:

    Dokter bote selamat malam

    dokter saya mau tanya, punya referensi dokter specialis kandungan di daerah cilegon ga dok?dan tentunya dokternya tau semua tentang masalah hormonal,karena saya punya masalah dengan mens saya dok, bulan kemaren saya cuma flek flek saja dan samapi bulan october sampai november ini saya belum mens juga, terus kata dokter itu katanya cuma masalah hormonal, terus dikasih obat, saya lupa obatnya apa, tapi sampai obatnya habis ga keluar juga, tapi badan saya sudah linu semua dok?makanya saya ingin berobat yang deket deket saja dok,,saya di periksa dokter ida, dokter kenal ga???

    • bote says:

      Dear Nina,
      Di Cilegon, rasanya belum ada SpOG ahli ENdokrinologi Reproduksi.
      Nina bisa berobat ke RS Krakatau Steel, ada beberapa SpOG senior saya, ada dr. Akam, dr. Wira. Juga kalau tidak ada salah ada dr. Nancy, SpOG, adek kelas saya di FKUI.
      Mohon maaf, saya tidak kenal dgn dr. Ida

  13. leeya says:

    dokter bote yang baik

    saya leeya umur 26 tahun, saya punya sejarah mens yang kurang baik,sejak kuliah dan kerja mens saya ga pernah lancar,sering mens lebih dari tiga bulan dan kadang kadang mens lebih dari 14 hari,,kemarin saya ke dokter terus dikasih obat hornonal dok saya lupa namanya apa sembuh dok,mens saya lancar tapi cuma 2 bulan saja,selanjutnya bulan october yang lalu saya ga mens sama sekali sampai hari ini,terus saya kedokter kandungan lagi dikasih obat namanya obat bio atp sama gynaecoside cap apakah benar nie dok oabtnya buat mancing biar mens nya keluar,,tapi samapai saat ini sya belum mens juga dok, sampai bingung dok akunya,,saya sring ikut aerobic seminngu 2 kali apakah gara gara ini juga dok jadi kecapean,,mohon sarannya dok harus bagaimana saya ini?dan apakah ini ada hubungannya dengan kesuburan dok,,jangan jangan saya ga subur lagi,,saya bener bener perlu saran dokter,,,,,???

    • bote says:

      Dear Leeya,
      Coba Leeya atur dulu hormonal dengan cyclo progynova selama 3 siklus haid, setelah itu lepas, tanpa obat, kita evaluasi lagi siklus haid berikut.
      Harus dicari penyebab irregularitas siklus haid.
      Jika nanti sudah menikah, apalagi, karena dibutuhkan siklus haid yang berovulasi untuk memiliki anak.
      Faktor kecapean bisa jadi penyebab tidak terjadinya siklus haid yang normal.
      Dilihat ketebalan endometrium dengan USG, karena pengobatannya sangat berbeda antara endometrium yang sudah menebal dan endometrium yang sangat tipis, sama2 tidak haid juga.

  14. dhea says:

    assalamualaikum..
    aku dhea, kuliah kebidanan semester 5. aku mau tanya tentang syarat partus pervaginam, syarat KBI, KBE, dan KAA, skema penatalaksanaan plasenta manual dan atonia uteri..
    mohon bantuan’y ya dok..
    makasih..
    wassalamualaikum.. :wink:

  15. Dian says:

    Assalamualaikum Dok,

    saya sudah menikah 6 bulan dan penge banget dikasih momongan. 2 bulan yang lalu saya cek ke dokter obgyn dan waktu itu saya di cek klo gak salah di usg transvaginal dan kata dokter hasilnya sih bagus. namun waktu itu dokter menyarankan saya untuk cek HSG dan melalukan terapi (penguapan) sebanyak 10x.
    Bulan ini saya sempet telat haid 3 hari, saya sempet seneng karena saya pikir saya hamil. pas telat 1 hari saya testpack hasilnya negatif, eh dihari yg ketiga ternyata mens saya keluar..sediihhh.
    oh iya, saya juga suka minum vitamin Iron Folic yg mengandung asam folat keluaran amway..apakah itu berbahaya jika diminum untuk orang2 yg merencanakan kehamilan?karena dilabelnya saya baca orang hamil harus berkonsultasi dulu sebelum minum vitamin tsb?

    yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Klo hasil usg transvaginal saya bagus, kenapa saya harus cek hsg dan diterapi uap ya??terus terang saya takut sekali dgn test HSG karena dr forum2 yg saya baca katanya sakit sekali, makanya sampai detik ini saya belom ada keberanian buat test HSG dan diterapi.
    2. klo diuap itu nama kedokternya apa ya dok?dilakuinnya kapan ya?setelah atau sebelum haid??
    3. testpact bisa menghasilkan tanda positif itu klo ditest udh telat berapa lama ya dok?

    saya tunggu penjelasannya ya dok….terima kasih banyak :-)

    wassalam.

  16. julia says:

    Asw. dok,

    saya mau bertanya beberapa hal yg agak saya bingung tapi saya tidak punya kesempatan untuk bertanya ke dokter kandungan saya. saya sedang hamil anak pertama masuk usia 9 minggu (sekarang), sewaktu kehamilan masuk usia 6 minggu, pertama kali saya periksa ke dokter kandungan lalu langsung di USG transabdominal, yg terlihat hanya kantung kehamilan (fetal fold belum terlihat)..lalu saya disarankan untuk suntik hormon progesteron dan diberi terapi Duphaston untuk memperkuat kandungan dan mengurani resiko Blighted Ovum (seperti itu yg disampaikan dokter ke saya). kemudian 2 minggu kemudian saya kontrol lagi, terlihat fetal fold dalam gambaran USG transabdominal sesuai dengan usia kehamilan (berdasarkan hitungan HPHT saya). lalu saya tetap diterapi Dupaston dan disuntik progesteron untuk kedua kalinya..karena besar bakal janin tida seperti yg diharapkan (besarnya tidak sampai 1/2 kantung kehamilan—-saya kurang hapal uurannya). lalu, saya disampaikan bahwa suntikan tersebut akan berlangsung selama 4x.. dengan progesivitas terapi dilihat lewat gambaran USG.

    yg ingin saya tanyakan, bagaimana regulasi pemberian injeksi progesteron pada ibu2 yg hamil muda, adakah kriteria khusus dan pemeriksaan yg harus dilakukan sebelumnya (selain menemukan kantung kehamilan kosong pada USG transabdominal dibawah usia 8 minggu) yg dapat menyokong pemberian injeksi progesteron dan Duphaston pada wanita hamil… sebelum kehamilan ini, siklus haid saya teratur dan saya tidak pernah terlambat haid ataupun keluar flek. apakah saya memenuhi kriteria yang harus diterapi progesteron injeksi dan Duphaston? apakah injeksi tersebut bisa saya stop sebelum waktu yg ditentukan?

    mohon informasinya ya dok.. atas bantuannya banyak terima kasih

    julia

  17. _eriena_ says:

    Ass. Salam kenal dok…
    saya sudah 2 x keguguran dok,,
    yg pertama tanggal : 20 April 2009 (usia 5 minggu, keluar sendiri tanpa tau penyebabnya dan dikuret)
    yg kedua tanggal : 2 Oktober 2009 (usia 11 minggu, saya periksa di 2 DSpOG, yg satu bilang missed abortion,, yg satu bilang Blighted ovum,, yg pasti bikin saya amat sedih dan bingung) :cry: dan dikuret… LAGI…

    dari kejadian di atas, saya disarankan untuk tes TOXO,,
    hasilnya:
    IgM Anti Rubella negatif,, IgG Anti Rubella positif (29) _____ pos if :>=15 IU/mL

    IgM Anti CMV negatif,, IgG Anti CMV positif (29)______pos if :>=6 AU/mL
    CMV IgG Avidity 94.40 _____ rendah :80

    yang ingin saya tanyakan dok :
    1. berbahayakah kondisi di atas??ada pengaruh terhadap kemungkinan punya anak lagi ga dok?? maksud saya,, apa mungkin kalo hamil lagi akan gugur??
    2. lalu jika hamil lagi apakah ada kemungkinan saya terinfeksi lagi dok??
    3. perlukah diobati??
    4. untuk kuret yg kedua,, darah keluar terus sampai hari ini… saya takut dok… di dokter yg dulu saya selalu diberi Methylergometrine, KAlnex, dan Meloxicam… tapi tidak berhenti juga…
    empat hari lalu saya pindah DSpOG dan katanya rahim saya ada peradangan (diberi ImBoost,, Cefilia,, dan Tranexamid Acid 500 mg). sampai hari inipun masi keluar darah dok… apa yang harus saya lakukan??
    5. Dok,, bagaimana cara meilih DSpOG yang baik?? jujur saya pernah kecewa beberapa kali karena tidak mendapatkan jawaban yang jelas…

    Terima kasih sebelumnya dok,,
    mohon jawabannya (lewat email juga ya dok)…

    Semoga Allah selalu memberikan kebahagiaan, kesehatan, dan karunia kpd dokter dan keluarga…
    amin…

  18. peby says:

    Ass.dok saya sudah menikah 5 bulan tapi belum hamil juga. Volume menstruasi saya sangat sedikit,terkadang dalam 2 hari malah sudah bersih.Itu terjadi sudah 10 tahun ini.padahal dulu sewaktu awal dapat haid, menstruasi berlangsung seminggu bahkan lebih.. memang suatu ketika saya pernah mens hingga 20 hari lebih.. tapi setelah itu mens saya jadi sedikit. Saya baru saja cek up ke dokter , kata dokter di rahim saya ada myom namun tidak terlalu mengganggu. Apakah masalah menstruasi saya ini mempengaruhi kesuburan, apakah saya mengalami ovulasi dan bagaimana kemungkinan saya bisa hamil??? bagaimana menentukan masa subur jika menstruasi singkat seperti itu?? apakah tetap sama seperti menstruasi normal.Mohon penjelasannya Mabak. Terima kasih

  19. erna says:

    Allo Dr Bote, maaf saya mau konsultasi sama dr.
    Sy udh 2 tahun menikah dan saya belum dikaruniai anak. Sy skrg udh telat 8 hari tapi sy belum test pack, saya takut. Dok, skrg pinggul sy pegal dan nyeri. dan td pagi sy ada flek coklat spt mau haid. Dk, apakah sy hamil dg kondisi spt sy skrg??
    dok, tolong jawab pertanyaan sy yach. krn sy bingung bgt…

    thanks b4.

  20. Djuni says:

    Ass, dok. bote
    Sy Djuni, sy sudah 15 bln menikah, namun sampai skr blm hamil2. sy n suami sudah cek kbbrp dsog. hasil sperma suami baik. tetapi saya didiagnosa PCO. oleh dsog 1, sy diberi glukophage, provera, provula, hasilnya sel telur dpt bkembang, namun stlh 3x treatment dg provula sy tdk kunjung hamil jg. kmd kami gnt dsog yg lain, dan diberi treatment primolut&serophene, hasilnya ada 4 sel telur yg besar di ovarium ki-ka, namun lg2 stlh 2x treatmnt serophene blm hmil jg. akhirnya sy stop program dl. ttp sblm stop konsul, sy sempat disuruh tes torch& HSG. hasilnya CMV IgM +4, lainnya (-). HSG:kedua tuba paten, ovarium bicornis, retroflexi, curiga adenomyiosis kanan. saat HSG, dktr yg menangani blg kalo sy keputihan, memang iya, namun hal itu prnh sy tnykn kpd dsog sy, mnurut dsog sy itu mgk krn hormon yg tdk seimbang, krn keputihan sy kental spt lendir, tdk gatal, n bbau. Yg ingin sy tanyakan, apakah sy msih bs hamil? & treatment apa yg hrs sy lakukan utk mengatasi mslah sy (PCO,uterus bicornis, CMV IgM+4, dan keputihan)? apakah sy bs hamil scra alami atau hars dg inseminasi? dr smua diagnosa di ats, mana yg menyebabkan sy sulit hamil hingga skr?oya dok, alasan sy utk stop pengobatan krn stiap sy mnm provula&serophene sy sll merasa mual, tdk bs makan, terutama makan siang dan ketika malam, pandangan sy kabur/berbayang saat melihat objek bergerak& cahaya. besar harapan sy dktr dpt merespon pertanyaan sy. trims

  21. Inggrid says:

    Dear Dr Bote yang baik,

    Nama saya Inggrid, saya sudah menderita keputihan bertahun tahun, lebih dari 6 tahun, semejak saya belum menikah. saya menikah baru setahun. Tahun lalu saya memeriksakan masalah saya ke salah seorang dokter, dan melaksanakan swab test, ditemukan bakteri coccus gram positif, dokter memberikan antibiotik, amoxilin clavulanic 500 gram, selama 3 kali setiap resep diminum 3 kali sehari selama 5 hari, namun keputihan saya tidak kunjung sembuh, saya juga melakukan pap smear dimana hasilnya negative. saya sudah ke tiga dokter yang berbeda, mereka selalu memberikan antibiotik. akhirnya karna keputihan saya tidak kunjung sembuh, saya datang ke dokter lainya (ke4) dan sekali lagi melakukan swab test, namun yang mengherankan saya, hasilnya negatif, tidak ditemukan bakteri ataupun jamur.

    saya bertambah khawatir dok, apakah ada penyakit yang lebih berbahaya lagi. Untuk dokter ketahui, saya tidak pernah mengalami nyeri haid,,, dan haid selalu lancar,, memang ada kadang kadang perasaan nyeri tiba tiba di pagian panggul , terutama sebelum haid. keputihan nya tidak gatal, berbau amis, cair dan putih seperti susu

    Mohon informasi nya dok,.. sebelumnya saya ucapakan banyak terima kasih,

    Inggrid yang sedang khawatir

  22. Untay says:

    Assalamu alaikum wrwb
    Dear Dr.Bote

    Sy pasien Dr.Bote di RS. Persahabatan.35 th.Menikah 6,5th,blm punya keturunan.Lg program hamil.Analisa Sperma bagus.Bln lalu sy hidotubasi,bln ini haid lagi.Harus menunggu berapa lama untuk mengetahui hasil hidrotubasi atau sebaikny apa yang sy lakukan selanjutnya untuk program hamil ini?

    Terima kasih sebelumnya.
    Untay

  23. aroel says:

    Assalamualikum Bu,
    saya seorang pria…saya sudah menikah selama 4 tahun lebih usia saya 27 tahun, seminggu yang lalu saya memeriksakan sperma saya di Lab dan hasilnya adalaha Asthenozoospermia, istri saya juga seusia saya tapi haidnya sering tidak teratur,,bisa kadang sampai 2 bulan atau lebih..kadang2 terpikir bahwa istri saya hamil tapi setelah di periksa ternyata tidak
    adakah cara untuk mengatasi masalah kami ini bu.
    mohon jawaban nya dan terima kasih banyak
    wassalam

  24. bey says:

    Dear Dr. Bote,

    kok pertanyaan saya blm dibales ya? yg laennya udah, pdhal saya duluan yg nanya.. :-(

  25. Wulan says:

    Dear Dr. Bote,

    saat ini saya sedang mengandung anak kedua, usia kandungan 28 minggu.. ada kekhawatiran dlm kehamilan ini, pasalnya saat usia kandungan 3 minggu saya masih mengkonsumsi pil KB Diane walaupun tdk teratur.. dikarenakan saya belum tahu kalau sedang mengandung. Apakah itu dpt mengganggu perkembangan janin saya Dok??

    anak pertama 2 tahun 8 bulan lahir dgn SC krena urine protein stadium 2, adakah kemungkinan saya SC lagi?? meskipun hampir tdk ada keluhan yg berarti selama kehamilan..

    Thank’s B4 tuk penjelasannya ya Dok,

    Salam,

    Mama Aghna

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-? :) :( :!: 8-O 8)