dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
Ask Bote

Di halaman ini aku mau melayani keinginan pembaca atau sahabat yang hendak berkonsultasi denganku mengenai kesehatan khususnya seputaran kehamilan..

Aku akan berusaha menanggapinya sesuai dengan kemampuanku dan waktu yang tersedia.

Silakan posting melalui isian formulir komentar dibawah.  Jika ada pertanyaan lanjutan, jangan membuat komentar baru, tapi lakukan dengan mengklik reply pada kotak komentar/jawaban dari saya. Ini agar memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan2 berikutnya pada topik yang sama.

Salam.

1,384 Responses
  1. maria says:

    Pagi dok….

    saya berusia 28 th.saat ini sedang hamil anak kedua.terakhir datang bulan tgl.16 juni 2009,tapi bulan berikutnya sampai dengan akhir bln september 2009 berkali-kali saya test pack hasilnya negatif.lalu saya sempat minum jamu untuk melancarkan datang bulan.akan tetapi pd tgl.10 oktober 2009 saya test pack lagi hasilnya positive.lalu pd tgl 31 oktober 2009 saya ke dokter kandungan dan dokter menyatakan jika saya mmg positive hamil dan janin baik2 saja.selang 3 minggu kemudian saya mengalami flek sedikit,lalu saya kembali kedokter kandungan setelah di USG dokter mengatakan pertumbuhan janin tidak seperti yg dibayangkan dan hasilnya 50:50.lalu saya diberi obat cygest 400mg & duvadilan.yg ingin saya tanyakan apakah pd usia kehamilan saya yg -/+ 7 minggu sudah bs disimpulkan tentang perkembangan janin?pada usia kehamilan berapa kah seharusnya baru bs disimpulkan janin berkembang atau tidak?dan apa saja penyebab terjadinya flek?(pd saat hamil anak saya yg pertama saya jg mengalami flek,akan ttp setelah diberi obat penguat kandungan baik2 saja)
    atas bantuan & perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih. :)

  2. rani says:

    dok , saya mau tanya.
    saya melakukan dengan pasangan saya, tp saya menggunakan celana dalam & celana legging. sedangkan pasangan saya menggunakan celana dalam saja, kami melakukan hanya 1 kali. apakah itu akan membuat terjadinya kehamilan.
    sebelumnya terima kasih…

    • bote says:

      Dear Rani,
      Tidak akan terjadi kehamilan jika masih menggunakan pakaian dalam dan legging.

      • ridwan says:

        dok mau tanya apa bisa penggunaan pil kb tidak dimulai pada saat haid, kalau digunakan setelah haid sudah selesai apkah berfungsi obat tersebut dan tidak menimbulkan kehamilan

  3. mitra w says:

    Assalamulaikum wr wb

    Dok, saya menikah sudah 8 bulan, dan ingin sekali punya anak. Saya sudah ke dokter kandungan dan disarankan mengikuti tes antara lain tes TORCH dan hormon juga Rh darah.
    Dokter, saya ingin sedikit bertanya mengenai hasil tes saya. Sebenarnya saya sudah memberi hasil tes lab ini ke dokter saya, tapi saya heran kok dia tidak menjelaskan tentang TORCH ini, tapi hanya fokus ke hasil tes hormon.

    Begini dok, hasil tes TORCH saya mungkin saya tuliskan saja, mohon
    penjelasannya ya dok..

    Anti Rubella IgG (MEIA) = (+)17,7 (IU/ml)
    Anti Rubella IgM (MEIA) = (-) negatif
    Anti CMV IgG (MEIA) = (+) 138,7 (AU/ml)
    Anti CMV Igm (MEIA) = (-) negatif

    Oia,kalau dari dokter saya bilang saya kurang hormon LH nya, hanya 4,28. Sedangkan FSH 7,72 . Estradiol 10,84 dan Prolaktin 13,93. Sementara ini saya dikasih CYGEST 200 mg yang dimasukkan ke anus.

    Saya mohon penjelasan dari dokter jika berkenan, trima kasih dok..

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah arti tes TORCH saya tersebut?
    2. Bagaimana dengan hasil tes hormon saya? apakah tindakan dokter saya memberi cygest sudah tepat?
    3. Apakah kecapekan bisa mempengaruhi hormon? (kebetulan saya tiap hari saya kerja di Jaksel rumah di Jaktim, ke kantor pake busway, sering jalan lewat jembatan penyebrangan yang cukup melelahkan tiap harinya)
    4. Teman saya menyarankan untuk minum madu dan susu ibu hamil, katanya bagus untuk kesuburan, apakah itu benar dok?
    5. Terima kasih ^^

    • dewi says:

      ass wr wb
      saya sudah menikah hampir 6 bulan tapi tanda-tanda kehamilan masih belum terlihat apakah kami perlu melakukan test lab kesuburan, apakah kalau ingin melakukan tes lab sang suami perlu diperiksa juga…???
      terima kasih

  4. Okta says:

    Salam kenal dokter Bote,
    Saya sudah menikah selama 3thn. Sudah pernah keklinik fertilitas, dan ternyata saya PCO bilateral. Saat ini saya sedang mengkonsumsi Cyclo-Progynova yang saya minum setelah bersih dari haid, setelah pil tersebut habis, saya langsung haid. Saat ini saya lanjutkan minum obat tersebut yang kedua kalinya.
    Pertanyaan:
    1. Apakah cara minum obat saya sudah benar dok, saya baca di thread lain koq beda2 ya caranya?
    2. Apakah selama minum obat tersebut saya masih bisa hamil?
    3. Apakah obat ini bis mengobati PCo saya?
    4. Kapan saya sbaiknya kontrol lagi ke dokter untuk PCO ini?
    Boleh saya tahu jadwal praktek dokter di RS Persahabatan, soalnya deket niy dari rumah, pengen konsul ke dokter langsung. Makasih ya dok…

    • Okta says:

      Dokter lagi sibuk ya, pertanyaan saya kelewat niy tuk dijawab :lol:
      Tambahan informasi ya Dok, saat ini saya sudah dua siklus minum obat cyclo, yang pertama saya rajin minumnya, tidak terlewat satu pil pun. Sayapun langsung haid begitu obatnya habis dan haidnya banyaaaaak sekali, sampai bolak-balik ke toilet tuk ganti pembalut. Siklus yang kedua, saya terlewat 4 pil, setelah pil habis 4 hari kemudian saya haid, tapi tidak sebanyak siklus yang pertama. Oya TB/BB saya 147/50, apakah saya overweight ? Minta tolong dijawab pertanyaan saya dikolom pertama dan kedua ya Dok, thx alot.

  5. amalia says:

    dok,saya mo tanya tentang adenomyosis,jika kita didiagnosis bahwa kita ada adenomyosis,apakah ada obat yang bisa mengobatinya?krn dari dsog nya tidak ada solusi yang terbaik untuk penyakit ini,apakah bisa hamil jika ada adenomyosis?tq

    • yulia says:

      Dok, berapa HB wanita sehabis melahirkan caesar? apa 8,4 termasuk rendah dan perlukah tranfusi??

    • bote says:

      Dear Amalia,
      Berapa besar adenomiosis anda ?
      Memang tidak ada obat untuk adenomiosis. Jika masih kecil biarkan saja, karena dia bukan penyebab satu2nya tidak terjadinya kehamilan. Masih banyak faktor lain.
      Hamil dengan adenomiosis, ada. Tapi jika adenomiosisnya parah dan meliputi sebagian besar rahim, memang susah.
      Salam.

  6. Angel lim says:

    permisi dok, saya sekadar ingin bertanya
    diusia saya yg ke 20 tahun mempunyai rencana akan menikah 2 tahun yg akan datang. sebelum itu saya melakukan pemeriksaan seluruh badan. hasil pemeriksaan menyatakan bahwa Anti- Rubella lgG positif Kons:331 dan Anti-CMV lgG positif Kons: 69
    serta Urinalisa pada darah 150. apakah hasil pemeriksaan itu berbahaya saat kehamilan nanti? lalu apa saran dan solusinya dok? trima kasih :D

    • bote says:

      Dear Angel,
      waduh….saya salut dengan anda, masih muda sekali, tapi sudah mempersiapkan dengan matang.
      Jika wanita tidak hamil, terinfeksi Rubella maupun CMV tidak apa apa, karena antibodi tubuh akan membantu mengatasinya. Hasil pemeriksaan Angel, pernah terjadi infeksi itu, tapi sudah lampau.
      Jadi biarkan saja.
      Apalagi belum menikah dalam waktu dekat ini.
      Oke ?
      Jika nanti Angel hamil, baru ulang pemeriksaannya.
      Salam :)

  7. wahyu says:

    met siang Dokter
    istri saya sekitar 10 hari yang lalu mens trus saat itu juga lepas spiral, tapi setelah itu hingga kini hari ke 12 kog belum berhenti kenapa ya Dok? kalau minum obat peke apa ya Dok?kasian bener saya ngrasainnya?karena sampe pusing n mual2 gitu…tolong saranya saya tunggu bgt ya Dok…Tk

    • bote says:

      Pak Wahyu,
      Coba konsultasikan lagi kondisi istri anda ke dokter kandungan istri.
      karena jika perdarahan terus terjadi sampai hari ke-12 pasti ada sesuatu.
      Tentu saja pusing karena mungkin Hb jadi rendah.
      Saya tidak bisa memberikan obat jika belum tau penyebab perdarahannya, Pak Wahyu.
      Karena setiap penyebab memerlukan obat yang berbeda2.
      Semoga tidak ada suatu kelainan ya Pak.
      Salam

  8. fitri says:

    ass. dok, saya fitri 30 thn. saya sudah 1 thn menikah tapi belum dikaruniai anak. hasil tes laboratorium pada hari ke 10 haid TSH 2,03. Free T4 13,64. Toxoplasma Ig G negatif 0. toxoplasma Ig M negatif 0,01. Rubella Ig G positif 170. rubella Ig M negatif 0,18. FSH 7,16. LH 6,93. prolacin 16,44. Estradiol 75,26. dari hasil pemeriksaan terebut yang manakah yang tidak normal sehingga saya sulit memperoleh anak. mohon sekali bantuannya dok.

    • hesti says:

      Assalamualaikum dr,
      saya hesti 30 dan suami 33thn. kami sdh 1.5thn menikah dan blm d beri momongan. sy sdh k dokter spog dan diagnosa pco dan d beri obat vitamam, seloxy dan metformin, slain itu jg diminta u cek hrmon, dan hasilnya prolaktin 7 ng/mL dan progesteron 26.49 ng/mL (cek lab h21).
      yg ingin saya tanyakan :
      1. mnurut yg prnah sy baca, u progesteron dgn nilai > 25 kemungkinan hamil, tp kenapa
      hari ini saya bercak2 spt haid.
      2 sy jg diminta cek HSG oleh dr. spog saya, tp sy takut krn mnurut teman justru hsg ma-
      lah membuat susah hamil, apa benar?? sbnarnya efek samping dr HSG itu apa??
      3 knapa smenjak h21 – hr ini bercak2. prut bawah sy sakit spt PMS.. menurut org 14
      hr sblm haid, rasa sakit d bag bawah perut menandakan masa subur, apakah itu bnar?

      terima kasih atas jawaban dr.

      • bote says:

        Dear Hesti,
        Kadar Prolaktin dan Progesteron Hesti bagus, normal.
        1. Progesteron diatas 10 ng pada h21, menunjukkan bahwa telah terjadi OVULASI, bukan KEHAMILAN. Artinya siklus haid Hesti normal, siklus yang berovulasi atau mengeluarkan sel telur. Tapi apakah telur itu dibuahi oleh sperma, kita belum bisa tau.
        2. Banyak hal yang mempengaruhi infertilitas, atau belum terjadinya kehamilan setelah 1 thn menikah. Diantaranya adalah Patensi tuba. Tuba atau saluran telur berfungsi mengantarkan sel telur bertemu dengan sperma. Dan mengantarkan zygot yang terjadi akibat menyatunya sperma dan ovum ke dalam rahim kembali untuk menempel pada dinding rahim dan terjadilah kehamilan.
        Bisakah itu terjadi jika saluran telur tersumbat atau tidak paten ?
        Tentu saja tidak, sayang.
        Karena itulah perlunya Tes HSG. Efek samping mungkin mules saja. Jadi jangan takut untuk tes HSG ya ?

        3. Hesti memang pandai, betul rasa sakit dibag bawah perut pada pertengahan siklus, memang salah satu tanda terjadinya ovulasi, atau pengeluaran sel telur. Merupakan tanda bahwa saat itulah masa subur, sehingga persilahkan sperma untuk masuk, dan mencoba peruntungannya.
        Oke ? GoodLuck.

        Jangan lupa untuk periksa analisa sperma dari suami ya ? untuk mengetahui kondisi sperma suami.
        Salam. :)

  9. terra says:

    Dear Dr Bote

    saya perempuan usia 28 tahun, baru menikah 3 oktober 2009, pada tanggal 25 september 2009 sy haid selama 7 hari, setelah haid sy selesai pada hari ke-8 timbul flek berwarna pink – kemerahan, sy pikir itu masih dlm proses haid, 2 hari kemudian flek bersih dan saya berhubungan dengan suami, sejak saat itu saya selalu mengalami flek pink-kemerahan terus menerus hingga saat ini sy menulis email ini, meskipun begitu untuk haid saya tetap normal dgn siklus 28hr dan keluar darah haid seperti biasa,hari k-5 haid seperti biasa darah yg keluar tinggal sedikit,kemudian kembali lagi dengan flek pink kemerahan tersebut. awal november 2009 sy cek ke dr kandungan dilakukan transV,dan katanya rahim saya normal/bagus,menurut dr tsbt saya hanya mengalami gangguan hormon (sy agak sedikit gemuk) dan diberi obat cycloprogynova (minum hari ke-5 haid) untuk 2 siklus,glucophge dan vitamin. pd tgl 21Nov09 sy haid dan saya minum cyclo pd hari ke-5 kemudian haid saya bersih pada hari 7, kemudian sy berhubungan dengan suami pd hari ke-8 & 10 (dlm kondisi sdh bersih haid & flek), dan setelah itu saya kembali mendapatkan flek pink kemerahan kembali. Dr, yg ingin sy tanyakan, apakah kondisi sperti ini merupakan penyakit? apakah sy masih bisa berhubungan dng suami & kemungkinan hamil pada kondisi spt ini?, apakah kondisi sy bisa normal kembali, kira2 butuh waktu brp lama?.saya benar2 bingung dok.

    atas jawaban dan informasinya saya ucapkan banyak terimakasih

    salam
    plati

    • bote says:

      Dear Terra,
      Apakah sudah dilakukan pemeriksaan pada cerviks / mulut rahim Terra ?
      karena flek2 yang terus menerus terjadi setelah coitus ( berhub sex dg suami ) bisa terjadi jika cervks ada polip atau suatu peradangan.
      Waktu Terra periksa dengan dr kandungan Terra, selain dilakukan USG, apakah Terra diperiksa kondisi genitalia interna dan eksternanya ? Periksa dalam dengan alat spekulum ?
      Kalau memang sudah, barangkali memang hormonal.
      InsyaAllah bisa hamil Terra, jika faktor ovulasi tetap terjadi, dan sperma juga dalam kondisi baik.
      Salam :)

  10. Emanz says:

    Ass… Dokter Bote..

    salam kenal dok… saya Rajiman suami dari Mensia, hari Rabu kemarin saya baru nganter istri saya untuk periksa pertama kehamilan pada dokter… terus terang saya agak gugup menyambut kehamilan anak pertama saya… karena saya betul2 awam tentang dunia kedokteran dan segala istilah2nya.. untuk itulah saya cari2 artikel tentang kehamilan… dan syukur Alhamdulillah saya ketemu dgn blognya dokter… wah seneng banget .. saya minta izin untuk save artikel2 yang dokter tulis… biar bisa dibaca offline… boleh kan dok…?? terima kasih sebelumnya…
    :) :) :)

    • bote says:

      Waalaikum salam, Pak Rajiman.
      Silahkan jika ingin di save. Semoga kehamilan Bu Mensia selalu sehat. Saya senang jika artikel2 ini bisa bermanfaat.
      alhamdulillah.
      Salam buat ibu. :)

  11. rini says:

    siang dok,
    aku boleh curhat sekaligus nanya ya… :lol:
    bulan juli kemarin, aku usg transv karena aku ingin memiliki momongan. dokter blg, kemungkinan ada sesuatu di rahimku. rahimku besar.
    pertengan nov lalu, perutku keram seperti mau datang bulan, badan tidak enak, rasanya semua sakit. aku tespek hasilnya -. selama ini kalo mau datang bulan, tidak pernah sakit. kalo ini, aku sampai susah melangkah.
    lalu aku n suami ke dokter (dokter yang beebeda dari bln juli). ternyata, memang benar rahimku mengalami pembesaran (8,49 x 8,6 x 9,66). dokter mengatakan ada miom di rahimku. hanya beliau perlu waktu 3bulan lagi untuk memastikan perkembangannya.
    namun, sudah 2 minggu lebih aku mengalami flek. meskipun kadang hanya di pagi hari or siang or malam (tidak seharian). karena aku pikir hanya flek sedikit, aku tetap melalukan hubungan intim karena aku sangat ingin sekali memiliki anak. menurut dokter, apa yang harus aku lakukan :cry:

    • bote says:

      Dear Rini,
      Mengingat Rahim Rini yang memang membesar, kemungkinan bisa ada mioma atau adenomiosis.
      Apakah Rini pernah melakukan Tes HSG ? untuk melihat patensi tuba (ke dua tuba baik fungsinya)
      Jika belum, saya sarankan untuk HSG atau HisterosalphingoSonoghraphy.
      Tuba yang tersumbat karena adanya mioma, membuat sperma tidak akan sampai pada ovum.
      Sehingga, yang harus dilakukan adalah mengangkat mioma itu dulu.
      Kehamilan setelah pengangkatan mioma, bisa terjadi sampai 80% lho…
      Tapi jika mioma kecil dan tidak mengganggu patensi tuba, dievaluasi sesuai dengan saran dokter kandungan Rini.
      Mungkin ada faktor lain yang membuat kehamilan sulit terjadi, sebaiknya bisa dilakukan bersamaan, analisa sperma dari suami.
      semoga bisa membantu Rini mengerti. Salam :)

  12. RENATA says:

    Dear Dr. Bote..

    saya 27 th, TB: 165; BB : 56;sudah menikah 1 th, saya di vonis POC 5 bulan yg lalu, sdh melakukan terapi hormon selama 4 bulan dg Metformin, Yasmin , Isprinol tetapi tdk ad perubahan yg signifikan, telur masih kecil, saat ini sya menghentikan pengobatan, dan sudah 3 bulan ini sya tdk haid mungkin hanya flek sedikit sekali 1-2 hari. Yang ingin sya tanyakan dok..
    1. Apabila sya tdk melakukan terapi hormon lagi apa ada cara utk memperoleh keturunan dok, sya sudah capek minum obt stp hari.
    2. Dulu setiap 2-3 hari sebelum haid, keluar endapan putih,kecil2, tdk berbau (seperti nasi) apakah ini merupakan endapan sperma suami saya dok??apakah berbahaya atau tidak??

    Mohon bantuannya dok.
    Thanks.

    • RENATA says:

      dok..pertanyaan saya kok ngga dibales?? please dok… :cry:

    • bote says:

      Dear Renata,
      Kalau boleh tau, berapa Berat badan dan Tinggi badan ?
      Apakah masih proporsional ?
      Kalau misalnya BMI (Body Mass Index) Ren diatas normal, bisa overweight atau obesitas, sebaiknya sambil diet dan olah raga untuk menurunkan BB.
      Tapi jika BMI masih normal, harus dicari penyebab tidak matangnya folikel telur dari Ren.
      Banyak faktor penyebab, adakah gangguan di hipotalamus atau hipofisis otak ? atau ovarium yang tidak respon dengan pemberian hormonal terapi ?
      Bisakah Ren cek profil hormonal ? coba periksa kadar LH, FSH, E2, Prolaktin, Testosteron
      kalau sudah ada, kirim ke saya lagi ya ? nanti kita analisa sama2, kenapa tidak ada ovulasi yang terjadi.
      Oke ? jangan ngambek lagi yaaa…. kan sudah dibalas… :)

      • RENATA says:

        Alhamdulillah dibales juga :) , Berat Badan saya 55 kg dg tinggi badan 165, dokter yg sebelumnya bilang tdk perlu periksa lab (kadar LH, FSH,dll) karena menurut beliau kadang tes lab tdk akurat srg berubah2, beliau hanya melihat dari hasil USG saya aj, menurut beliau ovarium saya tdk merespon hormonal terapi, dan sampai skr saya hanya flek aja.
        Gimana ya dok, apa yg harus saya lakukan lagi??saya ingin cepat momongan, tetapi suami karena kasian melihat saya bolak balik ke RS katanya tdk usah terapi dulu karena baru 1 th. menikah.
        Btw dok pertanyaan yg no. 2 kok ngga dibales ya dok ??
        Mohon bantuannya lagi.
        Thanks. :D

        • bote says:

          Dear Renata,
          BMI normal ya, masih proportional.
          Jarang sekali PCO menetap dengan BMI yang normal, apalagi tanpa stress. Tidak konsumsi herbal maupun obat2an seperti obat diet kan ?
          Barangkali hanya suatu kondisi sesaat, Renata.

          Coba dilihat 3 siklus kedepan ya…
          Yang harus diingat, tidak boleh stress, betul suami, kan masih setahun, jadi dinikmati aja.
          Jika masih belum hamil juga, segera konsultasi dan dilakukan work up yaa…

          salam :)

  13. linche says:

    nama saya linche saya penderita mola awal mola saya bhcg mencapai >300.000, setelah terapi 8 sesi dengan mtx 25mg, sebanyak 5x dalam satu sesi menjadi normal ( bhcg 3,74) setelah itu berhenti kemo atas perintah dokter , setelah 1 bulan saya cek bhcg saya , ternyata naik menjadi 12,15 . yang saya mau tanya apa saya tetap harus kemo lagi dengan obat dan kadar yang sama atau lebih baik saya kemo dengan dosis yang lebih tinggi ya dok.
    terima kasih atas jawabannya :lol:

    • bote says:

      Dear Linche,
      Kadarnya sih msh tetap rendah
      Coba di cek 1 bulan lagi ya..
      Boleh juga diulang USG 1 bulan lagi, utk memastikan uterus atau rahim sudah bersih. Ф Ќ ξ √ ?
      Salam :)

  14. Andre says:

    Ass…
    Dr. Bote

    Dok,
    Saya Andre, 6 bulan menikah, tetapi masih belum mau punya anak karena istri saya masih terikat kontrak kerja…

    Saya Terakhir brhubungan dengan istri saya tanggal 3 Desember dan itu cuma petting dan kepala penis tidak menyentuh vagina (hanya batang) dan waktu ejakulasi, sperma jg tidak mnyentuh vagina…
    Tapi pada saat istri saya hendak berdiri, saya khawatir bibir vaginanya menyentuh sperma yg ad di paha saya (tapi saya jg tidak yakin vaginanya menyentuh sperma).

    Catatan:
    Pada tanggal 5 desember, kira2 47 jam stlh brhubungan pasangan saya minum 1 tablet pencegah kehamilan postinor-2 dan 12 jam kemudian minum 1 tablet lagi…

    Ap ada kemungkinan hamil dok??
    Bagaimana cara mencegah kehamilan dok?

  15. Andre says:

    O iya,,
    Sebagai tambahan, istri saya mulai haid tgl 16 november dengan siklus haid antara 24-29 hari…

    Mohon penjelasannya dok? Kami belum mau punya anak sampai kontrak kerja istri saya habis akhir tahun depan…

  16. iskandar says:

    Mau tanya dok,
    Saya dan istri dah menikah 5 tahun, tahun 2007 istri di operasi LAPARASCOPI di pusat infertilitas RSU dr.Sardjito DIY, dari hasil operasi, ternyata ke 2 saluran tuba istriku tertutup, dan dokter sudah melakukan peniupan 2 kali, 1 dengan udara, yg ke 2 dengan cairan warna biru, tapi gagal semua. Kata dokter kami harus bayi tabung. Aku bingung dok…karena dari beberapa pasien yang mengalami hal serupa, tidak hanya 1 ato 2 kali bayi tabung. Apa ada cara lain selain bayi tabung dok untuk membuka penutupan saluran tuba, soalnya biayanya sangat mahal, dan untuk ukuran kami tidak kuat biayanya, terima kasih.

    • bote says:

      Hai, Pak Iskandar
      Laparaskopi merupakan pemeriksaan final dan gold standar utk memastikan patensi tuba, atau utk mengetahui fungsi tuba.

      Saya turut sedih, krn memang satu2nya kesempatan adalah bayi tabung, jika tuba tidak berfungsi.
      krn bagaimana sperma dan ovum bisa bertemu ?

      Ada sedikit kabar baik, di surabaya, RS dr. Soetomo ada suatu program : Friendly IVF. Yaitu program murah bayi tabung, thn lalu sekitar 20-30 jt. Coba bapak check lagi. Apalagi jika kerusakan hanya di tuba, biasanya tidak terlalu banyak obat2an hormonal yg dibutuhkan. Krn pada program IVF yg mahal adalah obat2annya .

      Mungkin hanya ini yg bisa saya bantu, silahkan dicoba Pak Iskandar

      Salam

  17. yuli says:

    Dear dokter

    umur saya sekarang 30 th dan sedang hamil anak pertama usia kehamilan 35 minggu, saya menderita ambeian eksterna sudah 3 th, alhamdulillah krn sering makan makanan berserat BAB lancar dan tidak kambuh, tapi tetap menonjol keluar, yg ingin saya tanyakan adalah apakah saya bisa melahirkan secara normal bu dokter? terima kasih atas jawabannya bu dokter :D .

  18. linche says:

    dear Dr. Bote
    terima kasih atas jawabannya.
    saya mau tanya nih dok, pada kadar berapa ya ( level b-hcg ) yang bisa dikawatirkan sudah pada level ‘kuning’ karena saya kira sudah sembuh tapi ternyata setelah satu bulan tidak kemo koq naik lagi.mengigat b-hcg saya dulu mencapai > 300.000. jadi stress nih dok koq ada ya penyakit yang bandel spt ini.
    ada obat atau vitamin lain ga ya dok yang bisa bantuin mati’in penyakitku.
    apa minum yasmin bisa membantu mengkeringkan penyakitku?
    terima kasih ya dok atas jawabannya, sudah stress berat nih

  19. andra says:

    Selamat sore dok, saya mau nanya dok.. Apakah hub petting dengan memakai pakaian komplit dpt mengakibatkan kehamilan? Saya saat itu dengan cd dan boxer.. Dan pasangan saya memakai cd dan carefree.. Apakah bisa trjadi? Psangan saya mrasakan basah yg brlebihan di daerah vaginya.. Trima kasi dok.

  20. Haziana says:

    Salam,

    Doktor, saya telah 3 kali keguguran. paling lama janin bertahan adalah selama 2 bulan tetapi terpaksa D + C kerana janin tidak membesar. apakah yang menyebab saya sering keguguran? for yr info, saya telah menjalani pelbagai ujian kesihatan tapi saya tidak ada sebarang penyakit. sekarang saya rasa saya mengandung semula kerana sudah lewat seminggu. sepatutnya saya period 5/12/2009. yg merungsingkan saya terdapat darah cokelat apabila saya calit dengan tisu dan darah ini tidak mengalir keluar. adakah ini tanda untuk gugur lagi?? apa yang perlu saya lakukan doktor??? saya terlalu inginkan anak.

    • hesti says:

      Dear dokter,
      Terima kasih atas jawaban sblmnya.

      Mo tanya lg nih dok, jumat kmaren h10 akhirnya saya cek HSG…alhamdulillah tdk bgtu sakit, malahan malamnya sy bhub dgn suami :D ….tp kok stlh hsg bercak2 spt haid keluar smp 3 hr, apa itu tdk papa??atau stlh hsg mmg blm boleh u bhub dulu ya u bbrp hr??oh ya hasil hsg : kavum uteri baik dan kedua tuba paten..tp radiologistnya bilang rahim saya terlalu dekat..apa itu tdk papa dr??apakah gaya dlm bhub dlm kasus saya jg mpengaruhi??

      Suami jg sdh cek sperma hasilnya normozoospermia, namun sperma yg bergerak sgt cepat hasilnya rendah yaitu 30 dr nilai rujukan 45-65…apakah dgn nilai rendah spt itu sperma msh bs u mbuahi??adakah makanan/minuman agar kualitas geraknya bs lebih naik lg dok??

      dsog saya hny mberikan metformin, seloxy, vitamam..dan suami bio atp dan dalfarol. Menurut dsog saya pberikan vit. spt itu sj sdh cukup…ya moga2 aja x ini sukses, doakan ya dok.. :D

      Trima ksh atas jwbnya.

  21. chacha says:

    assalamualaikum, dokter, saya wanita usia 27 tahun, sdg mengandung anak pertama. sedang msh gadis haid saya mmg tidak teratur sehingga sulit menentukan hpht,ttp berdasarkan usg usia anak saya sekitar 12 minggu. tp ketika usg kmrn, dokter mengatakan yolk sac nya msh ada, shg ada kemungkinan kelainan kongenital antara lain down sindrome. bisa saya minta tolong penjelasan lebih lanjut ttg itu? sbgi informasi, saya seorang dokter umum, tp saya tdk tll mengerti ttg yolk sac sendiri scr mendetail.

    terima kasih sebelumnnya

    wassalamialaikum, wrwb

  22. Bil says:

    Siang dok maaf kalau mengganggu waktunya,mau tanya istri saya bulan oct kemarin keguguran dan dokter tidak menyarankan kuret hanya makan obat dan setelah di usg udah bersih dan boleh hamil lagi,nah kami langsung berhubangan tapi tiap kali tidak saya masukan sperma saya,pertanyaannya udah hampir 2bln kenapa istri saya belum datang haid,apakah dengan berhbngn tanpa masukan sperma pun bs hamil dok?
    Makasih dok mhn jawabannya ya sukses trus

    • bote says:

      Hai Bil,
      Sebaiknya istri segera di periksakan ke dr kandungan, untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak. Jika tidak terjadi kehamilan berarti ada suatu masalah mungkin yang menyebabkan tidak terjadinya suatu siklus yang berovulasi.
      Salam

  23. novi says:

    Selamat pagi dok,

    udah lama saya ga konsultasi lagi sama dokter. dok, saya kan setiap bulan selalu datang bulan lebih awal 3 hari. bulan november saya haid tggl 27, utk bulan desember perkiraan saya tanggal 24-27. tadi saya coba2 test kehamilan dgn test pack, karena sudah dua hari ini saya ga enak badan terus mual dan bab terus, ternyata hasilnya positif dok.
    apa ada kemungkinan kalo test pack bisa keliru dok? saya ingin periksa ke dokter, tapi menurut suami saya lebig baik nanti saja kalo memang benar2 terlambat datang bulannya. tapi yang pasti saya dan suami saya senang sekali jika saya benar2 hamil dok.

  24. Dewi says:

    Dear dr.,

    Saya mau tanya dok. Saya sudah menikah selama 9 bulan dan sampai sekarang belum hamil. 1 bulan pertama pernikahan saya mengkonsumsi pil KB Diane 35. Tetapi bulan berikutnya saya hentikan konsumsinya.

    3 bulan kemudian, saya mengalami telat haid selama 3 minggu. Selama telat tersebut saya tiga kali melakukan test kehamilan. Hasilnya dua kali negatif. Tetapi pernah satu kali hasil test saya samar, jadi satu garis tebal dan satu garis lagi samar. Malam sebelum test saya berhubungan dengan suami.

    Yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apakah konsumsi pil KB pada awal pernikahan menyebabkan saya sulit hamil?
    2. Bila malamnya berhubungan dengan suami, apakah mungkin tes kehamilan akan menunjukkan 2 garis tetapi yang satu samar meskipun saya sebenarnya tidak hamil? Karena saya pernah mendengar meskipun tidak hamil test kehamilan dapat positif bila malamnya berhubungan.

    Terima kasih, dok.

    • bote says:

      Dear Dewi,
      1. Konsumsi pil KB sama sekali tidak membuat kehamilan menjadi sulit. Apalagi hanya 1 bulan.
      2. Tentu saja tidak ada hubungannya sayang, berhubungan dgn suami di malam sebelum tes pack tidak akan mempengaruhi hasil dari test itu sendiri. Karena tes kehamilan merupakan hasil dari kadar hormon B- HCG yang terdapat di urine wanita hamil.
      Jadi tidak usah khawatir ya…
      Baru 9 bulan kan ? dinikmati dulu, gak usah stress ingin cepat2 hamil… malah mengganggu ovulasi atau keluarnya sel telur nanti.
      Jika sudah 1 tahun belum berhasil juga, baru mulai konsultasi yaa….

      Salam :)

      • fitri says:

        Dear dokter Bote,

        Saya mau tanya, saya sudah menikah 2,5 th, dan umur saya skrg 32 th.1 minggu kemarin, saya menjalani laparoscopy, kata DSOG nya, saluran saya terbuka, cuman beliau menyarankan untuk penyinaran. sebenarnay apa yg terjadi dok?dan penyinaran itu sakin ndak dok?saya kontril msh minngu depan, jdi blum tau banyak tentang penyinaran itu.Mohon bantuannya dok.Terimakasih banyak.

        • bote says:

          Dear Fitri,
          mungkin sudah kontrol yaa ?
          Kemungkinan Fitri mengalami hidrosalping, tuba yang membesar karena proses infeksi.
          Infeksinya sudah selesai, sisanya yang membuat fungsi tuba mungkin jadi kurang bagus.
          Diatermi atau penyinaran tidak sakit. Malah jadi terasa nyaman.
          Setelah dilakukan diatermi, nanti di evaluasi ulang laagi, Fitri.
          Semoga cepat dapat momongan ya Fit… :)

      • Dewi says:

        dear dr. Bote yang baik,

        dokter alhamdulillah bulan ini aku positif hamil. Tapi dok, tadi siang waktu buang air kecil ada serabut seperti keputihan tetapi berwarna coklat kehitaman. Sorenya, waktu buang air kecil lagi, lendir keputihannya berwarna coklat. Kira-kira kenapa ya, dok? Apakah berbahaya? Saya khawatir karena ini kehamilan pertama saya setelah saya tunggu-tunggu selama 9 bulan.. :D Saya belum sempat periksa ke dokter, karena hari ini praktek dokter tutup. Sebelumny terima kasih atas jawabannya ya dok.

        Salam hangat,

        Dewi :)

  25. dian says:

    Assalammualaikum Dok

    Saya pernah mengginakan KB spiral Mirena, setelah 3thn penggunaan sepertinya sy tdk cocok krn sering sakit kepala, Rambut rontok dan tdk mens. Lalu atas saran dr kandungan lbh baik di lepas, Memang setelah lepas sy merasa lbh nyaman.
    Yang ingin sy tanyakan kira2 KB apa yg sekiranya cocok bt sy, dr menyarankan utk KB spiral biasa namun sy msh agak trauma dgn sakit kepala yg hebat itu, kemudian beliau menyarankan PIL KB Yasmin, Kl menggunakan Pil Yasmin apakah bs menambah napsu mkn sehingga bb naik ?
    Perbedaan yasmin dgn diane apa ya dok ?

    Terima kasih atas bantuan Dokter.
    Wss

    • bote says:

      Dear Dian,
      KB mirena, merupakan IUD dengan hormonal. Biasanya diberikan jika IUD saja ternyata gagal, atau pasien dengan suatu gangguan hormonal, perdarahan yang terus menerus.
      Jadi saran saya, Dian menggunakan IUD atau spiral yang biasa saja tanpa hormonal. Bisa Nova T atau Cu T.
      Insya Allah akan haid seperti biasa dan tidak sakit kepala.
      Pil KB yasmin, tidak membuat gemuk. Perbedaan kandungan hormonal yang ada didalamnya antara Diane dan Yasmin.
      Diane ada antiandrogeniknya, sehingga tidak berjerawat.
      Salam :)
      wass wr wb

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-? :) :( :!: 8-O 8)