dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
Ask Bote

Di halaman ini aku mau melayani keinginan pembaca atau sahabat yang hendak berkonsultasi denganku mengenai kesehatan khususnya seputaran kehamilan..

Aku akan berusaha menanggapinya sesuai dengan kemampuanku dan waktu yang tersedia.

Silakan posting melalui isian formulir komentar dibawah.  Jika ada pertanyaan lanjutan, jangan membuat komentar baru, tapi lakukan dengan mengklik reply pada kotak komentar/jawaban dari saya. Ini agar memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan2 berikutnya pada topik yang sama.

Salam.

1,387 Responses
  1. Nie says:

    salam dok
    saya 30 th rencana hr ini mo HSG tp pagi hari saya ada flek. ini hari ke 10 dari hari haid saya. Saya ga tahu apakah ini sisa haid ato apa coz bln kemarin jg saya ada flek pada hari ke 12 masa haid. Boleh ga melakukan HSG jk pagi harinya ada flek berhubung HSG akan dilakuakn sore……mohon jawabannya….terimakasih……. :wink:

  2. shen says:

    MLM DOK SALAM KENAL
    maaf dok saya mau tanya,temen saya nanya mereka dah lama menikah sekitar 4th,tpi belum dikaruniai anak,dan kemarin istriny sempet tidak haid selama 25 hari dan ternyata hari ke 26 istrinya haid,mereka dah seneng dikira hamil ternyata hari ke 26 haid,itu penyebabnya ke napa ya dok,ko bisa telah haid selama itu.terima kasih sebelumnya,kirim jwbannya ke email saya ya dok,to sms ke 081807231123,s saya shen.

  3. Pocahontas says:

    Assalamu’alaikum.. Dok, saya baru mempunyai anak berumur 6 bulan.

    Sejak menikah, saya langsung hamil dan melahirkan secara normal.

    Saya lupa ada berapa jahitan yang saya alami, tetapi vagina saya digunting dan dijahit luar dalam.

    Saya berhubungan intim lagi setelah anak berumur 3 bulan. Tapi terasa sakit di vagina hingga sekarang.

    Saya jadi malas ‘melayani’ suami. Ditambah lagi, jika posisi duduk saya dengan 1 kaki disila dan 1 kaki lainnya dilipat ke atas, maka vagina saya seakan terbuka dan terasa bengkak.

    Begitu juga saat BAK (Buang Air Kecil), vagina terasa teriris.

    1. Apakah penyebab rasa sakit itu?
    2. Bagaimanakah solusi atau penjelasan dari Anda?

    Saya berharap besar kepada Anda untuk keutuhan rumah tangga saya.

    Syukron. Wassalamu’alaikum.

  4. Arifah says:

    Assalamualaikum, selamat malam dok..

    Saya arifah, pernah periksa sama dokter dibulan februari di RS Tambak. Waktu itu saya periksa kehamilan pertama setelah hasil test pack positive.
    Tapi dibulan ke-2 saya pindah rumah ke bekasi dan berhenti bekerja. Maka saya pindah RS didekat rumah.
    Pada usia 12 minggu saya pendarahan hebat selama 2 hari dan pada akhirnya keguguran dok, diagnosisnya karena janin tidak berkembang.
    Saya menjalani kuretase pada tanggal 21 april 2010.
    Setelah itu pendarahan sedikit, hanya 3-5 hari.
    Pada hari ini atau tanggal 25 mei saya menstruasi, tp hanya keluar seperti flek coklat dan tdk mengeluarkan darah seperti mens normal. Apakah itu normal utk orang yang habis kuret?
    Dan apakah saya bisa program hamil kembali bulan depan? Karena kami menikah sudah cukup lama dan suami menginginkan anak sekali.
    Omong-omong dok, tulisan anda bagus sekali. Saya seorang jurnalis dan saya suka tulisan anda :)
    Salam…

  5. efi says:

    Salam dok,

    Saya belum nikah, umur saya 24 thn. Saya mu tanya, haid saya tidak teratur dan warna darah nya hitam, itu kenapa ya dok??,, saya jadi hawatir kalau nanti saya sudah nikah dan hamil takut bermasalah.. terimakasih dok.

  6. kucing super says:

    Halo dok, br saja td pagi saya cek HSG dan hasilnya:
    1. canalis cervicalis tidak rata, dengan penebalan2 mucosa
    2. passase kontras lancar ke cavum uteri
    3. cavum uteri dalam batas normal
    4. kedua tubae terisi kontras sampai ampula, arahnya agak ke cranial, tidak tampak spill

    kesan:
    1. irregularitas canalis cervicalis uteri
    2. kedua tubae nonpatent

    bisa tolong dijelaskan yah dok.. terimakasih banyak sebelumnya

  7. tika says:

    saya sudah menilah 4,5 tahun dan belum memiliki anak…2 minggu yang lalu saya melakukan pemeriksaan HSG dan hasil nya adalah obstruksi total tuba kiri dan kanan,dinding tuba sudah menipis…kata dokter 1 saya harus di hidrotubasi dan kata dokter 2 saya harus di laparascopy diagnostik,kata dokter 3 saya harus operasi adhesiolisos.,,saya bingung,dokter mana yang harus saya pilih ?? apakah dengan kondisi tuba saya yang demikian memungkinkan saya hamil walaupun dengan cara inseminasi dan bayi tabung ???mana yang paling aman dan efektif mengingat umur saya sekarang 34 tahun..penyebab obstruksi itu apa dok ??? trimakasih dok…

  8. Sam Byan says:

    Selamat sore, dok
    Pacar saya haid hari pertama tgl 4 Mei dan bersih 3 hari kemudian. Menurut pacar saya tsb, haidnya sering tidak beraturan (kadang 2 bulan sekali juga); tapi dia tidak ingat kapan haid siklus sebelum-sebelumnya. Pada tanggal 11, kami kelepasan petting hingga terjadi hubungan. Pada semburan pertama, penis saya masih di dalam (tidak terlalu yakin juga), tapi segera saya tarik keluar untuk mencegah pembuahan. Pada tanggal 19 Mei sekarang, di tes dengan ‘Sensitif’ hasilnya ‘positip’. Yang menjadi pertanyaan saya mungkinkah hasil tes tersebut salah? Kemudian, apakah tanggal 11 (selisih 7 hari dari haid hari pertama) bisa subur?
    Terima kasih atas jawabannya, dok…

  9. Titik says:

    Dok. saya lajang usia 31 thn. Saya sering sekali terlambat haid. padahal tidak melakukan hubungan intim. jika haid hanya sedikit dan paling lama cuma 3 hari. terakhir saya haid tgl 5 April 2010. dan skrg tgl 18 Mei 2010 saya belum juga haid.
    Pertanyaan saya :
    1. apakah ini wajar dok ?
    2. jika tidak wajar, apakah dokter ada solusi/ resep obat yg harus saya konsumsi agar haid saya normal ?
    trims.

  10. Echi says:

    Dokter yang baik,

    saya mau tanya, apakah penggunaan salep anastesi seperti lidokain aman digunakan di alat kelamin dok, khusunya vagina? atau mungkin ada merek lain yang lebih aman? adakah efek sampingnya? mohon jika tidak keberatan dokter menjawab pertanyaan saya. Terimakasih.

  11. Errin says:

    Dok, saya mau tanya bbrp mgg yg lalu saya sempat terkena flu & batuk..saya sampai 2x ke dokter krn flu tdk sembuh2 dan batuk yg mulai berdahak akhirny dr. SPOG memberikan rhinofed, bisolfon syrup & cefspan 50..yg saya mau tanyakan apakah antibiotik cefspan 50 itu aman untuk kandungan dbwh 3 bln?
    yg kedua apakah CDR untuk tulang boleh dikunsumsi oleh ibu hamil walaupun sudah diberikan vitamam & seloxy? mohon petunjuknya Terima kasih.

  12. rona says:

    dok, saya mw tanya nich…
    bulan kmrin saya haid tgl 14/04/10. stlh selesai haid, dlm rentang wktu akhir april sampai minggu kedua bulan mei, saya ada minum jamu rapet wangi. dan karena seharusnya saya haid bulan mei tgl 11 mei, bbrpa hari sebelum dan sesudahnya saya minum obat pelancar haid.
    tetapi saya jg tidak haid bulan ni. ternyata setelah saya tespek, hasilnya 1 garis merah terang dan 1 garis merah kabur/samar2. berarti posifif hamil kan dok??
    yg mw saya tanyakan apakah obat pelancar haid dan jamu rapet wangi yg saya minum selama masa pembuahan dan kehamilan 1-4 minggu (yg tadinya saya tdk tw klw ternyata akan hamil) dapat berakibat buruk pada janin di perut saya?? apakah akan menyebabkan cacat/kerusakan pada janin?

  13. ega says:

    Dear Dr. Bote…

    Mo tanya2 nie… :D Langsung ajah yach..

    Dok, tgl 11/5/10 kemarin istri saya pakai testpack dan hasilnya positif. Istri trakhir dapat haid tgl 18/4/10. Yg mau saya tanyakan, apakah msh bs dilunturkan..?? Soalnya, anak pertama kami baru berusia 1 tahun. Takutnya anak pertama nanti kurang perhatian karena kami sama2 kerja. Sebenarnya kami berencana akan punya momongan lagi nanti setelah anak pertama berusia 5 tahun.

    Sebelumnya istri memakai KB suntik. Tp kemudian dilepas karena bikin lemes dan pegel2. Akhirnya kami shingga menggangu aktivitas kerjanya. Dan akhirnya memakai KB kalender. Bukannya gak mau atau menolak rezeki Tuhan dok.

    kalo dikasih renodiol, bsa melunturkan kandungan ga ya dok? Trus ada efek samping nya dok? Apa ada cara lain dok untk memancing datang nya haid?

    maksh dok!

    • wafi says:

      sebelumnya maaf,saya adalah ibu dari 1 org anak laki2 umur 3,5 tahun,kami sama2 bekerja. tapi kami sangat ingin menambah momongan,wktu anak saya umur 2 tahun saya hamil, bahagia sekali, wlpun keadaan keuangan kami sangat minim, tapi kami yakin Allah memberi kami anak krn kami sudah siap. tapi apaboleh buat saat usia 3 bulan dalam kandungan ternyata Allah berkehendak lain, saya keguguran karena saya mengidap diabetes. dan sekarang belum hamil hamil lagi. jadi syukurilah selagi masih diberi kesempatan hamil. kalau sudah seperti saya sediiiih bgt rasanya. I.Allah ada ada rezeki untuk anak kl di tambah lg. dan menggugurkan kandungan adalah dosa besar mb, dia akan menuntut kita di akhirat nanti. sedangkan punya anak adalah aset kita disurga. semoga bermanfaat.

  14. Yanti says:

    Saya sudah menjalani inseminasi. Sebelum insem, oleh dokter saya diberi ovidrel untuk memecah folikel. Setelah insem, saya diberi pregnyl. Dari tulisan2 yang saya baca di internet, pregnyil itu adalah untuk merangsang ovulasi. Pertanyaan saya,
    1. kenapa setelah inseminasi saya diberi pregnyl yang berfungsi untuk merangsang ovulasi?
    2. Mungkinkah pregnyl itu mempunyai fungsi lain selain sebagai perangsang ovulasi? Untuk apa?

  15. lyean says:

    dear dr. Bote
    Saya menikah tgl 06 agustus 2009 tapi sampai skrg blm ada tanda2 hamil,saya dan suami sudah cek ke dokter kandungan dan kami berdua sma2 dinyatakan sehat.mslhnya sejak kecil saya suka kucing dan smpai skrg msh memelihara kucing.dokter kandungan saya belum menyarankan utk tes tokso apakah saya hrs tes tokso sendiri dok?terima kasih.

  16. fatin says:

    ass

    dok, umur saya 28 tahun tinggi 163 berat 61 kg,saya telah menikah lebih dari satu tahun 8-O , saya baru saja periksa FSh dan LH pada Follicular Phase dengan hasil :arrow: FSH 6,50 dan Lh 12,49

    1. apakah dengan terapi profertil saja bisa menimbulkan kehamilan???atau diperlukan obat yang lain (kalau diperlukan obatnya pa dok) :?: :?:

    2. adakah cara alami menormalkan LH :?: :?:

    saya tunggu jawaban dokter..Terimakasih :)

  17. kiki says:

    Dear Dokter bote

    Dok, saya mau bertanya,, saya baru saja menikah 2 bln, rencana menunda kehmilan. Saat ini saya mengkonsumsi diane35. Sesuai dengan petunjuk pil di minum 21 hari + 7 hari kosong. Saya sempat salah meminum pil nya, dimana saya meminum di hari ke 7, sehingga hanya kosong tanpa pil 6 hari.
    Apakah hal ini mengurangi kasiat dari pil tsb?

    terima kasih dok

  18. lusi says:

    Salam Kenal Dokter……

    Selamat siang

    Saya sudah menikah 6 bulan…tapi sampe sekarang belum kunjung hamil,haid saya selalu teratur 28 hari,bulan maret haidnya tgl 20-25,dan di perkiraan haid bulan berikutnya jatuh tgl 18 Apri,saya sudah ke dokter kandungan dan di beri vitamin Santa E 400,dan suami juga di beri vitamin,katanya untuk penyubur,,,tp setelah saya minum Vitaminnya 1 minggu keluar flek,smp dengan tgl 14 april keluar darh seperti haid dan deras sekali,pas malamnya keluar lempengan darah..yang mw saya tanyakan apakah itu bisa di bilang keguguran???dan kenapa setelah konsumsi Vitnya itu jadi flek githu ya dokter…saya mohon jawabannya dokter..Terimakasih.

  19. iwansyah says:

    Dok,
    istri saya dinyatakan hamil di luar kandungan (tuba kiri) dan sampai saat ini (5 minggu) diterapi mtx 50ml setiap minggu. ukurannya saat ini sekitar 2,3 cm, 17 cm (pada saat terapi awal ukurannya 1,8cm). Yang ingin saya tanyakan, sampai kapan terapi mtx ini bisa diteruskan? apakah ada yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat proses terapi nya? terima kasih

  20. Rivy says:

    Dear Dokter yg baik

    Selamat siang.

    Saya sdh menikah 13 bulan blm jg hamil… umur sy November th 2010 genap 34 tahun. terakhir sy dtg bulan sktr tgl 23 maret 2010. sampai hr ini 5 May 2010 blm jg haid. sy sdh cek urine hamil negatif dan test darah buat Rubella hasilnya negatif tgl 01 May 2010 di Lab . Saya baru bbrp hari ini minum susu Prenagen Esensis. Apakah saya hamil ? bagaimana saran Dokter ? Apa & kpn lagi saya cek urine kehamilan ? makanan apa yg bs membuat subur agar saya segera punya anak ?
    Atas perhatiannya, sy haturkan terimakasih…. :) saya tunggu sarannya

  21. atika says:

    Dok, saya mau tanya. Sudah seminggu lebih saya telat datang bulan. Biasanya saya datang bulan pada tanggal 24. Akhir-akhir ini payudara saya sedikit sakit (terutama bagian menjelang ketiak). Perlu dokter ketahui, pada tanggal 24, ada bercak coklat pada celana dalam saya, namun tidak ada kelanjutan menstruasi. Sebelumnya, pada tanggal 23 saya melakukan hubungan seksual dengan pacar saya. Itu adalah hubungan seks pertama yang kami lakukan. Ia memasukkan penisnya beberapa kali ke vagina saya. Tetapi akhirnya ia memutuskan untuk melakukan onani saja daripada melanjutkan hubungan seks kami. Saya lupa apa ia mengeluarkan cairan pelumas. Yang ada di penis dia hanyalah cairan vagina saya yang waktu itu mengandung sesuatu seperti putih telur Dok. Apakah itu menunjukkan jika saya sedang subur? Apa saya bisa dikatakan sedang mengandung saat ini, Dok? Atau siklus menstruasi saya terganggu karena saya kepikiran hamil ya Dok? Mohon jawaban dari Dokter.

  22. ayu says:

    dear dr.bote,
    aku mau tanya dok kalau aku pernah baca artikel di internet katanya cairan yang keluar sebelum dan sesudah sperma (biasanya disebut wadi/cairan yg bening itu) ternyata mengandung sperma juga ya dok? apakah cairan itu bisa menyebabkan kehamilan?
    kalau saat berhubungan tetapi sperma dikeluarkan diluar vagina (ditarik keluar saat dirasa sperma mau keluar) apakah tetap bisa hamil dok?
    Terima kasih banyak atas jawabannya ya dok, keep up with the blog! I like to read it :)

  23. Ira says:

    Aswbwb dr Bote,
    saya berusia 29 tahun dan sudah hampir 2 tahun menikah. Sejak gadis haid saya memang tidak teratur, tapi baru saya periksakan ke dokter beberapa bulan yang lalu. Oleh dokter pernah diberi macam2 obat yaitu seloxi, prothyra, sampai serophene. Lalu pernah juga diperiksa rahimnya dan kata dokter ovarium yang kiri menghasilkan 2 sel telur yang hampir sama besar, padahal seharusnya hanya 1 yang seharusnya besar dan yang lain2nya kecil (maaf kalo saya tidak begitu terampil menjelaskan dengan istilahnya :p), lalu dokter minta saya memeriksakan hormon saat haid hari ke-3 dan hasilnya: prolaktin 19,14 ng/mL, insulin puasa 4,8 mIU/mL, dan estradiol 66,85 pg/mL. Sayangnya saya belum periksa androgen karena ternyata di Bandung tidak saya temukan tempatnya (mungkin dokter bisa memberi informasi jika di Jakarta ada..). Lalu suami saya juga menjalani analisa sperma Dok, dan hasilnya dinyatakan teratozoospermia. Wah, semakin kompleks saya pikir saya..
    Pertanyaannya:
    1. Jika hormon prolaktin dan estradiol saya masih dalam taraf normal, maka dapatkah saya berkesimpulan bahwa haid saya yang tidak teratur disebabkan karena kelebihan hormon androgen? Lalu saya dengar hal itu dapat diatasi dengan minum teh mint, benarkah itu Dok?
    2. Apa yang dapat dilakukan terhadap teratozoospermia yang dialami suami saya?
    3. Beberapa teman menyarankan untuk minum pil KB agar haid saya bisa teratur, setelah beberapa bulan hentikan, baru kemudian mencoba lagi untuk hamil. Apakah cara ini bisa dicoba Dok? Bagaimana penjelasannya?
    Maaf Dok, kalau terlalu panjang, semoga bisa dijawab secepatnya.. terimakasih :)
    -Ira-

  24. meita says:

    Saya wanita berusia 32 tahun, memiliki 3 anak. Sejak lahir anak ke-3, saya dan suami memutuskan untuk menggunakan kondom dengan pertimbangan saya masih menyusui dan khawatir jika penggunaan KB hormonal akan berefek pada ASI (sayang anak neeh.. :) ). Sejak menyapih, kira2 dua minggu kemudian saya menstruasi dan mulai menggunakan Diane 35 pertama saya. Namun sampai hari ke-10 masih keluar flek, padahal biasanya saya bersih menstruasi setelah 6-7 hari. Apakah kondisi ini normal atau tidak? Mohon penjelasan Dokter. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  25. v says:

    Aslm dok,
    1. saya mau nanya suami saya rada lama ejakulasinya, bisa sampai satu jam terus menerus kadang bikin saya keburu cape dan stres, penyebabnya apa ya dok, menurut suami dia dari semenjak dulu memang begitu dari remaja untuk masturbasipun tidak bisa keluar kalau tidak ditekan katanya waktu kecil sering manjat tiang besi trus neken2 disana, apa itu jadi penyebabnya? bisa berdampak ke kesehatan reproduksinya dia ngga dok, karena kami udah 9 bulan menikah tapi belum dikaruniai momongan
    2. saya baru cek sendiri ke dokter kandungan 2 hari lalu di usg kondisi rahim bersih dan dikasih naturol 400 sama antibiotik gen apa gitu namanya karena saya bilang waktu hari sabtu yang lalu setelah berhubungan keluar bercak darah-flek sampai hari kemarin (4 hari) saya minum vit+obat baru satu hari fleknya sudah mulai memudar dan malamnya saya berhubungan besoknya fleknya langsung menghilang, apa ngga apa2 dok?

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>