dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
Ask Bote

Di halaman ini aku mau melayani keinginan pembaca atau sahabat yang hendak berkonsultasi denganku mengenai kesehatan khususnya seputaran kehamilan..

Aku akan berusaha menanggapinya sesuai dengan kemampuanku dan waktu yang tersedia.

Silakan posting melalui isian formulir komentar dibawah.  Jika ada pertanyaan lanjutan, jangan membuat komentar baru, tapi lakukan dengan mengklik reply pada kotak komentar/jawaban dari saya. Ini agar memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan2 berikutnya pada topik yang sama.

Salam.

1,385 Responses
  1. sevent says:

    Hai Dok,

    mau tanya apakah heavy petting dpt menyebabkan kehamilan?
    kondisinya spt ini : ke2 belah pihak tidak mengenakan pakaian (naked), penggesekan alat kelamin hanya dilakukan sesaat saja (pd awalnya) tp ke2 belah pihak sudah sangat basah. setelah awal penggesekan itu hanya hand job. dan saat penggesekan alat kelamin tersebut tidak terjadi ejakulasi hanya keluar cairan lubrikasi yg sangat banyak dr 2 2 nya.

    mohon jawaban dan bantuannya dr Dokter Bote. Terimakasih

  2. nanda says:

    Hallo dok…
    Aku mau nanya
    Bagaimana cara memasang Mirena iud?

    • desy says:

      hallo dok…
      saya mw tanya saya menikah sudah 6 bulan tp belum d karuniai anak,gmn ya dok soalx haid saya tidak teratur…saya pernah terlambat haid pd bulan april saya pp test hasil positif tp samar langsung saya cek usg ternyata hanya penebalan dinding rahim…ternyata esok harinya saya menstruasi…apakah hasil positif itu pasti hamil klo iya berarti saya mengalami abortus pada bulan april itu krn saya bertanya kpd kedua dr.SpOG jawaban keduanya berbeda….
      mohon bantuannya….
      makasih dok

  3. nina k says:

    Dear dr.bote,
    Dok,saya mau menanyakan perihal kehamilan, usia saya 32 tahun, saya sdh menikah 3 tahun lebih dan sampai saat ini belum dikaruniai anak, saya sdh keguguran 2 kali, di kehamilan 4 bulan dan 1 bulan, saat ini saya sedang mengandung dengan usia kandungan 4 minggu. Dokter saya mengatakan saya memiliki myoma sehingga sering keguguran.saat ini setiap hari saya ada flek dok, warnanya cairannya coklat kemerahan dok. Saya tanyakan hal ini ke dokter saya, tapi dijawab itu wajar karena ada myum di rahim saya,apakah hal itu memang wajar dok? Sekarang dokter saya memberikan dygest 400 mg dan digunakan melalui rektal(anus), apakah lebih baik melalui vagina mengingat flek saya tidak kunjung berhenti dok? Adakah saran obat2 apakah yang baik dan aman dapat saya gunakan untuk menyembuhkan flek saya ini dok? Terima kasih atas perhatiannya dok..

  4. Aulia says:

    Ass. Halo dokter bote. Saya mau tanya, siklus haid saya tidak teratur. Rekap 4 bulan terakhir tanggal 9 februari, 10 maret, 14 april, dan 16 mei saya menstruasi. Pada tanggal 2 dan 3 juni kemarin saya ML. Yang ingin saya tanyakan apakah tanggal ML saya tersebut termasuk masa subur atau tidak, dok? Belakangan ini perut saya terasa kembung dan panas, kenapa ya dok? Terima kasih dokter. Sukses selalu!

  5. ass. halo dokter. saya mau tanya nih. sebulan ini saya haid 2x setelah di usg, dokter bilang ada penebalan emdometrium dan dokter memberi saya obat nosthyra kalo sudah habis dan saya mens lagi dilanjutin pake pil KB. Yang ingin saya tanyakan apakah aman pake pil KB kalo saya belum pernah hamil dan igin segera punya anak ?

  6. Dwi says:

    Dok saya baru 9 hari yang lalu dikuret, nah yang saya tanyakan kenapa ya efek sampingnya sampe sekarang masih ada seperti:
    1. Lemesss
    2. Mual / Pengen Muntah
    3. Perut kembung

    kemaren aplagi pas cek ke Dokter nya pas di USG katanya belum bersih :((… hiks
    dan harus minum obat Methergin….
    tapi belum ta tebus dok…

    apakah saya perlu cari second Opinian???

    dan apakah mmg efek sampingnya seperti itu??

    terimakasih jawabannya dok

    • kiki says:

      Assalamualaikum

      Dokter…. saya menikah pada bulan Maret 2010, lalu bulan Mei 2010 saya positif hamil 4 minggu 5 hari memasuki minggu kelima saya mengalami post abortus/keguguran, janin yg keluar utuh dok, sehingga dokter menyarankan tidak usah dikuret lalu di USG msh ada darah sedikit didlam sehingga saya diberi obat cytotec untuk meluruhkan darah tsb, beberapa hari kemudian saya di USG kembali dan hasilnya sudah bersih.

      Saya mau tanyakan apakah siklus menstruasi akan berjalan normal secara alamiah atau memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, lalu kapan saya boleh berhubungan dengan suami lagi, apakah betul selama 2 bulan pasca keguguran tidak boleh terjadi pembuahan, mengingat umur saya hampir memasuki kepala 3,

      Untuk informasi dokter usia saya 28 th lalu suami 31 thn.

      Terima kasih dok

      Wassalam

  7. maria says:

    dok,seminggu yang lalu saya di ketahui telat 3 minggu,karna kontrak kerja yang tidak memungkinkan saya boleh punya anak selam 18 bulan maka saya sepakat dengan suami untuk di liuruhkan,awalnya saya minum obat terlambat datang bulan sampai 5 pack tapi tetap tak berpengaruh,dan ketika saya minum cytotec baru keluar flek dan terjadi pendarahan hanya sedikit.saya khawatir terjadi apa2 terhadap janin saya dan akhinya kita sepakat untuk di kiret,tapi dok seminggu setelah kiret tes pack saya masih positif.apa yang harus saya lakukan selanjutnya dok??dan berapa lama saya bisa dapatkan tes negatif setelah kiret??mkasih

  8. ruri garina says:

    Ass,..
    Hallo Dokter Bote, saya pasien dokter di RS Asri, keluhan saya mengenai keputihan pada waktu itu dokter memberikan obat yang harus saya minum dan ada pula obat yang dimasukan ke dalam vagina, tetapi keputihannya masih ada sampai sekarang, kemudian dokter menyarankan pap smear dan ternyata hasilnya :
    Kesimpulan : tidak ditemukan sel-sel abnormal
    Mikroskopik : sediaan apus terdiri atas sel-sel epitel skuamosa normal, sel-sel endoserviks, sel-sel metaplastik, dan banyak leukosit disertai eritrosit
    yang ingin saya tanyakan apakah saya harus mengkonsumsi obat lagi, karena keputihannya masih ada sampai saat ini.
    saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter, terima kasih

  9. asw, dok, saya mau tanya, istri saya sedang hamil 7 bulan, tapi mau melahirkannya di padang aja maunya, sampai umur kehamilan berapa toleransi dapat menaiki pesawat untk wanita hamil ya dok?makasih dok.wass

  10. makasih dok, maaf ganggu

  11. hery susilo says:

    Asw.dok..ini adalh kehamilan kedua istri sy,kehamilan I pd bln ke-7 dinyatakan gjala pre eklamsi,mendekati kelahiran tek drh normal,namun saat diperiksa mo melahirkan tek drh s/d 200,kmd cesar,tyt stlh itu tek drh msh tinggi sha hrs rwt inap 10hr,pgi td priksa krn dilakukan tes kehamilan 2x(10,12juni) positif,pas dicek tek drh istri sy 140, apakh ini gejala pre eklamsi lg do?solusi apa yang dilakukan spy kondisi pre eklamsi ini bs dihilangkan?trimaksih dok..maaf banyak pertanyaan

  12. dok, berapa kadar hormon progesteron yang tepat dalam pemakaian alat kontrasepsi.mkasih sebelumnya

  13. vindy says:

    salam kenal dok,,
    suami saya dinas di luar kota selama 1 bulan dan plg selama 1 mgg dan begitu seterusnya,,dan kepulangan beliau selalu tepat pada saat saya haid,jd sdh 2 bln ini kami tidak berhubungan badan,,pertanyaan saya,apakah ada obat atau cara untuk menunda atau merubah periode haid saya (setahu saya bs dilakukan pada wanita yg ingin berpergian umroh ya),, mohon jawabannya,terima kasih,,

  14. eti says:

    Umur saya 32 tahun dan baru punya 1 orang anak, dulu saya pakai KB suntik (1blnan) selama 3 tahun lalu ganti implan 1 tahun, skrg sudah ga ikut KB sudah 1 tahun lebih tapi belum hamil juga padahal haid saya lancar setiap bulannya, dan saya juga berhubungan dengan suami setiap hari namun belum hamil juga, bagaimana caranya agar bisa cepat hamil?

  15. wina says:

    dear dokter..
    saya 23 tahun dan sudah menikah..kemarin setelah berhubungan dengan suami, saya mengeluarkan darah tapi sedikit berlendir (keluarnya hanya sedikit) dan dua hari setelah berhubungan saya mengalami flek coklat gitu..5 hari sebelum berhubungan, saya baru aja selesai mens dok..apakah itu sisa mens/haid saya?atau ada luka di dalam vagina atau rahim saya ya dok?oia, saya ga mengalami sakit/kram perut dan cairan flek tsb tidak berbau..tolong pencerahannya ya dok..thanks a lot..

  16. fitri says:

    Dear dokter
    saya 26 thn dan sudah menikah, kehamilan saya sudah masuk minggu ke 5 dan setelah di USG ternyata terdapat kista sebesar 6 cm, yang ingin saya tanyakan bahaya kah untuk janin dan ibu
    apakah kista tersebut bisa mengecil setelah kehamilan 4 bln, dan mkanan apa yang di pantang agar kista tersebut tidak membesar, kl untuk oprasi biaya nya berapa ya dok di Griya puspa untuk kelas 3, mksh sebelum nya

  17. tiur says:

    Saya berusia 32 tahun, sudah menikah 3 tahun tetapi belum dikaruniai anak. TB/BB: 152/65. Tidak pernah menggunakan kontrasepsi. Mens pertama usia 12-13 tahun. Sejak mens pertama, mens saya sering tidak teratur, rata-rata berjarak > 35 hari. Tetapi sejak usia 28-29 tahun saya tidak mens hingga sekarang. Saya sudah berobat dan diberi cycloprogynova. Saya sudah minum 6 siklus, tetapi bila saya hentikan minum obat mensnya masih berhenti (tidak datang). Saya sudah di USG vaginal di saat saya diduga sedang masa subur, hasilnya: rahim, saluran telur normal, tetapi ukuran telurnya kurang dari normal (jumlah telur saya kurang tahu karena tidak dijelaskan). Saya sudah cek LH/FSH hasilnya dalam batas normal.
    Pertanyaan saya:
    1. Apakah dokter dapat membantu saya menjelaskan tentang keadaan saya, karena 2 dokter yang saya datangi tidak dapat menjelaskan penyakit saya. Apakah saya sudah menaupose?
    2. Apakah ada cara (obat/pemeriksaan) yang dapat saya lakukan sehingga mens saya normal dan saya dapat hamil?
    3. Saya baca di internet tentang clomid. Apakah saya dapat meminum obat tsb untuk dapat hamil? Bila dapat, apakah ada pemeriksaan pendahuluan yang harus dilakukan atau obat lain yang harus saya minum untuk memaksimalkan efeknya?

    Terima kasih. Saya tunggu pendapat dokter.

  18. lesta says:

    Assalamu’alaikum,
    saya kenal sebelumnya Dok, saya sudah menikah 2 tahun 3 bulan, belum dikaruniai anak. setahun yang lalu saya pernah dilaparoskopi karena terdapat endometrosisi di saluran telur saya. tanggal 25 juni 2010 lalu saya diminta untuk melakukan inseminasi oleh dokter dan saat ini saya dan suami berdoa penuh harap semoga Allah meridhoi usaha kami, tolong doakan kami juga ya Dok…
    setelah proses inseminasi tersebut saya diberi cygest 400mg sebanyak 6 butir tablet untuk 6 hari kedepan, dan sekarang sudah 2 butir tablet yang saya gunakan menjelang tidur malam. pertanyaan saya:
    1. knapa saya seringkali mengalami flek2 coklat yang kadang banyak, kadang sedikit?
    2. setelah inseminasi kemarin, flek2 itu masih tapi relatif lebih sedikit dan pada pagi hari saat bangun tidur, terdapat flek yang agak tebal, apakah cygestnya meluruh dan keluar pada saat saya tidur?
    3. apa yang harus saya lakukan untuk menjaga agar usaha insemiansi kali ini dapat berhasil , selain kekuatan doa ya Dok..
    4. pekerjaan saya sebagai auditor yang harus keluar kantor, bahkan kadang harus menginap di luar kota, apakah dapat berisiko terhadap usaha inseminasi kami?
    Dokter, maaf ya bila saya terlalu banyak bertanya, namun untuk jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    • lesta says:

      Ass. Dok,
      minta tolong jawab pertanyaan kita2 donk krn dari tanya jawab ini aq merasa nambah pengetahun. mungkin saat ini sedang sibuk sekali ya? :lol:
      terima kasih :wink:

  19. runny says:

    pagi dok… saya mau nanya, saya sedang hamil 8 minggu, waktu usia kandungan 7 minggu 3 hari, saya di usg dan janinnya belum ada, tp kantong kandungan sdh ada. dokter saya bilang , biasanya di usia 7 minggu janin sdh kelihatan dan kemungkinan janinnya ga mau tumbuh, saya jd khawatir, ini kandungan saya yg pertama. dokter saya ngasih obat cygest 400 dan seminggu lg suruh usg lg, kita lihat hasilnya. yg mau saya tanyakan, apa janin saya bisa kelihatan nantinya pas di usg lg??? apa semua ibu hamil, janinnya kelihatan di usia 7 minggu? terim kasih sebelumnya….

  20. icha says:

    Sore dok sy dg icha umur 29th,sy mau sharing nih dok semalam sehabis berhubungan dengan suami sy keluar flek coklat agak banyak,memang sy sedang merencanakan kehamilan,setelah hari ke 5 menstruasi kemarin sy minum profertil selama 5 hari & setelah menstruasi benar-benar bersih sy minum serbuk kurma yg katanya bisa menyuburkan pasutri,sekarang sy hari ke 21 setelah menstruasi terakhir & siklus haid sy tidak teratur,yang mau say tanyakan apakah itu berbahaya kluar flek coklat setelah berhubungan? Atau tanda-tanda adanya pembuahan?
    Terima kasih sebelumya dok & mohon di jawab pertanyaan sy ya dok

  21. lala says:

    dok saya lala 19tahun mau tanya , trakhir saya menstruasi itu tanggal 22juni . nah kmarin saya melakukan hubungan intim dengan pasangan saya tapi dia mengeluarkan sperma nya diluar (diperut saya) apakah itu bisa menyebabkan kehamilan? terimakasih atas perhatiannya

  22. dinda ita says:

    Salam sejahtera..

    Dok,langsung aja..saya mau konsultasi mohon penjelasan nya
    Saya mengalami flek2 yg berkepanjangan sekitar 2 mingguan lebih
    Setelah mengkonsumsi obat penunda haid – lutenyl – ketika umroh baru2 ini
    Apakah yg saya alami ini wajar karena efek dari obat tersebut atau ada penyebab lain?
    Terus terang saya agak khawatir…namun sebelum nya,haid saya teratur tiap bulan nya.

    Mohon info nya,dan terima kasih sebelum nya…

  23. tika fahma says:

    ass dokter yang baeekk…! dok sy mau tanya nich, abis penasarn banget. :wink:
    1. apakah bisa sperma yang sudah bertemu dg sel telur bisa lepass lagi??? :-P
    2. kalau emg iya, apakah lepasnya itu krn berhub dg suami misalnya…… , atau loncat2 misalnya…… :lol:
    3. suamiku sangat ingin aq hamil, qt baru merit 2 bln, kmrn q sempat telat 6hari, hari ke 7 mens, nah qsedih juga dok, gmn sich caranya biar cpt hamil :mrgreen: ??, slma ini aq konsumsi susu dg as.folat dok, bnr gak sich bisa menunjang ?????
    muakasihh dok, tak tggu balesannya. oce!

  24. Rangga says:

    dr. Bote yang terhormat, mohon bantuannya, saya Rangga suami dari istri yang sedang mengandung anak pertama usia 11 minggu…sejak usia kandungan 4 minggu istri saya kondisinya langsung drop, badan lemas, muntah yang lumayan sering dan harus bed rest sampai sekarang….keluhan istri sering sakit di-ulu hati, mulut yang kering, tidak bisa minum susu (karena bikin tambah eneg)…oh iya akhirnya kami diberi obat anti mual narfoz 4 mg, amankah obat ini untuk janin? mohon bantuannya

    Rangga

  25. Yufira says:

    Pagi dr. Botte,
    Mau tanya, kemarin ( 07-07-2010), saya USG dan ternyata menurut dokter perkembangan janin saya kurang memuaskan. karena dari hasil USG yang 6w6d, ukuran janin 6mm, hanya meningkat 1 mm dari minggu sebelumnya. Apakah ini nomal dok ? Yang bikin saya stress adalah dokter ybs bilang 1 minggu kembali lagi dan jika perkembangannya tidak signifikan, maka janin tidak berkembang. yang ingin saya tanyakan, dokternya pernah memberi saya obat antibiotik CLIMADAN 300 mg diminum 2x sehari, karena pada saat itu keluar darah, namun baru diminum 2 hari ternyata saya alergi dan kemudian obatnya diganti dengan BACTESYN 375mg, diminum 3x sehari, dan Albotil yang dimasukkan via Miss V, dipakai 3 hari sekali. Saya keluar darah hanya 3 hari. Apakah antibiotik tersebut mempengaruhi perkembangan janin dok ? Bagaimana caranya mempercepat perkembangan janin ? Mohon bantuan informasinya.

    Terima kasih …

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>