dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
Ask Bote

Di halaman ini aku mau melayani keinginan pembaca atau sahabat yang hendak berkonsultasi denganku mengenai kesehatan khususnya seputaran kehamilan..

Aku akan berusaha menanggapinya sesuai dengan kemampuanku dan waktu yang tersedia.

Silakan posting melalui isian formulir komentar dibawah.  Jika ada pertanyaan lanjutan, jangan membuat komentar baru, tapi lakukan dengan mengklik reply pada kotak komentar/jawaban dari saya. Ini agar memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan2 berikutnya pada topik yang sama.

Salam.

1,388 Responses
  1. Dewi says:

    Ini hasil pmrksaan suami sy dok : bergerak cepat dan maju :0 bergerak lambat atau sulit maju lurus :36. Bergerak ditempat :7. Tidak bergerak :57. Leukosit :0.135. Viabilitas : 59. Morfologi normal : 5. Abnormal : 95. Kesimpulan : oligoasthenoteratozoospermia. Suami jg sdh periksa hormon dan hasilnya semua normal, suami sy jg pernah di dx varikokel ringan dan 6 bln yll sdh di operasi dok, Demikian hasil pmrksaan suami sy dok, sdgkan sy sendiri prnh melakukan usg transvaginal dan katanya siy hasilnya bagus, sy jg sdh periksa torch,, jika sy ingin melakukan inseminasi kira2 pmrksaan atau persiapan apa lg dok yg hrs sy lakukan? Terima kasih dok
    Ng

  2. Dewi says:

    Salam kenal dok,,sy dewi ingin konsultasi dng dokter mslh suami sy yg mengalami gangguan sperma, bisakah sy melakukan inseminasi berhubung sy sdh hampir 2 thn menikah,,tks dok ;p

  3. Lisa says:

    Dear Dok,

    Saya mau bertanya dok…Saya berumur 28 taun sudah 1,5 taun ini menikah dan blm memiliki keturunan. Waktu usia pernikahan 8 bulan, saya ke obgyn dan menurut dokter saya ada kista di sebelah kanan. Kemudian saya diberi 10 pil lutenyl untuk dikonsumsi di hari ke-16. 2 bulan kemudian saya kembali ke dokter, diberi lg lutenyl untuk 6 kali siklus. Setelah 6 bulan, saya kembali , kista saya tidak ada perubahan masih pada ukuran semula. Siklus saya sblm mengkonsumsi lutenyl normal dan teratur 28 hari dan selesai 7 hari kemudian. Setelah saya minum lutenyl, menjadi 33 hari. tetapi 2 bulan terakhir ini haid saya menjadi lebih lama selesai nya 14 hari. Bulan yang lalu saya ke dokter, infonya saya kelebihan hormon esterogen, saya diberi Kalnex dan lutenyl (20 pil) . ternyata bulan ini saya telat 10 hari siklusnya dan mens saya sudah lebih dari 10 hari blm bersih dok. Apakah ada hubungan nya karena saya mengkonsumsi lutenyl ya dok sehingga jadi berkepenjangan ? mohon infonya ya dok…terima kasih banyaaak. :D

  4. ratih says:

    Dok saya mw tanya
    Saat ini saya belum menstruasii
    Bulan lalu saya mens tanggal 28 sampai tanggal 4 desember
    Saya sudah 3X melakukan hub tapi awal bulan ini saya bulan mens juga
    Dan sya sudah 2X test pack hasil negatif

    • bote says:

      Dear Ratih,
      bagaimana siklus haid Ratih sebelumnya ? apakah memang selalu memanjang ? coba Ratih ingat2 Siklus haid selama 3 bulan terakhir, Bagaimana jumlah darah haidnya ? sedikit atau banyak ? berapa hari haid Ratih berlangsung ?
      Berapa Berat badan dan Tinggi badan Ratih ? Sudah berapa lama Ratih menikah ?
      Waduuuhh…jadi banyak deh Pe-er nya Yaa ?? :)
      Begini saja, untuk memastikan apakah ada suatu kelainan karena haid yang memanjang ini, Ratih bisa kontrol ke dr kandungan Ratih, utk dilakukan USG transvaginal. Jika memang tidak ada kehamilan, dilihat dulu adakah kelainan dari uterus dan ovarium (indung telur) ?
      Bisa saja Ratih mengalami siklus haid yang tidak bertelur (anovulasi) sehingga jadi memanjang. Kalau Ratih ingin punya anak, segera dilakukan terapi.
      Okay ?? Have a good day yaaa….

  5. Ade Safitri says:

    anya,umur saya 30 tahun dan sdg hamil ketiga (yg pertama dan kedua gagal karena PCO dan Operasi Kista…panjang n terlalu sedih utk diceritain) lalu terapi lagi dgn glucopage,ascardia (ternyata kekentalan darah tinggi) dan dipercaya kembali oleh Tuhan + hamil di tgl 8 des 2011 lalu sempet flek merah dan disuntik ovidrel pas kehamilan masuk 6 minggu,sementara dupahston berhenti di tgl 23,tapi cygest 400 lanjut 2x sehari melalui anus.
    Yang saya ingin tanyakan,apakah normal tidak minum duphaston lagi?dan hanya cygest saja 2x sehari?

    Terima kasih dok,GBU!

    • bote says:

      Dear Ade, saya turut senang membaca akhirnya Ade diberi kepercayaan lagi utk hamil yang ke_3 kalinya. Cygest berisi progesteron dalam bentuk pessaary yang bisa dimasukkan lewat vagina atau anus, bekerja lebih cepat karena bersifat lokal dan dekat dengan uterus. Sedangkan Duphaston tablets mengandung zat aktif dydrogesterone, yaitu suatu hormon sintetis yang mirip dengan hormon sex alami, progesterone. Duphaston bekerja sistemik karena harus diminum dulu, baru diserap oleh pembuluh darah di sal cerna. Tidak masalah Duphaston diganti dgn Cygest. Intinya dr kandungan Ade, memberi tambahan penguat kehamilan, karena progesteron bersifat menenangkan kehamilan. Salam :)

  6. tope says:

    mau konsul dok.
    penatalaksanaan eklampsia post partum bagaimana ya?

    • bote says:

      Hai, Tope..
      Jika memang didiagnosis sudah pasti eklampsia post partum, penanganan sama seperti eklampsia pada umumnya, berikan MgSO4 drip, Anti hipertensi dan anti kejang. Tapi harus disingkirkan dulu diagnosis yang lain, karena kejang post partum bisa banyak penyebabnya. Dikonsulkan ke dr neurologi adakah kelainan yang lain. Salam :)

  7. Nia says:

    salam kenal dokter…
    saya sudah menikah 3 bulan yg lalu dan terakhir haid tgl 18 oktober, sejak november saya sudah tdk haid, saya coba tes dgn test pack, alhamdulillah hasilnya positif , kemudian saya periksa ke dokter kandungan di USG katanya blm keliatan, saya harus datang lg 2 minggu kemudian.
    setelah 2 minggu saya datang lagi dan hasil USG masih belum keliatan, dokter menyarankan untuk datang lagi sebulan kemudian, kalo blm keliatan saya harus di buat mens dulu..
    saya bingung dg keadaan yg seperti itu,kemudian saya berencana untuk periksa ke dokter lain di salah satu Rumah sakit pusat di daerah saya, di sana di USG juga dan dokter berkata kalau saya hamil 8 minggu tapi janin saya tidak berkembang sesuai usianya,, akirnya saya di kasih Resep cygest 200 mgx1 per rektal… ( sebelumnya saya sempat ada flek sedikit.jadi dokter menyarankan cygest nya per rektal ). 2 hari saya mengkonsumsi cygest, ada flek berwarna coklat tua, saya cium baunya enggak seperti darah haid..
    bagaimana menurut dokter,, normalkah keadaan saya ini ?? trimakasih sebelumnya.

    • bote says:

      Dear Nia, kalau 4 minggu setelah test pack positif, janin masih belum kelihatan, tampaknya memang ada suatu gangguan di kehamilan Nia. Sudah berapa lama Nia pakai cygest ? apakah ada kantung kehamilan yang kelihatan ? jika ada kantung kehamilan tapi janin tidak tampak kemungkinan adalah blighted ovum, jikan janin tampak tapi tidak ada detak jantung maka disebut kematian mudigah. Pastikan dulu dengan USG ulang transvaginal, masih adakah kantung kehamilan dan janinnya ? atau boleh juga iseng2 test pack ulang, jika memang skrg menjadi negatif, artinya kehamilan ini memang sudah tidak dapat diteruskan.
      Nia baru 3 bulan menikah kan ? ayo semangat, kesempatan masih panjang. Yang penting tidak didapatkan kelainan dari rahim maupun indung telur.
      Salam :)

  8. rina says:

    dok, saya tanggal 19 juli kemarin melahirkan setelah 40 hari saya kb nova T, setelah menggunakan kb tsb sy flek hmpir 1 bulan namun setelah itu sampai sekarang saya belum mens.
    sy masih menyusui smpai sekarang. apakah itu masih normal?
    apakah dengan menggunakan kb nova t masih kemungkinan untuk hamil?

  9. Yulia says:

    Dok, sy wanita usia 32 th, saya belum pernah KB dg pil,sebelumnya pakai kondom saja, nah neh mau pakai diane 35 tapi berhubung suami mau datang 4 hari lagi, kemudian saya minum 2 pil sehari x 2 hari sebelum hari H berhubungan sehubungan mens pertama saya sudah 14 hari yl (baru tahu kalau cara pakainya harus hari pertama mens, apakah bisa menyebabkan kehamilan ?

  10. NISA says:

    PERTANYAAN:
    saya berhubungan pada hari2 terakhir mens (sekitar hari ketujuh dan kedelapan) dan pada saat itu sudah bersih. lalu sekitar 1 minggu sejak mens hari terakhir keluar lagi darah merah kecoklatan gitu tapi hanya selama 4 hari, padahal sebelumnya saya tidak pernah seperti itu. dan sampai sekarang saya telat haid 13 hari. saya sudah cek menggunakan testpack yg strip dan hasilnya negatif. itu bertanda apa ya kira kira??? mohon jawabannya dengan sangat. padahal selama ini siklus mens saya teratur

  11. NISA says:

    PERTANYAAN:
    saya berhubungan pada hari2 terakhir mens (sekitar hari ketujuh dan kedelapan) dan pada saat itu sudah bersih. lalu sekitar 1 minggu sejak mens hari terakhir keluar lagi darah merah kecoklatan gitu tapi hanya selama 4 hariitu, padahal sebelumnya saya tidak pernah seperti . dan sampai sekarang saya telat haid 13 hari. saya sudah cek menggunakan testpack yg strip dan hasilnya negatif. itu bertanda apa ya kira kira??? mohon jawabannya dengan sangat. padahal selama ini siklus mens saya teratur

  12. hamasatunnisa says:

    Asw.Dok,ada obat batuk yg aman utk ibu hamil?Batuk sy berdahak dan dibarengi pilek.Sy hamil 7 minggu dan skg memakai cygest dan nonemi. Anak ke -3 Dok, anak yg ke-2 keguguran.

  13. Nurrahmi says:

    Salam hormat Dokter,
    Saya mau bertanya,usia saya sdh 39 tahun dan belum pernah hamil. Semua sdh diperiksa dari a-z dan saya rasa saya masih subur dan akan selalu berusaha terus. Akhir-akhir ini kenapa siklus haid saya suka terputus-putus. Terkadang muncul flek di saat H14/masa subur walau cuman sekali atau muncul flek 7hari sebelum datang haid sebenarnya:flek sehari trus bersih s/d 7 hari lalu baru keluar darah haid. Ini normal nggak ya Dok,saya khawatir apa saya mau menapause dini. Semoga tidak ya.Saya butuh sekali jawaban Dokter segera.Trima kasih ya Dok.

    • hamasatunnisa says:

      mbak,mhn maaf kl ikut njawab. Cb buka situsnya Ir.Juanda (pengobatan alternatif) siapa tau membantu

    • bote says:

      Dear Nurrahmi, sudah berapa tahun pernikahan ? dan apa sajakah yang sudah diperiksa ?
      untuk mengetahui apakah masih subur atau tidak, ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan,
      1. Periksa hormon AMH di pagi hari, waktunya bisa kapan saja ( bisa dilakukan di Makmal biomedik Ruko Salemba mas, krn Lab lain belum bisa melakukan),
      2. Periksa USG Folikel telur di hari ke-3 haid ( Antral folicle count ) jika dari ke-2 indung telur masih > 8 folikel telur, Insyaallah masih bagus
      3. Periksa hormon FSH di hr ke-3 haid
      Oke ? salam :)

  14. mila says:

    Halo dok.. saya janda usia 40 tahun baru menikah dengan duda 42 tahun, saya sudah punya 3 orang putra , saat melahirkan putra ke 3 saya dicaesar, dan steril, (diikat)… sekrang saya ingin hamil lagi , .. bagaimana caranya ya dok? apakah dengan inseminasi bisa dilakukan pada saya dok?

    • bote says:

      Dear Mila, selamat ya untuk pernikahan ini. Sterilisasi dengan mengikat tuba (saluran telur), akan mengakibatkan tuba menjadi putus hubungan dengan ovarium/indung telur, jadi tidak bisa dilakukan inseminasi. Inseminasi adalah suatu bantuan memasukkan sperma ke dalam rongga rahim saja, dan sperma itu harus berjalan sendiri melewati tuba untuk bertemu dengan sel telur di tuba (saluran telur). Sehingga pasca sterilisasi tuba, jika ingin hamil lagi, tinggal 2 cara : rekanalisasi tuba (menyambung tuba) dengan keberhasilan yang kecil, dan IVF (bayi tabung) dengan keberhasilan sekitar 30-40 %.
      Saran saya sebelum memutuskan untuk hamil lagi, coba cek cadangan ovarium (indung telur) dengan memeriksakan hormon AMH di Makmal biomedik, Ruko Salemba Mas, krn lab lain belum ada pemeriksaan AMH. Atau USG folikel telur di hari ke-3 haid.
      Karena jika cadangan ovarium mulai berkurang, tentu lebih sulit untuk membuat hamil.
      Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya Mila… Salam :)

  15. Cantikkk says:

    Assalamualaikum dr.bote
    saya mau konsultasi, saya terkena herpes di daerah genetalia saya tapi saya malu untuk memeriksakan ke dokter, bagaimana caranya yah supaya saya bisa mengobati sendiri. saya coba minum obat oral acyclovir beserta salep yang saya oleskan ke daerah tersebut, ada efek sampingnya tidak selama datang bulan. sudah sembuh tapi kambuh lagi jika daerah genetalia saya lembab dok, mohon sarannya….trimkasih……

  16. Dian Andini says:

    Saya indikasi PCO,tgl.23 kemarin saya di hidrotubasi,kemudian diberikan obat minum untuk 1 minggu (Profertil 10btr,progynova 7btr,kenacort 7btr,actos 30mg 4btr,lynova 4btr,parlodel 2btr,diphten 10btr),stlh hidrotubasi saya berhubungan intim dgn suami saya,keesokan harinya keluar darah kecoklatan seperti haid dan berlangsung sampai skrg.Yang menjadi pertanyaan saya dok ;
    1.Apa efek samping hidrotubasi,normalkah yg saya alami?
    2.Sebenarnya fungsi obat yg saya minum untuk apa,apa ada efek sampingnya,karna saya suka mual,lemas dan berkunang2?
    3.Apakah ada pantangan makanan untuk PCO spt saya?

    Thanks a Lot Dok,.

  17. riska says:

    Hai, umur sy 27th,tgl 1 juni kmrn sy kuret dengan umur kehamilan 10 minggu krn BO, tgl 6 juli sy sdh mendapatkan haid pertama setelah kuret, kemudian sy hamil lagi dan tgl 4 okt sy dikuret lagi krn janin tidak berkembang (denyut tidak ada) dng umr kehamilan 12 minggu.sampai hr ini 25 nov saya belum mendapat haid saya pasca kuret kedua dan iseng td sy test pack hasilnya positif.. Apakah mungkin saya hamil lagi tanpa melalui masa haid pasca kuret kedua saya? Atau hormon sy blm stabil hingga test packnya positif? Trimakasih sblmnya ,

  18. emy says:

    MT sore dok, slm knal. selama ini perut sy sering muncul tonjolan yg bergerak, pernah di USG n diagnose dokter bahwa kandungan sy lemah jadi sering terjadi gerakan seperti janin. tetapi kmarin saya curhat dg teman n di carikan literatur ternyata kondisi yg saya alami adalah krn dlm rahim saya terjadi endapan dari ovum. kmarin sempat melakukan terapi n hasilnya endapan tersebut keluar berupa darah beku n gumpalan putih, setelah beberapa kali keluar ternyata tonjolan di perut gak ada lagi. yang ingin saya tanyakan: BAGAIMANAKAH CARA MENGELUARKAN OVUM SELURUHNYA SUPAYA TIDAK TERJADI ENDAPAN DLM RAHIM?, TAPI TANPA OBAT :oops: :oops:

  19. Rix says:

    Salam dok,

    Istri saya berusia 23 tahun baru saja keguguran di usia kehamilan 4 bulan
    Oleh kenalan saya disarankan meminum jamu untuk mengeluarkan darah kotor dan sisa2 kehamilan di rahim dan anggur beranak (karena istri ngeri juga dengan kuret)…
    baru 2 hari meminum, tiba-tiba muncul benjolan di ketiak kiri istri saya (letaknya di lipatan ketiak)
    yang mau saya tanyakan, apakah benjolan itu adalah gangguan hormon yang disebabkan mengkonsumsi jamu dan anggur beranak? ataukah ada sebab lain?
    sebagai informasi,ini adalah kehamilan pertama istri saya..
    terima kasih

  20. kusuma says:

    Dokter saya mau tanya, saya umur 35 thn sdh punya anak umur 4thn..tgl 21 sept 2011 bln lalu saya kuret hamil anggur (mola).
    – Minggu 1 setelah kuret saya control HCG masih positif
    – Minggu ke-2 setelah kuret saya control HCG masih positif
    – Minggu k2-3 setelah kuret saya control HCG negative, tgl 12 Oktober 2011

    Terus sama dokternya saya disarankan control per 2 minggu sekali
    – Kontrol utk 2 minggu pertama setelah negatif, HCG saya ternyata positif, tgl 26 Okterber 2011
    Pada tgl 29 Oktober saya seperti menstruasi (pd hari 2-3 darah agak banyak dari menstruasi saya yg biasanya) menstruasinya saya alami selama 7 hari.
    – Kontrol utk 2 minggu kedua setelah negatif, HCG saya tetap positif, tgl 14 November 2011
    Test HSG saya lewat urin, yang ingin saya tanyakan, kira2 saya sakit apa ya…& apa yang mgkn akan saya alami? Makasih utk respon & jawabannya

  21. tirza says:

    Halo Dokter.. sy baru mlahirkan anak kedua 26 juli 2011 lalu, anak pertama sy agustus tahun lalu. sebulan habis melahirkan sy memakai kb pil diane 35, tp efeknya kulit wajah sy jd kering dan terkupas2 dgn haid yg sangat sedikit. apa itu tandanya sy tdk cck dgn diane35?
    sy jd berpikir utk mengganti kb sy dgn spriral/iud.. apa kira2 iud yg resikonya paling kecil dan tdk ada efek samping sperti sakit, haid berlebihan, ketdk nyamanan bg pasangan, dok?
    selain mirena, apa ada yg dokter rekomendasikan utk sy? sbelumnya trm ksh ya dok…

  22. Nety says:

    Dok… Umur sy 24thn… sy sedang menjalani kehamilan 30 minggu… Skrg sy mengkonsumsi Kalsium, Omega-3, dan Sangobiom… Masi bolehkah sy mengkonsumsi FOLIC ACID hingga melahirkan..?? Mohon balasannya… Thank’s

  23. diannya says:

    hi dok,,,saya skg agak bngung nh,,,sktr 2 mnggu yg llu sy tes kehmiln menggnakn test pack dan hasilny postif,wktu it memang sy jg udah telat 2 minggu,,,krn pnsran sy kemdian cek k dokter, tp lum terlhat apa2 ktnya mnta cek 2 minggu lg, wkt it sy jg agk kcewa krn lum trlht apa, untk lbih myakinkn lg sy kmudian tes lgi esok hrinya mnggunkn test pack,dan hsilnya pun ttp positif dan mlai klhtn lbih jelas,,stelah 2 mnggu kmudian suami sya iseng beli test pack lgi untuk sy tes,,,dan hsilnya msih positif tp g klhtn bgtu jlas, g sejelas wktu tes2 sblumnya,,,dan 2 hri kmudian sktr jam 11an sy mngluarkan flek berwrna pink, fleknya mkin bnyak klw sy banyk braktiftas,,dan lma klmaan wrnanya mnjadi coklat tp sy tdak mrasakn skit,,,krn tkut trjdi apa2 sy pun ke dokter yang sebelumnya,,tp stelah d USG dokter mlah blang sy mnnjukan akan haid,,,ju2r sy dan suami agak bngung,,stelah sy tnykn mengnai test pack yg postif dokter mlah tidk bsa mnjlaskn apa2,,,yg ingn sy tnyakan apakh sy bnran haid atw sy mnglmi kgu2ran spontan?? bgi sy dan suami klw sy mnglmi kgu2ran kmi mrsa mngkin lum rejekiny tp knp doktr tsb mngtakn sy haid….mksih dok,,,mhon ats jawbnnya

  24. viana says:

    dok,saya hamil skitar 7 minggu dgn gejala mual2.dan saya d kasih obat anti mual vosedon.tp saya baca pada sumber lain,obat itu bkn untuk wanita hamil.bagaimana dok penjelasannya?mengingat ini hamil pertama saya jd saya sgt waswas.trims dok

  25. chie2 says:

    Halo dok mau nanya ne,

    siklus haid saya selama ini selalu teratur kirasan 6-7 hari, tp beberapa bulan terakhir ini setelah 3-4 hari setelah haid selesai keluar lagi flek2 coklat yg tidak terlalu banyak, apakah normal dok? ato merupakan indikasi gangguan lain?

    Terimakasih

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>