dr. Botefilia Arjunadi SpOG, Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Dokter Kandungan Perempuan, RSP - Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, RSIA Tambak, Rumah Sakit Tria Dipa. Senam Kehamilan dan Sex. Melahirkan secara normal. Prematur. Partus (Melahirkan) Persalinan normal Partus Normal
Ask Bote

Di halaman ini aku mau melayani keinginan pembaca atau sahabat yang hendak berkonsultasi denganku mengenai kesehatan khususnya seputaran kehamilan..

Aku akan berusaha menanggapinya sesuai dengan kemampuanku dan waktu yang tersedia.

Silakan posting melalui isian formulir komentar dibawah.  Jika ada pertanyaan lanjutan, jangan membuat komentar baru, tapi lakukan dengan mengklik reply pada kotak komentar/jawaban dari saya. Ini agar memudahkan saya dalam menjawab pertanyaan2 berikutnya pada topik yang sama.

Salam.

1,385 Responses
  1. Nurma says:

    To the point saja ya…
    Kami dah kepengen banget punya anak mengingat usia dah hampir 30 tun. kami menikah 15 bulan yang lalu tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan. apa suntik kesuburan bisa kami lakukan setiap bulan? apa obat profertil baik untuk kami konsumsi? sebaiknya kapan dan bagaimana? terima kasih atas saran dan jawabannya. kami tunggu informasinya…

    • bote says:

      Dear Nurma,
      Mengingat sudah menikah 15 bulan memang sebaiknya mulai dilakukan work up untuk infertilitasnya. Artinya mulai dicari dimana masalah yang menjadi hambatan yang harus diatasi. Profertil maupun obat2 kesuburan tidak boleh dipakai sembarangan, karena ada indikasi dan kontraindikasinya maupun komplikasi yang bisa terjadi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter SpOG yang mendalami subspesialisasi endokrin dan infertilitas. Ada beberapa klinik2 infertilitas dibeberapa RS besar tergantung dimana tempat tinggal Nurma. Silahkan konsultasi yaa…
      Mudah2an bisa segera dapat momongan. Salam.

  2. Geeya says:

    Assalamualaikum……..
    sy mo nanya nih dok..umur sy 23 th, baru menikah 30 april 2009. sejak umur 15 th haid saya tidak teratur bahkan sering sampai 1x3bulan. 27 mei 09 setelah menikah kemaren saya USG ke SPOG dan katanya rahim sy baik2 saja dan dikasih obat perangsang haid dan besoknya sy lgsg haid. di hari ke 4 haid saya di USG lg dan kata Dr semuanya baik2 saja, cm saya ktnya KURANG SUBUR dan dkasi obat penyubur dan dsuruh berhubungan tgl 9-11 juni. kmrn tgl 19 juni saya cb test pack karena pinggang saya sering sakit dan perut sering terasa nyeri.dan hasilnya muncul 2 garis, tp garis yg satunya sangat tipis dan samar sekali bahkan hampir tak terlihat. 2 hari stlhnya saya cb testpack lg tp hasilnya malah cm 1 garis. apakah itu artinya saya hamil atau tdk dok? apa testpack blm bisa membaca krn masih muda sekali?dan apakah di usia kehamilan 1 – 28 hari blh berhubungan dgn suami? apa suami blh mengeluarkan sperma di dlm? mengingat hasil dr testpack blm jelas sehingga km tetap berhubungan hmpir setiap hari krn suami bnr2 pngen pnya baby scptnya.. trms jwbannya y dok…….

    • bote says:

      Dear Geeya,
      Memang hasil test pack tergantung dari sensitifitasnya pada kadar B-HCG dalam urine. Jadi sebaiknya kalau Geeya ragu, jika sudah terlambat 2 minggu dari biasanya, langsung saja USG transvaginal, lebih akurat untuk menentukan adanya kehamilan dan usia kehamilan.
      Mengenai hubungan dengan suami, tidak ada masalah, silahkan saja, even pregnant. Kecuali ada masalah dengan kehamilannya, misalnya ada flek perdarahan.
      Oke, semoga cepat dapat momongan yaa…

  3. lady says:

    Dok,knp ya akhir2 ini banyak orang melahirkan scr cesar?maksudnya di perkotaan gituh…kata ortuku,kalo zaman dulu jarang bgt cesar.Apa krn zaman skrng kondisi tubuh kita memang lebih ringkih dibanding orang2 zaman dulu?Kalo kata temen2ku sih…dokternya aja yg gak mau repot dan cari untung,krn biaya cesar lebih mahal(inget kasus Bu prita kayanya).Secara,namanya orang mo lahiran mah,nrimo aja apa kata dokter.Jd,ada problem dikit,langsung bilang cesar.Tp saya percaya,dr Bote gak termasuk dr yg teman saya sebutkan itu.

    Bagaimana menurut dokter?Saya nanti,kalo saya hamil,ingin sekali bisa melahirkan normal.Cuma saya khawatir bertemu dr yg teman saya bilang,hanya cr untung…
    Tolong bantu yah..

    Trims

    • bote says:

      Dear Lady,
      sebenarnya masalah mungkin sama jaman dulu dan sekarang, gak ada bedanya, juga tidak ringkih. Tapi jaman dulu mungkin dokter SpOG sedikit.

      Saya punya contoh kasus nih.. Tante saya sekitar 25 tahun yang lalu melahirkan bayi sangat sulit, sampai akhirnya si bayi meninggal saat lahir. Nah itulah sekarang yang dapat dicegah dengan caesar.
      Jadi caesar bukan hanya gak mau repot ya (insyaAllah) dan bukan karena ingin lebih untung (Jangan sampai karena materi, kita mendzalimi orang lain, InsyaAllah masih banyak SpOG yang masih lurus dijalanNYA)

      Kadang2 keputusan caesar, dilakukan lebih dini, agar kualitas si janin lebih baik dan sehat, sehingga ada beberapa SpOG yang memutuskan lebih cepat, sehingga kesannya yaaahh…kok gak dicoba pervaginam ?
      Misalnya nih Lady, air ketubannya habis, sementara proses persalinan masih lama, kemungkinan akan terjadi kompresi pada tali pusat janin yang akan berakibat berkurangnya oksigen ke janin. Mungkin saat itu masih baik, tapi 5 jam lagi belum si janin masih baik.
      mudah2an bisa dimengerti.

      InsyaAllah, saya masih takut kalau melakukan sesuatu yang tidak patut atau melanggar kode etik kedokteran, apalagi kode etik DIA :D
      DIA kan selalu tahu kelakuan hamba2NYA.

      Lady bisa ngobrol sama temen atau searching di internet dokter2 SpOG yang masih konservatif, dan pasiennya banyak lahir pervaginam.
      Kalau gak ketemu juga, bisa melahirkan di RS pusat pendidikan, seperti RSCM, RS Persahabatan, RS Fatmawati, bisa kok swastanya, kalau gak mau yang umum. Insya ALLAH di pusat pendidikan, semuanya sesuai prosedur.

      • lady says:

        Trims ya dok…atas jawabannya.Moga2…ketika waktunya saya hamil,saya akan bertemu dgn dokter yg baik.Amien….

  4. wahyunda says:

    Hallo..Dok…saya wanita usia 20 tahun…menikah usia 19 thn dan punya anak saat usia 20 tahun tepatnya 7 februari 09…saya ingin konsul…kebetulan saya memakai KB spiral Nova-T pada 14 maret 2009 kemarin…setelah pemasangan saya mengalami pendarahan selama 2 minggu…kemudian setelah 2minggu berikutnya saya kembali haid…masalahnya haid saya ini lebih lama dari sebelum2nya walaupun tidak sllu pendarahan tetapi hari2 terakhir muncul flek slama hampir 5hari setelah haid…saya sdh follow up IUD tp blm smpt pap smear…menurut dokter apa haid saya normal? kemudian jika saya menyusui, adakah obat yang bisa menghentikan pendarahan diluar haid…terakhir jika saya merasa pegal dan lesu apa saya yang sedang menyusui baik mnegkonsumsi kiranti..thanks Dokter Botefilia..best regards

    • bote says:

      Dear Wahyunda,
      Memang IUD membuat haid lebih lama dan kadang lebih banyak. Tapi tetap masih dalam batas normal. Biasanya obat yang diberikan diluar haid, krn pengaruh IUD, bukanlah hormonal terapi, hanya untuk menghentikan perdarahan saja. Memang perlu untuk melihat apakah dengan adanya IUD, sering radang pada mulut rahim, sehingga sering flek2.

      Sebaiknya minum vitamin2 penambah darah saja, Wahyu, karena memang menyusui kadang mengurangi waktu tidur, sehingga gampang pegal dan lesu. Jangan kiranti ya..

      Salam

  5. Pita says:

    Dear Dr. Bote,

    Dokter Bote yang baik, mudah-mudahan dokter bersedia menjawab kerisauan saya. Saya sudah hampir 2 tahun menikah belum memiliki keturunan, usia 29 th, dengan siklus haid 28 – 30 hari. Begini dok, bulan April lalu saya pernah terlambat haid 3 hari kemudian saya test pack dengan tiga merk yang berbeda hasilnya ada garis dua samar tapi jelas. 5 hari kemudian saya mengalami flek-flek, kemudian saya ke dokter untuk konsultasi, hasil USG belum tampak lalu kemudian oleh beliau saya diberi premaston dengan dosis sehari 2 kali. Besoknya dok saya mens banyak sekali, darah yang keluar lebih banyak dari mens biasa dan bergumpal-gumpal selama 10 hari. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah pada bulan April lalu saya hamil namun keguguran atau hanya mens biasa, karena setelah darah berhenti saya tes lagi hasil tes pack tetap samar, tapi beberapa hari kemudian negatif.
    2. Sejak saat itu, bulan mei saya mengalami flek-flek coklat pada hari ke 13. Apakah itu normal, oh ya dok kenapa pada saat saya orgasme perut bawah saya sebelah kanan agak nyeri.
    3. Kemarin sepuluh hari dari mens saya, keluar flek itu lagi. apakah saya sedang stres atau ada apa ya dok?
    Terimakasih dok, saya belum sepat untuk konsultasi lagi ke dokter mengingat pekerjaan saya yang cukup banyak di akhir bulan.

    • bote says:

      Dear Pita,
      mengingat sudah 2 tahun menikah, sebaiknya Pita berkonsultasi lebih fokus pada SpOG yang mendalami infertilitas, atau Pita bisa ke klinik2 infertilitas dibeberapa RS besar.

      1. Haid Pita yang pernah terlambat, bisa saja merupakan keguguran dini. perlu dievaluasi lebih lanjut apa penyebabnya.

      2. Flek pada pertengahan haid bisa saja intermenstrual spotting, gangguan hormonal, kadang2 hanya temporer saja, tidak selalu abnormal siklus.
      Orgasme yang membuat nyeri, harus dievaluasi penyebabnya. Sudah pernah USG, HSG ?

      3. Stress bisa juga menimbulkan gangguan hormonal, atau siklus Pita tidak sedang ber ovulasi, tidak ada sel telurnya.

      Mudah2an bisa dimengerti ya Pita

      • Pita says:

        Dear Dokter Bote,

        Sebelumnya terimakasih atas jawaban dokter…. Saya dan suami sudah pernah periksa ke klinik infertilitas dok (USG,HSG, cek ukuran telur, cek sperma) semuanya normal dok. Saat ini saya sedang menjalankan program kehamilan dengan Dr. Judi End Jun di Hermina Jatinegara, doakan agar berhasil ya dok, due datenya tanggal 20 juli ini. Oh ya dok, saya suka sekali sama doa kumail yang ada ada di blog dokter ini, mencoba mengamalkannya juga, indah ya doanya… sampai terharu kalo saya membacanya. Mudah-mudahan bisa membantu saya, menguatkan, memberikan kesabaran, pasrah dan tawakal atas semua kehendak-Nya. Dokter saya mau tanya lagi boleh ya…

        1. Menurut Dokter SPOG saya, mulut rahim saya bentuknya tegak lurus berbeda dengan bentuk mulut rahim pada normalnya. Oleh karena itu dokter menganjurkan saya untuk mengganjal pundak saya dengan 2 buah bantal sehabis bercampur dengan suami, agar mulut rahimnya terendam dengan sperma. Apakah betul begitu dok, apakah posisi juga turut mempengaruhi?

        2. Apakah urut rahim agar cepat hamil itu tidak diperbolehkan dok. Karena dokter masih ingatkan dengan keluhan saya kalau perut sebelah kanan saya sakit saat orgasme, beberapa hari sebelumnya perut bawah saya diurut dok, rasanya sakit sekali sampai memar/ biru seperti habis di cubit, kata dokter rahim saya luka untungnya kecil dan tidak parah, beliau melarang saya untuk urut lagi.

        3. Dokter apakah jika saat subur keluar flek kita boleh berhubungan dengan suami, apakah kemungkinan untuk hamil itu masih ada jika melakukan hubungan saat subur tetapi keluar flek. Saya sekarang tidak flek lagi dok, setelah di periksa karena lagi stress saja.

        Terimakasih ya dokter, mudah-mudahan dokter gak pernah bosan sama pertanyaan yang kita ajukan disini.

        • bote says:

          Dear Pita,
          Beruntung sekali Pita, karena dr. Judi Enjun, adalah guru saya juga, baik, pintar dan care sama pasien.
          1. Posisi memang mempengaruhi, karena setelah berhubungan biasanya diharapkan mulut rahim terendam dengan sperma dan cairannya sehingga lebih melapangkan jalan untuk bertemunya sperma dan ovum.

          2. Saya setuju untuk tidak diurut lagi, karena kadang2 tukang urut tidak tahu pasti apa yang diurut, dan bagaimana bentuk maupun posisi dari rahim. Pernah ada pasien yang kistanya pecah dan akhirnya harus segera dioperasi setelah diurut, pernah juga ada yang ususnya mengalami perdarahan (mungkin terlalu kuat ?) sehingga beberapa cm dari ususnya harus dipotong. Bukan bermaksud menakut2i, tapi saya enderung lebih setuju jika urut hanya untuk otot2, seperti badan, punggung, tangan dan kaki.

          3. Flek pada saat masa subur, tidak apa2. Jika sudah bersih boleh berhubungan lagi. tapi biasanya sih kalau ada intermenstrual spotting ada gangguan hormonal.

          Selamat berusahan dan berdoa ya…
          Saya juga suka sekali dengan doa Kumail, karena tidak meminta dunia, hanya berusaha mendapatkan cintaNYA. Alhamdulillah, sering2 diamalkan yaa… MUdah2an Allah segera memberi momongan. Amin.

  6. Ira Muharam says:

    Hi dokter, mau nanya lagi nih… sebelumnya terima kasih sudah menjawab pertanayaan saya.
    kali ini penyakit yang saya hadapi bukan batuk lagi ;) tapi ambeien, dok…aduh rasa sakitnya luar biasa hingga susah untuk jalan.. dan kondisinya selalu berdarah.. kira-kira saya bisa minum obat apa ya yang aman untuk kandungan saya yang sekarang usianya masuk ke 34mg?
    Terima kasih sebelumnya, dok.

    • bote says:

      Dear Ira,
      Nah… ambeien tuh emang seneng banget sama ibu hamil :D
      Pengaruh estrogen menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lunak sehingga gampang terbendung, terjadilah ambeien, apalagi pada saat hamil semakin besar, rahim akan menekan sehingga arus darah yang balik semakin lambat dan bertambah bendungannya.

      Coba deh Ra, senam hamil, dan lebih banyak aktifitas bergerak.

      Gak usah minum obat dulu deh, coba aja dengan diet tinggi sayuran dan banyak minum air putih, sehingga BAB lancar dan lebih lunak, dan mengurangi perdarahan, jika masih juga nyeri, pake obat yang langsung dimasukkan ke anus saja. Oke ?

  7. ana says:

    Dok, klo lg menyusui aman tdk untuk ikut senam aerobik? kata org2 bisa menghilangkan asi, btul nggak sih dok?

    • bote says:

      Dear Ana,
      Wah..gak ada hubungannya tuh menyusui dengan aerobik, ayo…senam aja, gak papa, abis itu makan dan minum yang banyak, pasti ASI nya luber…. :D

  8. jenny says:

    Dok, mau tanya ya…..
    Sebelum dan sesudahnya terima kasih.

    Saya baru merid 6 juni 2009 , setelah berhubungan pada tgl 23 juni saya keluar bercak darah berwarna coklat, disertai gejala payudara pada putingnya sakit,nafsu makan bertambah tapi berat badan saya tetap,perut rasanya penuh tapi bukan kenyang. pada tgl 30 juni setelah berhubungan keluar bercak darah lagi.
    Pada tgl 26 juni saya sempat periksa ke dokter kandungan , katanya sih karna pengantin baru.

    Yang ingin saya tanyakan kenapa kok keluar darah seperti itu??
    Dan apa tanda2 kehamilan????????

    Terima kasih

    • bote says:

      Dear Jenny,
      udah gak sabar ya pengen hamil ? :D
      Elastisitas Selaput dara berbeda2 pada setiap wanita, kadang2 memang masih saja ada perdarahan meskipun sudah beberapa kali coitus/berhubungan sex. Jika sudah diperiksa oleh SpOG nya dan dinyatakan tidak ada kelainan, insya Allah gak ada apa2.

      Jika sudah terlambat haid baru mungkin hamil ya sayang.
      Mudah2an bisa dimengerti yaa…

  9. Dian says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Dear Dr. Bote,

    Dok, nama saya Dian. umur 34 th, saya sudah 7 tahun menikah, tapi sampai sekarang belum juga dikarunia keturunan. saya pernah periksa ke dokter, hasil hsg paten, pada saat usg ada miom tp menurut dokter tidak masalah. suami saya pun sudah diperiksa hasilnya kurang baik, hasil sperma suami OAT. apakah OAT bisa di disembuhkan, krn dokter sebelumnya merujuk saya ke klinik bayi tabung, karena keterbatasan dana saya tidak melanjutkan pemeriksaan. Apakah dokter bisa menangani kasus seperti yang saya hadapi ?

    Terima kasih sebelumnya ya dok, best regards

    • bote says:

      Dear Dian,
      masalah sperma adalah masalah yang paling sulit sebenarnya dalam work up infertility. Tapi sekarang banyak teknik2 terbaru yang sudah ditemukan diklinik2 bayi tabung.

      Sebaiknya suami berkonsultasi dulu ke bagian ANdrologi dan Bedah urologi yaa..
      karena tentu mereka lebih kompeten dibidangnya.

      Salam

  10. thya says:

    pagi dok,
    sy prempuan 17th ,
    sy blum menikah,
    tp tnggal 30 juni kmrn sy petting dgn pcar sy.
    ejakulasi yg prtama hnya merembes k celana dalam pcar sy, karena kmaluan kami tdk ditempelkan.
    setelah 15 menit, kami melakukan petting lg tp sama^ mmakai clana dalam (clana dalam pcar sy msh basah) , tp karena sy mrasa ksakitan, sy pun mmakai clana jeans lagi. stlh bbrapa saat, pcar sy mngluarkn sperma, dn sdkit mengenai clana jeans sy.
    saat malam hariny, sy mngluarkn flek warna coklat muda agak tua sampai tnggal 2 juli.
    yg ingin sy tnyakan:
    1.mungkinkah sperma saat ejakulasi prtama msh hdup dn menempel d.clana dlm sy ?
    2.mungkin tdk sperma dr clna jeans merambat?
    3.flek yg sy alami itu pertanda ap?
    apkh sy hamil ?sy tdk mau hmil skrg dok.
    4.cara menggagalkan khamilan dgn cara ap?
    trima kasih byk dok . mohon jawabannya . sy bnar^ kuatir dn mnysal .

    • thya says:

      tmbhan dok,
      sjak tgl 1juli smpai skrg sy agak mual tp tdk prnh smpai mntah, sy jg ssah untk BAB. skrg sy tmbh bingung, smpai skrg (5 juli) wrna flek tsb mnjadi merah bercampur lendir yg agak byk.. klaupun sy mmkai pmbalut, yg trlhat hny wrna lendir dgn wrna merah samar.
      apakah itu darah mens ? tp yg biasa sy alami tiap kali mens : jarang bercmpur dgn lndir, wrnany merah terang, jarang untuk ssah BAB, dan tdk prnh mual2.
      ataukh itu msh trmsuk flek akbt implantasi dok??
      klau bnar itu flek, mngapa trjadi lbh dr 1 hari ? (bhkan sy 5hari), dn flek it trjd bbrp jam stlh sy petting,
      mhon bntuan, trmksh.

      • bote says:

        Dear Thya,
        sebenarnya rasa bersalah itu yang menyebabkan Tia berfikir kemungkinan hamil sampai merasa mual.
        Flek yang terjadi kemungkinan akibat petting, sehingga ada luka didaerah vagina yang ditekan terlalu keras, apalagi masih menggunakan celana jeans.
        Insya ALLah tidak hamil, krn sperma tidak bisa merambat di celana jeans.

        Oke, mudah2an bisa dimengerti Ya ?

        • thya says:

          oh,bgtu. mksh y dok.
          maaf sy nnya lg.
          kl flek yg lama dn trus berubah warna itu knapa y dok?skrg sy jg sering keputihan warnanya putih susu agak kental dn berlendir smpai sy mrasa tdk nyaman.itu disebabkan apa?
          makasih.

          • bote says:

            Dear Thya,
            kalau putih seperti susu dan agak gatal, biasanya candida atau jamur. Sebaiknya Thya check ke dokter kandungan, biar bisa dilihat lebih jelas gambaran keputihannya sehingga obatnya bisa lebih tepat.
            salam

  11. nana says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Dear Dr. Bote,

    usia saya 28th, memiliki anak usia 6,5bln untuk mencegah kehamilan saya memilih KB suntik 3bln agar bs ttp menyusui, sampai saat ini saya sdh 2x suntik ( pertama bln februari, kedua mei ) tp haid saya jadi tidak teratur, kadang haid sampai 3minggu berhenti cm 10 hari terus keluar haid lagi. setelah konsultasi dgn dokter saya di beri kalnex-250 & adona C17.
    pertanyaan saya :
    1.saat ini saya masih menyusui apakah obat itu berbahaya untuk bayi saya?
    2.flek berhenti setelah saya minum obat2 trsbt 3-4 kapsul&tablet, tp klo saya tdk minum flek & gumpalan haid keluar lagi, aturan minumnya seperti apa ya?
    3.dulu sebelum saya melahirkan tdk ada masalah sehabis berhubungan, tp sekarang terasa perih & megeluarkan flek , kenapa ya dok?
    4.apa saya tidak cocok dengan KB hormonal? tp klo harus pake spiral saya masih takut dok
    5.kalau saya ganti dengan suntik 1 bln gimana dok?

    Regards,
    Nana

    • bote says:

      Dear Nana,
      KB suntik memang suatu kontrasepsi hormonal yang mungkin saja tidak sesuai dengan kondisi Nana.
      1/2. Sebaiknya Nana berhenti dulu KB suntik, agar tidak terjadi ketergantungan dengan obat2an kalnex dan adona. Obat tersebut tidak berbahaya, tapi efek jangka panjangnya untuk bayi belum ada penelitiannya.

      3. Flek dan nyeri setelah berhubungan bisa saja terjadi karena kondisi vagina yang belum siap berhubungan, entah karena psikis, sehingga kurang terjadi lubrikasi atau pelumas saat hubungan

      4/5. Kb suntik 1 bulan tidak dianjurkan karena mengandung estrogen yang bisa mengurangi produksi ASI. Saya sarankan untuk spiral saja, karena bebas dari intervensi hormonal. Tidak sesakit yang dibayangkan dan diceritakan orang kok… :)

      Salam

  12. mae says:

    Dear Dr. Bote,
    saya mau tanya, saya perempuan usia 24 jalan 25 september nanti, baru menikah 2 mei 2009 yang lalu, ketika berhubungan dengan suami, suami biasanya hanya memasukkan jarinya ke vagina saya, ketika saya merasa “enak” dan “puncak” setelahnya yang saya rasakan adalah ngilu, dan minta “permainan jarinya” di vagina saya dihentikan, apakah ini wajar dok?

    Pertanyaan kedua, semenjak nikah hingga sekarang, selama berhubungan, saya belum pernah mengeluarkan cairan orgasme, hanya rasa “kenikmatan” saja tapi tidak ada keluar cairan, apakah ini juga normal? Terima kasih sebelumnya ya dok

    • bote says:

      Dear Mae,
      Cairan orgasme perempuan tidak sama dengan cairan sperma pada laki2. Perempuan mengeluarkan cairan/lubrikan pada saat terangsang, sehingga memudahkan terjadinya hubungan sexual. Dipuncak rangsangan itulah yang dimaksud dengan orgasme, setelah itu baru organ sexual merasa ngilu, jadi wajar saja yaa..
      Nanti lama2 Mae akan bisa merasakan apa yang disebut orgasme.
      Salam.

  13. lely widayanti says:

    dear dr bote,
    dok saya mau tanya lagi ne, konsumsi profertil sudah saya hentikan dan hasilnya hari ke 12 HPHT ada sel telur yang matang tapi masalahnya keputihan saya banyak sekali tp dsog nya tidak berani kasih obat keputihan dan cuma di vagina toilet aja
    bln juli 2009 ini kalo saya belum hamil juga saya harus diatermi kemudian di hidrotubasi, apakah proses ini sudah diperlukan dok untuk saat ini? memang sih saya kepengin sekali cepat hamil lagi setelah keguguran saya sampai saat ini jaraknya lama sekali hampir 4bln
    saya juga sudah cek TORCH, darah dan urine hasilnya bagus

    semoga dokter berkenan menjawab nya…salam

    • bote says:

      Dear Lely,
      Karena sedang dalam masa subur, SpOG Lely tidak memberikan obat untuk keputihannya, karena kalau diberikan obat yang dimasukkan lewat vagina tidak boleh dulu berhubungan dengan suami.
      Saya setuju untuk diatermi dan hidrotubasi.
      Selamat berikhtiar ya Lely, semoga dapat cepat hamil.

      Salam

  14. Gaby says:

    Dok,saya vaksin dengan gardasil say trakhir vaksin yg ke3 trakhir tgl 2 juni 2009 ..yang saya ingin tanyakan,apakah saya bole lngsg hamil,karna masa subur say tgl 7juni ini..saya bingung ada yang mengatakan gpp bole lngsung hamil ada yang blg tunggu sebulan lg dl tunggu saya mens lg dl..saya jd bingung dok.apakah kalo saya lngsung hamil akn ada masalah dengan diri saya dan janinnya dok..tolong dibantu yah dok karna saya ingin cepat punya anak..trims

    • bote says:

      Dear Gaby, memang sebaiknya 3 bulan setelah vaksin selesai, baru hamil. gpp kan tinggal tunggu sebulan lagi….

      • Lisa says:

        Dear Dok Bote,
        Saya membaca bahwa setelah vaksin gardasil (serviks) bole hamil ya?
        karena saya ada dengar dari teman bahwa ada vaksin tertentu yang tidak memperbolehkan kita hamil dalam kurun waktu tertentu, apakah benar dok?
        dan kira2 vaksin apa ya dok?
        saya baru mulai vaksin tgl 22.11.12 (pertama x), selanjutnya di tgl 22.01.13 (kedua) dan 22.05.13 (ketiga)
        apakah harus tunggu sampe vaksin ketiga habis baru bole hamil?
        dan juga apakah dalam masa vaksin, saya bole berhubungan?
        sebelumnya terima kasih dan saya menunggu jawaban dari dokter
        thanks :D

  15. Virly says:

    Dok, ktemu lagi niy
    saya mo tanya, kemarin kan Kista aku di cek pake tes Ca125, hasilnya bagus, nilainya 18
    pertanyaannya, kalo pengen inseminasi dengan adanya Kista ( 4 cm ) apa bisa ?
    di Surabaya dimana ya dok ? aku mo cuti tgl 18 July – 27 July, jadi waktunya sempit
    apakah memungkinkan ?? apa saja yang harus di lakukan sebelum insem ?? Biaya kurang lebihnya berapa dok ?

    please reply

    • bote says:

      Dear Virly,
      Boleh inseminasi dengan kista 4 cm, karena kemungkinan hanya kista folikel.
      Di Surabaya coba ke RS dr. Soetomo subbag infertilitas atau ke RS Siloam Gleanegls

      INsem lebih kurang 3 jutaan, sudah dengan washing spermanya. Persiapannya folike telur harus bagus, tidak ada infeksi, sebaiknya sudah ditangan oleh SpOG Virly dulu sebelum ke Surabaya.
      Goodluck ya Vir..

  16. dimey says:

    Assalaamualaikum dok,
    pa kabar dok? saya dimey,30thn, saat ini saya sedang hamil anak ketiga..dan usia kehamilan saya menginjak 17minggu. pada kehamilan pertama dan kedua saya, di usia kehamilan 17minggu saya sudah dapat merasakan adanya ‘kehidupan’ di perut saya alias janinnya sudah mulai aktif. tapi kenapa sekarang tidak yaa? selama ini saya baru konsul ke dokter kandungan 2 kali jadi blm sempat saya konsultasikan. trus pertanyaan kedua, BB saya saat ini overweight, waktu visit terakhir saya di tawari untuk ‘liposuction’ pada saat sc nanti. fyi, kehamilan pertama dan kedua juga melalui sc.. apakah liposuction itu tidak berbahaya dok?adakah kasus2 sebelumnya mengenai hal ini?apakah ada efeknya pada saat menyusui?karena setahu saya kelenjar air susu itu kan terbentuk dari lemak2 yang ada ditubuh,nah kalo lemak2 itu dikeluarkan apakah asi saya tetap akan banyak seperti dahulu?
    thanks ya dok sebelumnya…

    • bote says:

      Dear Dimey,
      Memang seharusnya gerakan janin sudah dirasakan antara 16-18 minggu usia kehamilan. Sebaiknya Dimey segera konsultasi dan didengarkan bunyi jantung dari janin ya.. dan di USG untuk melihat apakah sudah sesuai usia gestasi dari si janin.

      Saya tidak menyarankan untuk Liposuction saat SC. Kalau DImey ingin menurunkan BB, nanti saja setelah proses laktasi selesai. Oke ?

      Salam.

  17. yulia says:

    dear dokter Bote,
    saat ini saya sedang hamil, masuk ke minggu 24. kmrn saya demam tinggi, hampir 40 derajat celsius. oleh dokter kandungan, saya diberi obat antibiotik zithromax, dianjurkan untuk minum 1x sehari selama 3 hr. hari ini alhamdulillah demamnya sudah hilang (bahkan sejak td malam). sejujurnya saya agak ragu minum antibiotik ini karena takut ada apa2 dgn janin. jadi saya blum minum obatnya lg hr ini.
    pertanyaan: apakah zithromax mmg aman untuk ibu hamil dok?
    mohon dibantu ya dok

    • bote says:

      Dear Yulia,
      Zithromax memang tidak seaman amoxicilin, namun pemberiaannya yang hanya 3 hari, memungkin interaksi lewat sawar darah plasenta lebih sedikit. Cukup kok 3 hari saja untuk pemberian zithromax. Dan karena usia kehamilan sudah 24 minggu jadi fase organogenesis pada janin sudah selesai, jadi lebih aman. Insya Allah.

  18. Febri says:

    Dear dokter Bote,
    Dok saya mo menanyakan beberapa hal ni dok.Mohon dibantu yaa.
    1.Saya mengalami telat selama 8 hari, apakah sudah mengindikasikan klo saya hamil?
    2.Jika tidak hamil, maksimal wanita mengalami ketelatan dalam menstruasi berapa lama ya dok?
    Mohon dibantu ya dok.Terima kasih sebelumnya

    • bote says:

      Dear Febri,
      Siklus normal haid adalah 21-35 hari, jadi maksimal siklus normal adalah terlambat 7 hari ya Feb, tapi sebenarnya sangat tergantung dari variasi siklus setiap perempuan, jika biasanya selalu tepat 30 hari, segera test pack saja, mungkin hamil.

  19. Isa says:

    Dear dr Bote,

    saya tertarik dengan blog anda dan ingin sekali bertanya akan uneg-uneg saya yang sangat saya pikirkan.
    saya sedang mengandung anak kedua, usia kandungan saya baru masuk 9 bulan.
    anak pertama saya sekarang baru berusia 1 tahun 3 bulan, dan saya melahirkan anak pertama secara sesar. dan saya sangat ingin sekali untuk bisa melahirkan anak yg kedua ini dengan cara normal.

    yg saya ingin tanyakan:
    1. apakah tidak mungkin untuk saya melahirkan normal? anak yg saya kandung tidak bermasalah dan sudah masuk ke pintu panggul.
    2. apa resiko yg saya akan hadapi jika saya lahir normal? seberapa besar resikonya?
    3. apakah bekas sesar itu belum kering pada bagian dalam, walaupun tidak ada keluhan pada bekas sesar, sehingga harus menunggu paling tidak 2 tahun untuk dapat lahir normal?

    thanks in advance and appreciate your prompt reply doc..

    • bote says:

      Dear Isa,
      1. Jika baru caesar 1 x boleh lahir pervaginam, dengan syarat jarak antara persalinan pertama dan kedua minimal 18 bulan. sekarang usia anak I masih 15 bulan ya ?

      2. Resikonya adalah (berdasarkan penelitian) kemungkinan ruptur atau pecahnya rahim lebih besar bisa 2-4 x lebih tinggi. Jika ruptur terjadi yang bisa meninggal bukan cuma bayinya saja tapi ibunya juga karena kehabisan darah. Harus cepat ditangani.

      3. Bukan masalah luka yang belum kering, tapi karena ada bekas luka yang tipis, sehingga kontraksi terus2an membuat luka lama itu robek kembali. Namun jika bayi tidak besar, persalinan berlangsung normal tanpa intervensi, masih boleh dilakukan persalinan normal pervaginam. tidak boleh diinduksi.

      Salam

  20. nadia says:

    ass dok,
    saya pengantin baru, umur saya 19. 10 hari lalu saya berhubungan, (suami saya besoknya tugas di luar kota untuk 2minggu). Paginya keluar flek coklat hingga +- 3hari lalu tidak berwarna. selama itu pula saya merasa agak mual, dan payudara agak sakit bila dipegang dan putingnya membesar (sampai sekarang). lalu sekarang keluar agak banyak lendir bening kadang-kadang berwarna putih susu. tapi kemarin hasil test pack saya negatif.
    yang mau saya tanya:
    1.flek dan gejala2 tsb menandakan apa dok? apakah mungkin saya hamil? tolong penjelasannya.
    2.apa saya perlu test pack lagi? kira-kira kapan dok?
    mohon dijawab.
    terima kasih banyak dok.

    • bote says:

      Dear Nadia,
      Flek coklat bisa terjadi pada saat setelah berhubungan jika vagina belum siap. JUga bisa terjadi akibat gangguan hormonal. Selama tidak ada keterlambatan haid, belum hamil ya. Tapi jika nanti flek disertai haid yang terlambat segera saja test pack.
      Tidak usah terburu2. Nadia masih sangat muda. :)

      salam

  21. Geeya says:

    Assalamualaikum……..
    sy mo nanya nih dok..umur sy 23 th, baru menikah 30 april 2009. sejak umur 15 th haid saya tidak teratur bahkan sering sampai 1×3bulan. 27 mei 09 setelah menikah kemaren saya USG ke SPOG dan katanya rahim sy baik2 saja dan dikasih obat perangsang haid dan besoknya sy lgsg haid. di hari ke 4 haid saya di USG lg dan kata Dr semuanya baik2 saja, cm saya ktnya KURANG SUBUR dan dkasi obat penyubur dan dsuruh berhubungan tgl 9-11 juni. kmrn tgl 19 juni saya cb test pack karena pinggang saya sering sakit dan perut sering terasa nyeri.dan hasilnya muncul 2 garis, tp garis yg satunya sangat tipis dan samar sekali bahkan hampir tak terlihat. 2 hari stlhnya saya cb testpack lg tp hasilnya malah cm 1 garis. berapkah frekuensi berhubungan yg disebut teratur itu dok?sekali sehari baguskah? apa memang harus diganjal dgn bantal agar sperma tdk tumpah n cpt hamil?apakah di usia kehamilan 1 – 28 hari blh berhubungan dgn suami?mengingat hasil dr testpack blm jelas sehingga km tetap berhubungan setiap hari krn suami bnr2 pngen pnya baby scptnya.. trms jwbannya y dok…….

  22. lely says:

    dok maaf ne mw post lagi pertanyaan saya yg kemarin, saya takut ne dok ada pengaruh ga hidrotubasi dan perlu ga dilakukan?

    dear dr bote,
    dok saya mau tanya lagi ne, konsumsi profertil sudah saya hentikan dan hasilnya hari ke 12 HPHT ada sel telur yang matang tapi masalahnya keputihan saya banyak sekali tp dsog nya tidak berani kasih obat keputihan dan cuma di vagina toilet aja
    bln juli 2009 ini kalo saya belum hamil juga saya harus diatermi kemudian di hidrotubasi, apakah proses ini sudah diperlukan dok untuk saat ini? memang sih saya kepengin sekali cepat hamil lagi setelah keguguran saya sampai saat ini jaraknya lama sekali hampir 4bln
    saya juga sudah cek TORCH, darah dan urine hasilnya bagus

    semoga dokter berkenan menjawab nya…salam

  23. Mama Leonelle says:

    Hi dok, I can see that you’re very helpful from your blog ;)
    Dok, saya ibu dari bayi umur 4 bulan, masih menyusui eksklusif walaupun bekerja. Bayi saya tidak minum apapun selain asi. Selama di kantor saya pump asi dan di rumah full menyusui. Sejak melahirkan saya menggunakan sistem KB sanggama terputus dengan suami, tapi kemarin entah kenapa, bablas :( Hari ini saya worry sekali. Apakah saya bisa hamil?
    Saya pernah mens di bulan ke 2, karena mulai masuk kerja pada saat itu. Sejak bulan itu sampai bulan ke 4 sekarang saya belum pernah mens lagi.
    Apakah pil YASMIN boleh dikonsumsi selama menyusui, atau ada pil lain yang bisa membantu? Saya sudah pernah mencoba IUD tapi tidak cocok krn malah flek terus selama 2 minggu. Kalau coba pakai IUD lagi boleh ga?
    Thank you.

    • bote says:

      Dear Mama Leonelle,
      Jika ASI eksklusif, kemungkinan tidak subur bisa sampai 6 bulan. Jadi mudah2an yang kemarin ini masih aman :)
      Pil yasmin tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang laktasi, karena mengandung estrogen yang bisa mengurangi produksi ASI.
      Saya sarankan untuk menggunakan IUD lagi.
      Silahkan dicoba lagi yaa..
      salam

  24. shelly says:

    assalamualaikum dokter, sy terindikasi PCO, udh di usg trans v cuma Dr nya tidak menjelaskan lebih lanjut, dy cuma bilang saya ada kista 2- 3 cm lebih dikanan. tapi sebulan lalu saya usg luar, semua bagus dan bersih, apa mungkin maksud dr tersebut kista itu ya PCO tadi. lalu saya dikasih obat ENDOMETRIL dan METFORMIN. itu obat untuk apa ya dok?? mohon penjelasannya. terima kasih..

    • bote says:

      Dear Shelly,
      PCO adalah Ovarium Polikistik, biasanya folikel2nya kecil2 sehingga tidak ada ovulasi, akibatnya tidak haid dan bisa infertilitas. ENdometril adalah hormonal yang mungkin diberikan pada saat Shelly tidak haid, sehingga dirangsang utuk haid lagi. Sedangkan Metformin ada obat untuk diabetes atau sakit gula, sekarang diindikasikan sebagai salah satu penyebab dari PCO.
      Semoga bisa dimengerti ya Shelly…
      salam

  25. Gaby says:

    dok, saya vaksin dengan gardasil trakhir vaksin yang ke 3 tgl 2 juli 2009.yang ingin sya tanyakan saya bole hamil bulan apa?

1 3 4 5 6 7 39
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>